Apa benar Indonesia Mayoritas Islam ?

Sekali lagi saya mendengar ucapan bahwa Indonesia ini mayoritas Islam. Dulu waktu saya kecil, zaman orde baru, hal ini sudah sangat lumrah, dan tak ada yang mengangkat isu biasa ini. Kini pada zaman pasca orde baru ini, dimana pemerintah sedang linglung untuk mempertahankan kekuasaannya, isu Islam sebagai mayoritas di Indonesia diangkat menjadi isu besar, beberapa kelompok mengangkat isu ini untuk kepentingannya.

Saya bertanya-tanya, buat apa isu ini diangkat? apa ini tidak termasuk SARA? Secara sekilas isu ini biasa saja, tidak SARA, karena sejak ORDE BARU kita memang diberi tahu mayoritas, atau 80% penduduk Indonesia beragama Islam menurut statistik.

Semenjak saya bergulat dengan teman-teman yang memperhatikan masalah HAM, saya mendapatkan gambaran kenyataan dari masalah mayoritas dan minoritas Indonesia saat Orde Baru dan pasca Orde Baru.

Bahwa Zaman ORBA, Soeharto menambahkan 1 keyakinan, yaitu “Keyakinan kepada Tuhan YME” selain 5 agama resmi di Indonesia, bahkan ada acara rohani-nya di TVRI, Kenapa? Hal itu terkait bahwa Soeharto dan beberapa pejabat masa itu konon meyakini Keyakinan tersebut, ada yang menyebutnya “Kejawen”. Pasca lengsernya Soeharto, maka Agama Keyakinan ini pun hilang dari publisitas.

Pasca Reformasi, Agama Keyakinan menghilang, pada Pemerintahan GUS DUR, dia mengangkat Kong hu cu sebagai Agama Resmi, yang menjadi pertanda juga sebagai pengakuan atas keberadaan etnis Cina.

Sejak dulu, Agama Resmi menjadi masalah diranah masyarakat bawah. Bayangkan, bagaimana menyebutkan Agama Anda saat pendataan, entah itu SENSUS, membuat AKTA KELAHIRAN, membuat KTP dan lainnya jika Agama Anda selain yang resmi. Di zaman Soeharto mungkin bisa dialihkan menjadi Agama keyakinan tadi, tapi pasca Reformasi? susah lagi.

Akhirnya menjadi pertanyaan, memang ada agama di Indonesia selain yang disebutkan menjadi agama RESMI? jawabannya ADA, baik agama yang berasal dari luar Indonesia, alias Agama Import, dan juga Agama yang sidah ada sebelum Agama Import masuk ke Indonesia. Selain Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha, Kong hu cu, masih ada Sikh, Bahai, bahkan Yahudi di Indonesia. Dang taukah kamu Agama Kaharingan? yang di anut oleh masyarakat Dayak kalimantan dan masih ada sampai sekarang? Agama Parmalin yang berkembang di Sumatra Utara dan Barat? dan pernahkan kalian bertanya apakah agama yang dianut oleh suku BADUI DALAM di banten, atau SUKU ASMAT di papua? Masih banyak Agama Adat yang tidak sama sekali dihargai di negri ini bahkan untuk dicatatankan di KTP saja tidak bisa.

Kenapa saya bicarakan ini, sebelum masuk ke isu mayoritas, saya hanya ingin menggambarkan adanya kelompok-kelompok di Indonesia yang ternyata di hiraukan, tidak diakui, bahkan ditutup-tutupi masalahnya, macam anak haram. Pemerintah hanya meng-Eksloitasi kebudayaannya untuk dijual sebagai objek pariwisata. Dari wawancara masyarakat adat, diketahui, kalo akhirnya, demi agar diakui sebagai masyarakat Indonesia, mereka harus merubah kolom Agamanya ke agama Resmi, yah, kolom tinggal kolom, kenyataannya mereka tetap menganut agama keturunan. Ini seperti memaksa orang untuk pindah agama or paling tidak memaksa orang berbohong tentang agamanya secara legal

Nah, sekarang kita masuk ke Isu mayoritas Islam ini. Dari masalah diatas terlihat benar bagaimana semrawutnya pendataan agama penduduk di Indonesia, tidak jelas dikemanakan data kelompok-kelompok yang tidak dikenal sebagai agama RESMI itu. mungkin sepertinya jumlah penganut agama selain agama RESMI ini sedikit, mungkin, secara jumlah memang sepertinya harus di hitung ulang. Coba lihat link ini:

http://www.datastatistik-indonesia.com/component/option,com_tabel/kat,1/idtabel,1110/Itemid,165/

ini link data kependudukan masyarakat Indonesia berbanding luas kepulauan. Jika diurutkan berdasarkan jumlah penduduk dari terbesar hingga terkecil:
1. Jawa & Madura terbesar 58.8%
2. Sumatra 21.0%
3. Pulau lainnya (Papua dan pulau lainnya) 7.5 %
4. Sulawesi 7.2%
5. Kalimantan 5.5%

Jika diurutkan berdasarkan luas pulau:
1. Pulau lainnya (Papua dan pulau lainnya) 30.4%
2. Kalimantan 28.1%
3. Sumatra 24.7%
4. Sulawesi 9.9%
5. Jawa & Madura terbesar 6.9%

Ada yg menarik, coba kita tambah susunan jumlah orang Islam berdasarkan kepualannya:
1. Jawa & Madura (terbesar)
2. Sumatra
3. Sulawesi
4. Kalimantan
5. Pulau lainnya (Papua dan pulau lainnya) (terkecil)

kenapa menarik? karena kalo dilihat ternyata mayoritas Umat Islam terbesar di Indonesia terletak dipulau Jawa dan madura yang pulaunya bahkan terkecil di Indonesia. Sedangkan Pulaiu terluas di Indonesia, papua dan pulau-pulau kecil laiinya memiliki jumlah umat beragama Islam terkecil.

Data ini menunjukkan BAHAYANYA isu Mayoritas ISLAM yang sering dikumandangkan beberapa pihak. ISU itu yang membuat perpecahan di Indonesia, yang membuat masyarakat non Islam berfikir untuk memisahkan diri. Isu Mayoritas Islam juga yang sering dipakai untuk membiarkan beberapa kelompok melakukan diskriminasi kepada kelompok diluarnya ternyata hanya berdasarkan sudut pandang PULAU JAWA dan MADURA, bahkan sudut pandang ibukota negara, JAKARTA, yang penduduknya padat. Hal yang SEBALIKNYA jika dilihat dari sudut pandang WILAYAH NEGARA.

Maka betapa berbahayanya Isu Indonesia Mayoritas Islam. Saya juga orang Islam, tapi usaha meraih keuntungan dengan menjual ke-mayoritas-an agama tertentu berdasarkan jumlah penduduk itu SEMU, karena bukan hanya karena tidak melihat wilayahnya tapi juga PENDATAAN penduduk yang KACAU karena diskriminasi AGAMA LOKAL pada administrasi NEGARA.

13.979 views

32 comments

  1. tulisan ini semacam retoris belaka!!. Siapa jg yg mencari keuntungan dgn isu mayoritas islam?. Tulisan tdk ilmiah sama sekali

  2. Mengada-mengada saja….
    Saya rasa sang penulis bukan islam…
    Kalau memang indonesia mayoritas islam harus dibilang mayoritas islam, masa mayoritas dibilang minoritas,,
    Gimana sih??

  3. perusakan rumah ibadah kalau dibiarkan terus menerus terjadi, rusaklah akhlak semua bangsa kita ini. Tangkap dann adili si perusak rumah ibadah. orang/organisasinya hanya itu-itu saja kok….!

  4. Setuju dengan Sdr. Ajun.
    Tulisan diatas sama sekali tidak jelas arahnya.

    Sdr/i Ema mengeri tidak arti kata mayoritas itu sendiri sebelum memulai tulisan ini?

    Ketika saudari menulis “susunan jumlah orang Islam berdasarkan kepualannya:” tidak diberikan data statistik berapa % umat islam di tiap pulau. Yang kita bandingkan itu jumlah pemeluk agaman dan bukan besar-kecilnya pulau.

    “Sedangkan Pulaiu terluas di Indonesia, papua dan pulau-pulau kecil laiinya memiliki jumlah umat beragama Islam terkecil.”

    Coba lihat di http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Map_Indonesian_religions.jpg

    Apa benar claim anda diatas? Dari 4 pulau terbesar di Indonesia Islam tetap mayoritas.

    Ini ICRP gak bener … mas tulisan (maaf) rubbish seperti ini bisa publish sih? Mana banyak tulisah yang salah ketik lagi ..

    • saya sudah lihat petanya saya tidak tau d daerah lain tapi di NTT ada satu pulau yang berwarna hijau tua sndiri itu namanya p. lembata/ kab. lembata itu kampung saya dan disitu mayoritas katolik sekitar 85% menurut data statistik, daerah tersebut bekas jajahan portugal, jadi tidak benar daerah tersebut mayoritas islam moderen, lagi pula peta tersebut tidak memiliki sumber yang jelas

    • o iya ada satu lagi, satu pulau lagi di arah barat p. timor titik kecil yang berwarna hijau tua, itu kabupaten sabu raijua penduduknya aslinya itu 100% beragama protestan. itu tidak benar kalu itu mayoritas islam moderat.. silakan saja cek pada data statistiknya

  5. Set your life easier get the loans and all you want.

  6. Different people in the world receive the loan from various creditors, just because it’s easy and fast.

  7. pernah terlintas pertanyaan itu, benarkah indonesia mayoritas islam?,tapi akhirnya saya pun tidak ambil pusing,yang terpenting hubungan kita dengan Tuhan, kalo yang mayoritas mengambil keuntungan itu, saya percaya Tuhan tidak akan diam,Dia tidak perlu pembelaan dari manusia, untuk tambahan data statistik : saya muslim yang sudah menjadi pengikut Yesus, dan saya ada di jawa barat.

  8. One admits that today’s life seems to be very expensive, nevertheless different people need money for various issues and not every one gets big sums cash. Thence to receive some business loans and just financial loan would be good way out.

  9. Some specialists say that loan aid a lot of people to live the way they want, because they are able to feel free to buy necessary stuff. Furthermore, some banks give secured loan for different persons.

  10. I opine that to receive the credit loans from creditors you must present a firm motivation. But, one time I have received a financial loan, because I was willing to buy a car.

  11. tapi lihat dong jumlah penduduknya….
    pulau jawa posisi terpadat penduduknya meskipun ukuran pulau terkecil

  12. If you want to buy a car, you would have to receive the credit loans. Furthermore, my father commonly takes a auto loan, which occurs to be really useful.

  13. tidak menjadi masalah mw mayoritas or minoritas klw smua itu tidak menjadi kerugian bagi penganut agama islam di indonesia or agama lainnya..
    karna dalam ajaran islam tidak pernah mempermasalahkan mayoritas or minoritas…
    tetapi lebih kepada ketakwaan,keimanan,dan lain sebagainya…..
    serta tulisan di atas tidak sesuai fakta…belum tentu pulau kecil agama islamnya sedikit…
    redaksi di atas hanya mengada ada tdak falit tolong kalau mw nulis belajar bahasa yg baik dulu serta belajar menyusun statistik tentang berapa presentasi penganut agama yg ada di indonesia..

  14. tampaknya sepenulis iri dengan agama islam yg begitu menjamur ada dimana2…. dan dia juga sedang belajar nulis, & ngarang cerita, Aihiihiihiihii… ceritanya banyak yg suka tuh…

  15. itu yang nulis di atas lucu juga…, ngaku islam….bohong kamu…, kalo kamu islam bener.., ngga akan nulis seperti di atas….,kalo kamu islam KTP mungkin…., tap ngga usah nulis masalah islam lah….ngga ada rasa islamnya kalo baca tulisan kamu tuh….

  16. ahm.. coba kita menoleh sekilas gempa dan stunami. bukankah gempa dan stunami terjadi di daerah islam yang terparah hingga menelan korban. Aceh mencapai 500.000 lebih, Padang 3000, Jogja dan bantul mencapai 6000 jiwa. dan gempa2 lainya hingga sekarang mencapai 1000. total berkurangnya islam di indonesia akibat kemarahan sang Mahakuasa mencapai kira2 550.000. belum lagi Islam masuk kristen kira2 10.000.000 orang. jadi total pengurangan islam di indonesia diperkirakan 10.600.000 orang. tercatat pada tahun 2010.

    • Trus gimana dgn Badai Tornado Katrina yg terjadi di Amerika Serikat yg menewaskan lebih dari 293.000 orang di amrik yg notabene kristen itu.Gak pernah baca sejarah ya Gempa terbesar yg menewaskan hampir satu juta org di China yg rata2 komunis.Gak usah bawa kejadian alam utk mendeskriditkan pihak lain.Trus gimana dgn gelombang jutaan mualaf yg terjadi di Amrik dan Eropa.Biarkan orang menentukan pilihan hidupnya.Jangan jd org dongok!

    • Jalan pikiran penulis seperti indomie (kusut), mungkin karena sering dicekokin indomie ya…,kalau gempanya di india pasti !!! yang banyak mati orang agama hindunya (coba pikir), memang anda pernah ngitung jumlah orang yang murtad di indonesia, jangan asal asbun, dikampung saya sudah ada orang non islam yang masuk islam gak pake dirayu-rayu alias atas kesadaran sendiri.

  17. sorry sblum nya … itu yg menghubungkan bencana dengan agama kocak jg org nya…. oalah mkn bubur dulu deh sono… mau mayoritasminoritas dan tas tas lain nya intinya berbuat yg benar lah dan tetap di jalan yg tuhan yang kamu percaya ajarkan,, selama nyawa msh di badan… :)

  18. islam itu dari alqur’an dan sunnah. bukan dari apa yang kita lihat di masyarakat.

    dimasyarakat sudah kacau dengan isme-isme. kalau anda melihat islam di masyarakat begitu salah kaprah. bahkan sinetron islam pun tidak mencerminkan islam. bahkan penyiaran manusia pun sudah salah. di timur tengah pun sama saja.

    banyak agen isme-isme kufur di indonesia yang mampu mempengaruhi pembuat kebijakan. bahkan presiden sekalipun! presiden yang islam itu seolah dianggap merepresentasikan islam. ANDA SUDAH GILA!!! presiden tolol yang tidak paham agamanya sendiri (islam) dikatakan merepresentasikan islam?????????????????????????????????????????????

    islam hendak mendirikan khilafah supaya kepada orang-orang seperti anda, islam bisa memperlihatkan kebenaran. bisa menunjukkan bagaimana hukum islam bekerja. islam tidak bisa hidup membohongi diri sendiri di sistem kufur seperti demokrasi.

    87,18% dari 237.641.326 penduduk Indonesia adalah pemeluk Islam (2010). dan umat islam ingin menjaga keimanan saudaranya yang 207.175.708 orang muslim.
    dan supaya da’wah yang lebih baik.

    ASALKAN ANDA TAHU! malam pengajian, siang nonton dangdut vulgar! bagaimana ajaran islam bisa terserap dengan keadaan seperti itu??????? menyerap saja tidak bisa! apalagi melaksanakan?!

    #khilafahuntukindonesia

  19. Ya bisa aja dong kita berfikir seperti penulis, apa benar mayoritas indonesia adalah muslim?.. Bisa jadi seimbang 50:50.. Sah-sah aja kalo kita pengen tau….yg penting saling toleransi saja…

  20. Bagaimana islam bisa dianggap mayoritas di Indonesia wong Ahmadiyah, Syiah dan masih banyak aliran lain yang tidak diakui sebagai ajaran agama islam. Pokoke mayoritas islam di Indonesia adalah mayoritas boong boongan tok. Buat nakut nakuti aliran keyakinan lain. Yach ….. biasalah hasil analisa anak TK.

  21. Analisa yang baik. Sangat mencerahkan. Di dalam negara Pantja Sila memang tidak ada mayoritas dan minoritas. Semua saling menghargai. Yang tidak menghargai, bukan Pantja Sila

  22. Dari apa yg dikatakan mayoritas beragamama Islam, 65% hanya agama Islam KTP, yg tak pernah sholat atau puasa dsb Dan partai Islam tidak pernah menang pemilu di Indonesia.

  23. Komen nya ada yg bagus ada yang cuek ada yg mendidih :)

  24. Mencoba meluas melalui kacamata dunia ya :) Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar, agama Islam no 1 terbesar didunia. Akan tetapi dari data statistik 2016 jumlah penduruk muslim didunia adalah 20% dan sisanya 80% adalah kafir atau non muslim. Berkurang sangat banyak karena banyak yang meninggal akibat perang di timur tengah, belum lagi ada beberapa negara di afrika dan asia seperti bangladesh (Negara mayoritas penduduk islam no 4 terbesar didunia / 85% muslim) yang melakukan banned terhadap agama ini. Ditambah lagi banyak sekali imigran yang convert ke agama lainnya. Ditimur tengah sendiri seperti di irak dan iran banyak yang kembali ke agama leluhur mereka bangsa persia / agama zoroaster.

    sumber : en.wikipedia.org/wiki/List_of_religious_populations

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

6 + four =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>