Advent Tidak Merayakan Natal

Oleh : Chris Poerba

“Tapi hari ketujuh adalah hari Tuhan Allah-mu. Jadi hari ketujuh adalah kepunyaan Allah. Tapi itu kan belum menjelaskan hari ketujuh itu hari apa. Hari Sabbath itu hari apa? Karena itu belum menunjukkan hari ketujuh itu hari apa di dalam kalender kita. Maka menghitungnya dimulai dengan hari Minggu itu menjadi hari yang pertama, hari Senin hari kedua, hari ketiga sebagai hari Selasa, hari Rabu adalah hari yang ke-empat, Kamis sebagai hari kelima, Jumat adalah hari ke-enam dan Sabtu adalah hari ketujuh. Jadi hari ketujuh atau hari Sabbath itu jatuh pada hari Sabtu”, ujar Sinaga, saat menjelaskan mengapa Kristen Advent melangsungkan ibadahnya pada hari Sabtu dan bukan Minggu. Sinaga, yang diundang sebagai narasumber Sekolah Agama ICRP, pada tanggal 30 November itu, mengatakan kalau Kristen Advent menghitung hari Sabtu sebagai hari Sabbath, karena menyakini Yesus bangkit dari alam kuburnya di hari Minggu. Sehingga hari Minggu dihitung sebagai hari yang pertama.

Orang Samosir

Niemand Sinaga adalah seorang pendeta dari Gereja Kristen Masehi Advent Hari Ketujuh, yang gereja-nya terdapat di bilangan jalan Salemba. Hari Sabbath bagi umat Kristen Advent, yang dirayakan pada hari Sabtu ini, yang membuat banyak orang yang bertanya, “Mengapa ibadahnya mirip seperti hari Sabbath-nya orang Yahudi?”

Namun Pendeta Niemand, yang kampungnya di pulau Samosir, menepis hal itu, menurutnya sebelum adanya orang-orang Yahudi, maka hari Sabbath itu sudah ada dulu. Karena hari Sabbath ini memang berasal dari Tuhan. “Jadi kami tidak ikut-ikutan dengan orang Yahudi, tapi kami mengikuti apa yang disampaikan oleh Tuhan”, kata beliau. Namun Advent tetaplah Kristen, makanya bapak pendeta ini mengutip kitab Lukas 4 ayat 16, dengan penekanan bila Yesus Kristus adalah anak Allah, dan setiap hari Sabbath Yesus juga masuk ke dalam rumah ibadah. Terkait dengan ibadah ini, Kristen Advent juga mengacu pada kitab Matius 2 ayat 27, yang mendasarkan bahwa hari Sabbath untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabbath. Sehingga hari Sabbath tetaplah kudus namun bukanlah yang paling utama.

Babi hutan

Kristen Advent memang sedikit berbeda dengan kekristenan yang mainstream, yang umumnya cukup kita kenal. Selain memiliki ajaran untuk beribadah setiap hari Sabtu dan bukan Minggu, mereka juga memiliki ajaran untuk berpantangan terhadap jenis makanan tertentu. Perihal mengenai makanan yang boleh dan yang haram untuk dimakan, mereka berpegang pada kisah Nuh yang memiliki nubuat perjanjian dengan Tuhan, saat detik-detik air bah akan menenggelamkan bumi. Nuh yang membangun bahteranya selama 120 tahun, di dalam Kejadian pasal 7 ini mengadakan perjanjian dengan Allah, bunyi pasal itu, “Segala binatang yang tidak haram haruslah kamu ambil tujuh pasang baik jantan maupun betina, sedangkan yang haram diambil satu pasang saja”, jadi menurut Sinaga, “Nuh sudah mengenal yang mana binatang yang halal dan yang mana yang haram.”

Dalam kitab Kejadian ini pun, pada pasal 11 ayat 1, binatang yang halal adalah, binatang yang berkaki empat, yang berkuku belah, bersela panjang dan memamah biak adalah binatang yang boleh untuk dimakan. Kalau mau dihitung hewan apa saja yang pantang di makan maka bisa kita dapati seperti pelanduk, kijang, rusa, kelinci dan babi, baik itu babi hutan maupun yang dipelihara. Binatang-binatang ini tidak hanya dagingnya saja yang haram namun bangkai hewan tersebut juga haram adanya. Terkait dengan haramnya memakan daging babi, yang hampir serupa dengan kaum Muslim, maka Advent mengacu pada kitab Yesaya 6 ayat 17, yang menyatakan bila babi serta tikus mereka semua akan lenyap sekaligus.

Selain memiliki pantangan untuk memakan hewan-hewan yang hidupnya di darat, Kristen Advent juga memiliki pantangan untuk memakan segala hewan yang hidup di air terutama ikan-ikan yang tidak bersisik dan bersirik. Sinaga lalu meminta para peserta Sekolah Agama untuk mengira-ngira hewan air apa saja yang dinyatakan haram. Satu-persatu lantas menyebutkan ikan seperti lele, belut, cumi-cumi, kepiting, tiram, labi-labi, kura-kura, ikan paus, ikan hiu juga kerang.

Apa yang sesat ?

Namun ada yang menarik dari ajaran-ajaran Advent ini, karena selain memiliki pantangan ternyata juga memiliki penafsiran terhadap yang lain, yang mereka anggap sesat. Sinaga mengatakan, “Di waktu-waktu kemudian akan ada orang yang murtad, yang termasuk orang-orang itu adalah orang-orang yang tadinya berada di jalan yang benar namun akhirnya berubah.” Jadi murtad menurut Kristen Advent adalah seseorang yang tadinya berada di jalan yang benar namun akhirnya mengikuti ajaran-ajaran yang lain.

Yang termasuk sesat adalah bila ada ajaran-ajaran yang menyatakan kalau ada hewan yang seharusnya memang halal untuk dimakan, seperti kambing, sapi dan kerbau, namun kemudian dinyatakan haram. Melarang memakan hewan yang halal adalah yang sesuatu yang sesat. Ini yang sedikit banyak membedakan dengan Kristen yang lain, Kristen Protestan pada umumnya. Ajaran umum yang dipegang oleh gereja mayoritas yang lainnya adalah sesuatu itu menjadi haram, hanya kalau makanan yang sudah masuk mulut dan kemudian keluar lagi dari mulut dan kemudian dinajiskan. Itulah yang haram. Gereja lain tidak memiliki pantangan dalam jamuan makan-memakan, hanya saja kalau makan jangan sampai muntah. Hal ini sesuai dengan kitab Matius 11 ayat 15.

Namun perihal sesat ini, menurut Sinaga, juga tidak ada hubungannya dengan tradisi dari Yahudi. Beliau mencontohkan tradisi Yahudi yang mengharuskan terlebih dulu mencuci tangan sebelum makan. Biasanya mereka, orang-orang Yahudi, menajiskan mereka-mereka yang makan tanpa cuci tangan terlebih dulu. Menurut Niemand Sinaga, perihal mencuci tangan ini sudah tidak identik lagi dengan tradisi Yahudi.

Pecel lele

Terakhir, Advent pun tidak mengenal Natal, “Advent tidak merayakan Natal, kan itu tidak disuruh dalam Alkitab, kalau kita harus merayakan Natal. Biasanya Natal kan dirayakan pada tanggal 25, tapi itu kan masih diperkirakan kalo tanggalnya segitu dan tidak ada seorang pun yang tahu”, Sinaga memberikan alasannya mengenai tidak adanya perayaan Natal tersebut. Selain Natal maka baptisan bagi orang Kristen Advent harus dilakukan kepada orang yang sudah percaya kepada firman Tuhan terlebih dulu. Sehingga baptisan memang tidak diperuntukkan kepada anak kecil.

Ketika Sinaga ditanya, mengapa rokok menjadi sesuatu yang dilarang, mengingat rokok belum pernah ada jaman dulu dan tidak tertulis di Alkitab. Jawabannya senada dengan jawaban yang diberikan oleh Kristen yang lainnya, kalau rokok dapat mengotori tubuh kita yang semestinya adalah bait suci hanya untuk Allah. Akhir kata, setelah seorang peserta Sekolah Agama menanyakan, bagaimana bila semua pantangan itu tidak dapat di taati, seperti misalnya ibadah yang dilakukan setiap hari Sabtu, padahal hari Sabtu bukanlah hari libur nasional. Nyatanya hal itu tidak menjadi masalah bagi para umat Kristen Advent, mereka tetap memilih untuk tetap beribadah di hari Sabtu dan tidak melakukan aktivitas yang lain di sakral itu.

Kitab Yohannes 14 ayat 15, yang di dalamnya Yesus berkata, “Jika kamu mengasihi aku turutlah perintahku.” Kitab ini menjadi acuan bagi kita bersama, yang dalam hal ini, maka Advent mengasihi Yesus dengan cara yang mereka yakini sendiri. Jadi bila kita mempunyai teman dari Kristen Advent janganlah kita mengajak mereka untuk makan pecel lele. Tak elok rasanya. *)

97.612 views

145 comments

  1. menurut saya sebagai seorang muslim ada banyak kemiripan antara kristen advent dengan islam.
    kita perlu mengetahui keyakinan/ajaran agama saudara kita yang lain, sehingga kita bisa saling menghargai dan TOLERAN.

  2. Maaf sebelumnya.. saya sudah baca.. tetapi ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan alkitab.. seperti yesaya pasal 6 ayat 17, sedangkan bisa kita liat bahwa di yesaya pasal 6 ayatnya hanya sampai 13…itu yang pertama, dan yang kedua pada kejadian pasal 11 ayat 1 sama sekali tidak sesuai dengan apa yang telah disampaikan di dalam artikel ini..

    mohon untuk diperbaiki lagi.. trima kasih..
    Jbu ^O^

  3. Maaf sebelumnya.. saya sudah baca.. tetapi ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan alkitab.. seperti yesaya pasal 6 ayat 17, sedangkan bisa kita liat bahwa di yesaya pasal 6 ayatnya hanya sampai 13…itu yang pertama, dan yang kedua pada kejadian pasal 11 ayat 1 sama sekali tidak sesuai dengan apa yang telah disampaikan di dalam artikel ini..

    mohon untuk diperbaiki lagi.. trima kasih..
    Jbu ^O^

  4. Maaf sebelumnya.. saya sudah baca.. tetapi ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan alkitab.. seperti yesaya pasal 6 ayat 17, sedangkan bisa kita liat bahwa di yesaya pasal 6 ayatnya hanya sampai 13…itu yang pertama, dan yang kedua pada kejadian pasal 11 ayat 1 sama sekali tidak sesuai dengan apa yang telah disampaikan di dalam artikel ini..

    mohon untuk diperbaiki lagi.. trima kasih..
    Jbu ^O^

  5. maaf, Kitab Yesaya pasal 6 hanya terdiri dari 13 ayat.

  6. maaf, Kitab Yesaya pasal 6 hanya ada 13 ayat

  7. Saya seorang Adventist..
    dan
    saya bangga jadi Anak TUHAN.
    ^_^

    Maju Terus PENGIKUT2 TUHAN!!!!!!!

  8. Saya seorg Adventist,
    dan saya bangga jadi pengikut Kristus..!!

    Maju Terus LASKAR2 TUHAN

    ^_^

    • Saudari putri saya percaya akan kenabian yeshua ( nama asli Yesusu ) tapi jujur saja saya kurang setuju dengan apa yang selama ini saya lihat tentang tata cara ibadah umat kristen baik katholik atau protestan.saya sedang mencari para pengikut yeshua yg sesungguh yg mengerjakan semua ajaran yeshua.yeshua melakukan perintah Allah yaitu, bersunat, dibaptis, tidak memakan yang haram yg telah ditetapkan oleh Allah, yeshua juga mengajarkan berkurban, bersedakah kepada janda2 miskin jga yatim piatu dan orang miskin dan yeshua juga berpuasa, yeshua juga mengajarkan menyucikan diri sebelum beribadah kepada Allah, yeshua juga mengajarkan untuk menutupi aurat dan banyak lagi terutama yeshua mengajarkan kasih.jika saudari putri ada mengetahui kumpulan para pengikut Yeshua yg melakukan yg saya sebutkan di atas tadi tolong hubungi saya di 082165651268

  9. dan jangan lah dibanding2kan dengan ajaran kristen, ADVENT BUKAN KRISTEN….titik

    • kalau advent bukan kristen berarti ilegal dong adventnya

      • ajarannya yang beda
        ajaran advent beda dengan ajaran kristen

        • Ajaran kristen saat ini kalau mau benar-benar mengikuti ajaran alkitab, maka saya yakin tentunya dengan jiwa yang sportif akan mengakui, hanya ajaran “Advent”-lah yang sangat sesuai dengan Alkitab… bagi umat kristen yang lain bukannya sesat, hanya kurang mau mendalami Alkitab lebih dalam lagi…,kalau ingin tahu lebih jauh, bertanyalah kepada Roh kudus dengan sungguh-sungguh…

          • bukan mau merendahkan ya, saya sebelum advent Kristen Pro tepatnya HKBP, ternyata setelah saya belajar di Advent saya jadi lebih tau bahwa masih banyak ajaran di HKBP yang harus disempurnakan, mulai dari gereja bersuku lah, makan2an, dan hari ibadah.

        • bukan cuma cinta yang butuh bukti, tapi untuk ajaran alkitab mana yang sesuai dan yang tidak sesuai pun butuh bukti.

  10. kej 7:2, 8 ; 8:20

    yesaya 66:17

  11. Bagus…mohon izin saya copas di blog saya ya? Thanks sebelumnya, jazakumullah…

  12. ya harap koreksi dahulu..! Kitab Yesaya pasal 6 hanya sampai ayat 13.!

  13. @Okino & @Sabrina, Ayat yang benar adalah Yesaya 66:17 Jangal lupa baca Imamat Pasal 11 dan Ulangan Pasal 14

  14. ya saya bisa perbaiki ayatnya yaitu di yesaya 66 ayat 17 yaitu: mereka yg menguduskan dan mentahirkan dirinya dengan mengikuti seorang yg ditengah tengahnya, yg memakan daging babi dan binatang binatang jijik serta tikus, mereka semua akan lenyap sekaligus, demikianlah firman Tuhan.

  15. saya bisa perbaiki yaitu di yesaya 66 ayat 17

  16. @bukan siapa2 : tolong sebutkan dasar anda untuk mengatakan bahwa Advent/Adventist bukanlah Kristen… jika kita mengaku pengikut Kristus (Kristen)…, patutlah kita mengikuti dan mnegamalkan isi dari Alkitab. lakukanlah apa yang tertulis di Alkitab. bukan hanya sekedar agama turunan dari oranguta, bukan agama perasaan, bukan agama ikut teman, bukan agama karena kata pendeta/pastor….

    GBU

    • saya ingin tanya.. tentang Kebenaran Sabbath.. dalam Gereja Advent.. “Setia Pada Hari Sabath tapi, Memberikan Berkat untuk Kedua Kalinya Orang Menikah karna Bercerai dengan Suaminya yang Pertama… apakah itu yang dinamakan Kebenaran???
      memelihara Hari Sabbath Tapi, membiarkan Orang hidup dalam lingkaran Perzinahan…
      koreksi kalo salah..

      • – Advent sesuai ajaran rasul Paulus; ttg Cerai hanya bisa dilakukan apabila salah satu suami/istri, kedapatan selingkuh (berjina)
        – Dan hanya ada 2 alasan orang bisa kawin kedua; Pertama karena suami/istri meninggal dunia; atau karena cerai. Saya lupa ayatnya tapi ada di Surat rasul Paulus – Perjanjian baru.

        • Maksud saya cerai – karena alasan diatas (Zina/ selingkuh tadi).

          • katanya mengikuti ajaran KRISTUS kok melegalkan perceraian. baca lagi ALKITAB dan cari tau apa jawaban YESUS tentang perceraian. YESUS menjawab bahwa karena umat yang tegar tengkuk maka MUSA menerbitkan surat cerai. Perhatikan juga “apa yang sudah dipersatukan oleh ALLAH tidak boleh diceraikan oleh manusia”

          • Matius 5:32
            “Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang menceraikan isterinya kecuali karena zinah, ia menjadikan isterinya berzinah; dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zinah”

  17. Saya Melihat Gereja Advent terlalu merasa diri paling Benar.. dan mengajarkan menghakimi sesamanya manusia dengan mengatakan ajaran yang lain sesat..tetapi tidak melihat ke diri sendiri(gereja advent itu sendiri)
    hanya berdasarkan penafsiran yang belum jelas kebenarannya.. tapi, sudah memvonis bahwa ajaran lain sesat..

    • pakai cermin Alkitab saja. turut alkitab berarti benar. tidak turut atau turut setengah2 berarti sesat. mayoritas buat tidak berarti benar bukan? Yesus aja disalibkan karena suara mayoritas. berdoa aja biar dikasih roh kudus untuk mengenal jalan yang benar

    • Manusia g ada yg smpurna, smuax brdosa, cobalah utk bljr sungguh2 d brdoa kpda Allah anda. Buatlah yg bnar dlm hdup. Dngr tuh.. omongan manusia yg tdk brdosa/tdk prna buat dosa, ada g org x ?? Klu g ada jgn prna dngr manusia, dngr roh kudus, bljr sungguh2, TERLEBIH HIDUP BENAR DIMATA TUHAN. Sy org brdosa, jgn liat sy manusia. Tp dngr ucapan yg membntu brarti anda d sy jg pux kerinduan menyenangkan hati Allah/Tuhan yg qta yakini masing2.

  18. Jangan hanya karna Penafsiran Tentang NUBUATAN Daniel yang tidak jelas penafsirannya.. sampai merasa diri sudah yang paling Benar.. padahal tidak melihat kedalam apa ajaran yang di ajarkan itu menganut unsur KASIH yang Kristus ajarkan atau tidak..
    peace..

  19. agama adalah sumber inspirasi hidup. saling mempersalahkan ajaran agama adalah tanda bahwa agama belum menjadi sumber inspirasi hidup, tapi hanya sebagai legitimasi normatif belaka.

  20. marilah kita menjalani kehidupan sesuai perintah Tuhan dalam Alkitab bukan berdasarkan tradisi atau kebiasaan….

  21. @jeleq..kalau anda ragu dgn penfsiran Nubuatan pd kitab Daniel…saya pengen bertanya pd anda…apakah anda tau Nubuatan Daniel berhubungan dgn kitab apa dalam alkitab ? jawab dulu…seandainya anda jg tau..bisakah anda menafsirkan satu persatu hubungan nubuatan daniel dgn kitab yg lain tsb..dan apakah anda bisa “membedah” nubuatan ke 2 kitab itu secara alkitabiah ?..Ingat..Hukum Kasih itu tidak meniadakan Hukum Tuhan..keduanya harus berjalan seiring dan tidak menghapus salah satunya..jadi Hukum kasih bukanlah segala2nya jika tidak ada penurutan pd perintah dan 10 hukum Allah..Contoh perintah dlm 10 hukum : “Ingatlah kamu akan hari Sabat”..apakah anda menurutinya..atau cuma menurut yg 9 hukum saja ?..kalau menurut perintah Tuhan jangan setengah-setengah,,Silahkan dipikirkan…Salam

  22. *All . . . Saya adalah orang advent , Menurut saya Agama Yang Paling benar adalah Bukan Agama saya atau anda . . . “ agama yang paling benar adalah agama Yang membawa Diri Kita dan Kehidupan kita ke arah yang lebih Baik . . . “

    “Gutlaxx . . .

  23. maaf sob,
    mau bahas judulnya…

    Eh, yg namanya natal kan kelahiran Tuhan di bumi ini…
    Kalau nga ngerayain natal berarti nga mengakui Tuhan telah pernah di tempat manusia berdosa ini hidup donk ?
    Jadi, agama Advent seperti saya ini merayakan natal nya tiap hari ajha, nga perluh mewah mewah ngerayainya yg penting selalu di ingat bahwa Yesus pernah lahir di dunia dan menyelamatkan manusia karena tdk tau tanggal berapa atau bulan apa Dia lahir…
    1.
    Eh di Betlehem turun salju nga ?
    Law turun berarti bisa di jamin deh bukan bulan december karena saat itu ada penggembala domba sedang mengembalakan domba” nya,
    benerkan ?
    2.
    kalau saat turun salju thu domba tetap di kasih makan di luar ?
    Law jawaban anda yang pertama ya dan kedua nga…
    Ya sudah pasti bukan bulan desember…

    Ya terserah anda deh mau menafsirkan bagaimana yg penting penafsiran ku ya seperti itu…
    :-)
    God Bless You…

    • Kristen adalah pengikut Yesus.. Dan Yesuspun menguduskan hari sabat. Klo kita mengaku pengikut Yesus, turutilah semua firman2-Nya yaitu ALKITAB.

      • tapi YESUS nggak kaya orang advent yang sok tau dan sok bener sehingga dengan mudahnya menghakimi dan menyalahkan orang. Ingat peristiwa pada saat YESUS diminta pendapatNya tentang seorang pelacur yang jelas jelas salah, tapi apa komentar YESUS. Renungkan. Tentang sabat???????? YESUS aja tidak melarang muridNya memetik bulir gandum kok. Jadi yang penting adalah hati yang tertuju kepada TUHAN.

        • @joe
          gua akuin bahwa mang bener dah orang advent banyak yang sok bener, sok pintar, sok2an.
          tapi setelah gua masuk advent gua sadar bahwa jangan liat orang nya tapi liat ajarannya. karena sudah banyak terpengaruh dengan pergaulan dan hal2 lain.
          soal hari sabat,
          betul Yesus tidak pernah melarang hal2 seperti memetik gandum dll. karena Yesus datang ke dunia sebagai penyempurna ajaran hari Sabat seperti diperjanjian lama dimana seperti orang2 yahudi pada saat ini.
          jadi inti dari hari sabat bukan soal dilarang atau tidak dilarang bukan soal boleh atau tidak boleh. tapi apakah yang kau lakukan itu adalah hal yang benar atau tidak apakah hal tersebut memuji Tuhan atau tidak.
          Gbu more Joe

    • apakah anda sudah yakin bahwa tanggal 25 Desember adalah hari kelahiran YESUS KRISTUS? apakah sudah tertulis jelas di Alkitab? mohon tunjukan buktinya

      • menurut saya walau saya bukan advent, natal itu memang bukan tanggal 25 desember, itu karena paus menetapkan tanggal segitu, ibadah hari minggu pernah saya dengar d ambil dari hari hari dewa matahari.Saya pikir emang bener sesuai dengam 10 perintah Tuhan kudus kanlah hari sabat, namun gereja katolik sudah merubah isi dari 10 perintah Tuhan, salah satunya mengganti hari sabat dg hari Tuhan yg d ganti dg hari minggu.Kalo saya baca artikel d atas yg bilang advent bukan kristen artinya anda tidak tau arti kristen itu apa. Kristen adalah pengikut Kristus dan yang mengakui Yesus adalah Tuhan. Kalo tidak ngaku Yesus adalah Tuhan, itu bukan kristen, saya rasa smua aliran kristen dengan sebaik mungkin dengan cara masing2 untuk mengikuti Tuhan

    • Pada saat kelahiran Yesus, para gembala berada di luar, yaitu di padang, dan menjalankan giliran jaga atas kawanan mereka pada waktu malam. (Luk 2:8)

      mengenai salju mu itu, jawabannya bisa ya dan tidak.

      Juga perlu diingat bahwa selama bulan Desember, Betlehem dan daerah sekitarnya boleh dilanda cuaca normal, hangat, dingin, hujan, salju musim dingin,kalau cuaca dingin di luar ruangan bisa pasang api unggun toh.

      jangan lupa, para gembala “menjalankan giliran jaga” ternak (kemungkinan kandang praktis pancang kayu)

  24. shmuel Yosef Rauven ben Efraim

    soal babi: lihat Imamat (vayikra) 11:7 Demikian juga babi hutan, karena memang berkuku belah, yaitu kukunya bersela panjang, tetapi tidak memamah biak; haram itu bagimu

    adapun cetakan 1991 = babi, bukan babi hutan.

    soal hari shabat…: lihat Keluaran (shemot) 20:8 Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat

    soal ketunggalan Allah dan tidak ada sesuatu pun yg menyamainya lihat

    keluaran (shemot)20:2-4 Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan; Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku. ; Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.

    lihat juga
    markus 12:29-32
    Jawab Yesus: “Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.; Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu; Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini.”; Lalu kata ahli Taurat itu kepada Yesus: “Tepat sekali, Guru, benar kata-Mu itu, bahwa Dia esa, dan bahwa tidak ada yang lain kecuali Dia.

    lihat yohana 17:3 Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.

    terima kasih

  25. shmuel Yosef Rauven ben Efraim

    tambahan, lihat mattius 5:17 Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.

  26. Sebenarnya org Kristen tdk perlu mrayakn ntal.
    Itu hnya trdisi trun tmurun yg berakar & brasal dri bangsa Romawi.
    Tuhan Yesus diperkirakan lhir ketika Hari Raya Pondok Daun yg diprediksi dimulai antara blan September-Oktober.
    Skligus ktika diadakannya sensus pnduduk di Betlehem.
    Adapun Natal tggl 25 Desember sma dgn tggl lahirnya Tamus(Dewa Matahari kepercyaan org Yunani).

    • saya setuju dengan mas jonathan….walaupun saya bukan advent…paus yang mengubah hari sabat jadi hari minggu dan menetapkan tanggal 25 desember adalah hari natal yang sebenarnya hari lahir dewa matahari.kayanya paus selalu ada hub ama dewa matahari, minggu juga hari dewa matahari, paus yohanes II juga lahir dan wafat saaat gerhana matahari. Saya yakin akan kebenaran situs ini http://www.youtube.com/watch?NR=1&v=SOWhPAaeT7k&feature=endscreen karena jabatan paus itu kalo di hitung jumlahnya 666

    • Kkw saya pribadi penting untuk merayakan nata krna itu moment penting dmna sabagi suatu renungan krna kelahiran Yesus yg ajaib yg dtg ke dunia untuk.kita yg berdosa. Klw msalah tanggal dan bulan itu tidak menjadi patokan… Yg penting bisa merenungkan kelahiran Yesus bersama.org percaya lain yg berseekutu itu lebih mnyenangkan Hati Tuhanku… TUHAN TIDAK PANDANG ITU TANGGAL 25 DESEMBER KOK ENTAH ITU SESUAI ATAU TIDAKX DENGAN keadaan kelahiran Yesus teman yg terpenting saat itu kita senantiasa… Karna dalam tanggal dan bulan itu orang yabg percaya akan Yesus kristus lahir sebagai juru selamat berkumpul pda saat itu krna mereka jg tidak.tahu pasti tepatx hari dan tanggal maupun bulan kelahiran Yesus. Tetapi ktna itu moment saat mereka.berkumpul jd.ad ksepakatan antara org percya pda saat itu untuk memperingati peristiwa yg kuar biasa yaitu lahirx juruselamat… Bukan krna mereka percya apa yg dpberitakan oleh pemerintahan saat itu untuk merayakan natal… Tp krna kesepatan org yg pecya saat zaman itu

  27. Saya mau tanya buat SEMUANYA.
    SOAL: “KASIH”
    1. APAKAH KALIAN SEMUA PENGIKUT YESUS?
    Kalo ‘YA’
    *BAGAIMANA CARA KAMU MENGASIHINYA?
    JAWAB:
    * CARA MENGASIHINYA KITA HARUS MENGIKUTI PERINTAHNYA.
    * APA ITU PERINTAHNYA?
    -YAITU MENURUTI HUKUM2NYA.
    DAN JUGA CARA BERIBADAHNYA (SABATH DAY) :-)

    • saya penganut kristen namun di ktp protestan,,,,seharusnya sebagai kristen sejati kita tidak boleh saling menyerang,,malah sebaliknya saling menutupi kekurangan masing2 gereja dengan memberikan kelebihan gereja masing2,,,namunsbenarnya gereja yg hampir sma mengikuti ketentuan alkitab ya ini memang (gmahk) walaupun saya di gereja gkpi tapi saya puji gmahk,,,,mudah2an gereja pada akhirnya akan bersatu sehingga genaplah hari yg di nantikan itu,,,,, GBU……

      • maaf, tidak baik menutupi kekurangan agama yang masing2 kita miliki. Ada baiknya kita jujur dan terbuka seperti yang diajarkan Yesus Kristus

      • smoga para adventist bertobat
        mari kita mengerti alkitab
        perjanjian baru memang tiada menihilkan perjanjian lama, tetapi perjanjian baru di era ke rasul-an Yesus memperoleh nilai prioritas tinggi,,,emmma tutuuu..

        • Bner tu I like this

        • tidak ada diajarkan di advent bahwa perjanjian baru lebih tinggi dari perjanjian lama atauu sebaliknya. karena isi dari perjanjian lama adalah nubuatan dan perjanjian baru adalah penggenapan. ini adalah satu, tidak bisa di pecah belah.
          dan semua hukum taurat yang telah Tuhan buat pada perjanjian lama tidak akan pernah berubah, ntah di perjanjian baru atau sampai selama – lamanya karena Allah kita bukan Allah yang plin plan, tetapi Allah yang tegas, dan Yesus datang kedunia itu bukan untuk menghilankan tapi untuk menggenapi nya.

          • Ada Sabat (dilaksanakan pada hari ke tujuh dalam minggu)
            Ada Sabat (dilaksanakan pada minggu ke tujuh dalam bulan)
            Ada Sabat (dilaksanakan pada bulan ke tujuh dalam tahun)
            Ada Sabat (dilaksanakan pada tahun ke tujuh)
            Ada Sabat (dilaksanakan pada tahun yubelium)

            Pertanyaannya, sabat yang dimaksudkan dalam 10 Perintah Allah adalah Sabat yang mana? Ataukah semua Sabat tersebut? Ataukah penggenapan yang dimaksudkan Yesus untuk Sabat adalah HARI TUHAN???

          • Tuhan tidak memandang bagi siapa yg beribadah pada hari sabtu atw hari minggu Teman. Tetapi Tuhan memandang bagi siapa yg percaya dan beriman ddlm yesus. Saya tw sejarahx tentang yg anda sebutkan… Dan biarlah itu terjadi sesuai dengan nubuatan dan khendak Tuhan… Tetapi perintah YESUS sblm terangkat sesuai dengan matius 28:16-20

            Tetapi dri gereja anda mencari jiwa dri org kristen dluar gereja anfa juga teman? Itu berartikan tidak ad keselamatan dluar sesuai yg diajarkan organisasi gereja anda?
            Mengenai ayat yg anda.cantumkan itu saya tidak ingin berdebat tetapi saya ingin memberikan gambaran kpda anda.
            Itu kan perjanjian yg dbuat Allah dengan org israel melalui musa dengan 10 hkm dlm.2.loh batu…
            Itu perjanjian yg dtandai dgn 10 hkm pda 2 loh batu untuk bangsa israel jasmani pda saat itu… Tetapi krna byk pelanggaran dan kejahatan akan hal itu Tuhan merasa akan sangat byk org yg akan dhukum dlm api neraka… Krna kita ini ciptaan yg sangat berharga dmts Tuhan mka dksih kpda kitaYesus untuh menebus dosa kita ini org yg berdosa sblmx dosa dri adam dtmbh lg dosa pelanggaran dri 10 hkm. Nah kedatangan Yesus selain mebus dosa Ad pda kita perjanjian baru dsebutkan untuk menggenapi hukum atw kitab taurat… Dgenapi artinya tidak dhapuskan melainkan dsempurnakan. Krna pelanggaran akan hukum taurat ini fatal akibatnya bagi manusia. Dan Tuhan tidak ingin kita ini ciptaan yg berharga tinggi yg rela dtebus oleh darah Yesus… Dengan dtebus oleh darah yesus kita dbebaskan dri maut kan akan segala dosa kita ini… Tp msh ada lh satu anvaman bagi kita yg sdh tebus ini yaitu pelanggaran lg akan hukum taurat tersebut… Mka dri itu Tuhan tidak ingin kan hal itu membuat suatu kejatuhan lg yg fatal bagi manusia dengan tidak meniadakan 10 hkm mka dengan materai darah Yesus dnyatakanlah perjanjian yg baru… Perjanjian yg lrbih tinggi,mulia,dan kudus dri perjanjian yg pertama yg terlalu byk kejahatan dan pelanggaran akibat dri 10 hkm yg mengikat… Muncullah perjanjian baru yg kasih karunia dberikan kpda kita. Krna adx perjanjian yg baru dan yg perjanjian yg lama ini yg 10 hkm tdk dhapuskan melaikan dgenapi. Dan oleh perjanjian yg baru kita tidak lg dbwh pengawan perjanjian yg lama tidak terikat lhg oleh 10 hukum… Tetapi.hnya krna oleh kasih karunia kita yg seharusx layak menerima maut oleh krna dosa tetapi Tidak dberikan kepda kita. Dan krna oleh ksh karunia jg sebenarxkita.tidak layak menerima hidup kekal tetapi malah dberikan kpd kita hdp yg kekal itu… Syaratx apa bisa.mendpt hdp kekal itu… Penurutan kpda 10 hkm saja? krna kita sdh tidak terikat bkn berarti boleh melanggar 10 hkm… Tentu tidak… Tuhan tidak berpatokan pda 10 hkm itu lg melainkan kpd org yg percya dn beriman… 10 hkm bkn lg menjadi hrga mati untuk dtaati melainkan sebaga penuntun yg tidak terikat dan monoton agar kita bz jd kebih beriman kpda Tuhan.
            Krna perjanjian yg lama dsebutkan pfa ayat yg anda cantumkan itu bagi bangsa israel yg jasmani… Kita yg hidup dlm perjanjian yg baru yg lebih tinggi dri pda perjanjian yg prtma itu kita ini bangsa israel rohani… Krna telah dmateraikan oleh darah Yesus agar ddlm dri kita yg bangsa israel rohani ini ada roh Allah dlm dri kita… Jadi krna ad roh allah dalam dri kita maka 10 hukum itupun ad dlm akal budi kita dan hati kita… Itulah mksd dri hukum taurat dgenapi.

            Baca ibrani 8 dan ibrani 9

    • Hallo: saya seorang Kristen saya beribadah di hari minggu,,
      Anak yg hanya tau Do’a makan saja berdo’a untuk ayahnya yg sakit klo sungguh2 dan Tuhan berkenan ayah anak itu pasti bisa sembuh kok. Apalagi cuma masalah hari,toh semua hari harinya Tuhan.
      Jgnlah secara tdk langsung kita mengatur2 kehendak Bapa yg disurga..

      • “Ingat dan Kuduskan lah hari Sabat”
        Artinya “Dikuduskan” berarti Tuhan Mencurahkan Berkat Surgawi dan Kekudusan Surgawi di Hari Sabat tersebut..tentu berbeda dengan hari2 lain Sob :) Tuhan yg Perintah loh itu,ada di Alkitab..hehehehee..
        Bukan masalah harinya,,masalahnya Kita Mengasihi Dia ga??itulah,kebanyakan meremehkan hari..kan udah ada di 10 Hukum..

        • Tuhan tidak memandang bagi siapa yg beribadah pada hari sabtu atw hari minggu Teman. Tetapi Tuhan memandang bagi siapa yg percaya dan beriman ddlm yesus. Saya tw sejarahx tentang yg anda sebutkan… Dan biarlah itu terjadi sesuai dengan nubuatan dan khendak Tuhan… Tetapi perintah YESUS sblm terangkat sesuai dengan matius 28:16-20

          Tetapi dri gereja anda mencari jiwa dri org kristen dluar gereja anfa juga teman? Itu berartikan tidak ad keselamatan dluar sesuai yg diajarkan organisasi gereja anda?
          Mengenai ayat yg anda.cantumkan itu saya tidak ingin berdebat tetapi saya ingin memberikan gambaran kpda anda.
          Itu kan perjanjian yg dbuat Allah dengan org israel melalui musa dengan 10 hkm dlm.2.loh batu…
          Itu perjanjian yg dtandai dgn 10 hkm pda 2 loh batu untuk bangsa israel jasmani pda saat itu… Tetapi krna byk pelanggaran dan kejahatan akan hal itu Tuhan merasa akan sangat byk org yg akan dhukum dlm api neraka… Krna kita ini ciptaan yg sangat berharga dmts Tuhan mka dksih kpda kitaYesus untuh menebus dosa kita ini org yg berdosa sblmx dosa dri adam dtmbh lg dosa pelanggaran dri 10 hkm. Nah kedatangan Yesus selain mebus dosa Ad pda kita perjanjian baru dsebutkan untuk menggenapi hukum atw kitab taurat… Dgenapi artinya tidak dhapuskan melainkan dsempurnakan. Krna pelanggaran akan hukum taurat ini fatal akibatnya bagi manusia. Dan Tuhan tidak ingin kita ini ciptaan yg berharga tinggi yg rela dtebus oleh darah Yesus… Dengan dtebus oleh darah yesus kita dbebaskan dri maut kan akan segala dosa kita ini… Tp msh ada lh satu anvaman bagi kita yg sdh tebus ini yaitu pelanggaran lg akan hukum taurat tersebut… Mka dri itu Tuhan tidak ingin kan hal itu membuat suatu kejatuhan lg yg fatal bagi manusia dengan tidak meniadakan 10 hkm mka dengan materai darah Yesus dnyatakanlah perjanjian yg baru… Perjanjian yg lrbih tinggi,mulia,dan kudus dri perjanjian yg pertama yg terlalu byk kejahatan dan pelanggaran akibat dri 10 hkm yg mengikat… Muncullah perjanjian baru yg kasih karunia dberikan kpda kita. Krna adx perjanjian yg baru dan yg perjanjian yg lama ini yg 10 hkm tdk dhapuskan melaikan dgenapi. Dan oleh perjanjian yg baru kita tidak lg dbwh pengawan perjanjian yg lama tidak terikat lhg oleh 10 hukum… Tetapi.hnya krna oleh kasih karunia kita yg seharusx layak menerima maut oleh krna dosa tetapi Tidak dberikan kepda kita. Dan krna oleh ksh karunia jg sebenarxkita.tidak layak menerima hidup kekal tetapi malah dberikan kpd kita hdp yg kekal itu… Syaratx apa bisa.mendpt hdp kekal itu… Penurutan kpda 10 hkm saja? krna kita sdh tidak terikat bkn berarti boleh melanggar 10 hkm… Tentu tidak… Tuhan tidak berpatokan pda 10 hkm itu lg melainkan kpd org yg percya dn beriman… 10 hkm bkn lg menjadi hrga mati untuk dtaati melainkan sebaga penuntun yg tidak terikat dan monoton agar kita bz jd kebih beriman kpda Tuhan.
          Krna perjanjian yg lama dsebutkan pfa ayat yg anda cantumkan itu bagi bangsa israel yg jasmani… Kita yg hidup dlm perjanjian yg baru yg lebih tinggi dri pda perjanjian yg prtma itu kita ini bangsa israel rohani… Krna telah dmateraikan oleh darah Yesus agar ddlm dri kita yg bangsa israel rohani ini ada roh Allah dlm dri kita… Jadi krna ad roh allah dalam dri kita maka 10 hukum itupun ad dlm akal budi kita dan hati kita… Itulah mksd dri hukum taurat dgenapi.

          Baca ibrani 8 dan ibrani 9

    • Perintah YESUS sblm terangkat ke surga matius 28:16-20

      Melalui kasih karunia kita yang percaya kepada isa almasih walaupun saya kristen (protestan) tp lebih suka dsebut pengikut isa almasih kkw agama itu hanya sebutan manusia saja… Kita sudahdi bebaskan dosa… Dan dengan oleh Yesus kita dmateraikan dgnbperjanjian yang baru. Krna perjanjian yg lama itu telah bercacat dan banayak pelanggaran dan kejahatan okeh karenanya perjanjian yang baru kita tidak lg berada dbawa pengawasan hukum taurat tetapi berada dalam kasih karunia. Krna kita ini ciptaan yg begitu mahal hargax dri apapun hingga hanya melalu pengorbanan dkayu salib dan hanya oleh darah kita dtebus. Jadi mmg benar hkm tidak dhapuskan oleh krna kedatangan Yesus tetapi dgenapi artinya dsempurnakan. Dan hukum itu afa ddlm.akal budi dan Tuhan sendiri yg menuliskanx ddlm hati manusia agar oleh kshxkita dselamatkan dri kekangan pengawasan hkm taurat… Krna seperti zaman dlu ahli farisi yg katac taat trhafap hkm taurat tp tabiatx tidak mencerminkan 10 hkm itu… Krna perjanjian yg lama td sdh bercacat dan dgantikan oleh perjanjian yg baru oleh darahx dmateraikan dan ksh karunia yg menyelamatkan orgpercaya dan beriman teguh… Jadi krna hkm taurat dsempurnakan DAN TERTANAM.DALAM.AKAL BUDI DAN HATI maka hukum ke empat akan hari sabatt sejatix selalu dkuduskan setiap kita memasuki bait ALLAH tidak serta merta harus hari sabtu beribadah… Itu mksdx dri hkm taurat yg dgenapi… amin…
      Saya dri denominasi geraja protestan GKII

      PERGI BERITAKANLAH
      PERGI SERUKANLAH
      PERGI KABARKANLAH INJIL KERAJAANNYA
      PERGI….

  28. dah lama sebenarnya saya cari2 gereja yang hampir sama dengan ketentuan alkitab,,,genaplah sudah,,,suatu saat nanti pasti saya akan bergabung,,,,GBu

      • sy hanya menganjurkan untuk anda agar anda memilih gereja mendasarkan ajarannya pada kebenaran sejati yg tertulis dalam ALKITAB secara utuh dan bukan stengah2!!!!
        karena gereja yg mengikuti ajaran ALKITAB secara utuh akan menjadi sarana bagi anda untuk lebih berkembag dlm hal rohani dan bisa mempersiapkan diri anda untuk bsa diselamatkan pada hari MARANATHA!!!
        soal implementasi dari ajaran kitab suci dlm kehidupan sehari, itu adalah pilihan masing2 individu!!!

      • matius 27 : 62 keesokan harinya yaitu sesudah hari persiapan, datanglah imam-imam kepala dan orang-orang farisi bersama-sama menghadap pilatus. (Yang ditekankan yaitu “Hari persiapan”.. bagi GMAHK ada yang namanya hari persiapan yaitu hari sebelum hari sabat…
        kalau dibuka pada kamus alkitab, Hari persiapan adalah hari sebelum hari sabat, jadi hari jumat, dimana persiapan untuk sabat atau paskah dimulai.
        Jadi hari sabtu itu hari sabat)

        keluaran 20 : 8 ingatlah dan kuduskanlah hari sabat.

        Alkitab benar-benar menunjukkan mana yang benar, dan sesuatu yang benar memang harus disampaikan.

  29. Ikuti-Yesus=Menyembah..Allah
    Ikuti-Yesus=Beribadah..di-Sinagog(baitAllah)dll

    • salam kenal mbak, sy juga baru niy berurusan denagn keuangan,menyenangkan sekali membacanya,btw, kl pengeluaran yg melalui UP (uang persediaan) itu kan terkadang dibayar langsung oleh org yg berurusan, apakah bendahara pengeluaran jg wajib memungut?

  30. Tanya : siapa sebenarnya pembidaah pengajar kasih Tuhan sehingga mengeleminir hukum Tuhan di dalam Torat atau penganjur supaya konsekwen pada hukum Tuhan termasuk mengesakan Allah sebagaimana perintah Yesus yang juga dalam naungan kasih Tuhan.

  31. bnyk org advent berkata bahwa mereka harus beribadah sepanjang hari di hari sabtu sebagai alasan untuk tdk ikut lembur di kantor misalnya, tetapi sering didapati mereka meghadiri pesta di hari sabtu. trus katanya juga ga boleh pake perhiasan, body piercing, ga boleh bersolek. tp kenyataannya yg saya lihat banyak sekali org advent pake anting, pake make up tebal. kenapa begitu? itu juga namanya setengah2 dlm mengikuti perintah Tuhan

    • terimakasih atas kritik dan koreksi Anda, masukkan sekaligus cambuk bagi umat Advent terkhusus saya pribadi;
      dan umat Advent tidak pernah merasa paling benar; Jika anda mau hanya satu kuncinya – turutilah Akitab sbg firman Allah

      • @XX memang gereja advent menganjurkan untuk tidak menggunakan perhiasan tp kita tau bersama setiap penganut agama itu tdk semuanya menuruti akan anjuran dari gerejanya.
        buktinya di luar dr agama advent itu banyak yang yang melakukan perbuatan melanggar hukum . tergantung dari pribadi masing2 .

        • perihal penurutan, itu tergantung pribadi masing2!!!
          harus diakui bahwa manusia diberikan kebebasan untuk memilih melakukan perintah TUHAN dan tidak melakukan!!!
          jd,,
          kebenaran ajaran suatu gereja bukan diukur pada perilaku individu, tetapi diukur pada sejauh mana gereja mengajarkan hal2 yg seperti kata ALKITAB!!!

  32. anggota Advent disunat ga sebagaimana mrka mengikuti hkm taurat lainnya? Paulus bilang kalau mrk msh hdp menrt hukum taurat ya mereka wajib melakukannya dngn sepenuhnya n mrka bbas dr ksh karunia Gal 3:10-12,5:3-4 tp celakanya tdk ada yg dpt melkukn hkm taurat dgan smprna. klau sahabat dr advent bsa smprna melkkn taurat tnp cacat, wow hebat… tp sebaliknya kalau satu saja gagal itu menggagalkan semuanya karena Allah yg kita sembah adlh smprna. jd hanya ksh karunia kt slamat bkn krn mlkukan taurt.ef 2:8-9

    • tidak ada manusia yg sempurna, dan kebanyakan orang menjadikan standar itu untuk semakin jauh dari keinginan Tuhan. Apa yg diinginkan Tuhan? Turuti Alkitab. Roh Kuduslah yang menuntun kita untuk tahu suatu kebaikan atau keburukan, Roh Kuduslah yang menuntun kita untuk sanggup melakukan apa yang Tuhan larang dalam Hukum Taurat. Bagaimana mungkin kita menerima kasih karunia tanpa melakukan Hukum Taurat? Bagaimana mungkin kita boleh menghilangkan beberapa hukum dari Taurat?
      Jangan pernah bandingan kesalahan dengan kesalahan, karena kita dibenarkan bukan karena kesalahan orang. Untuk masalah sunat saya pribadi, ayah, dan abang saya disunat.

      Hari apa sebenarnya sabat?
      Baca Lukas 23 dan 24, berdoa dulu sebelum baca Alkitab, biar Roh Kudus yang menuntun pikiran kita.

  33. XX : Kalau soal itu kembali ke pribadi masing2 karena keselamatan di bawa masing2,, kami beribadah setiap sabtu dan tidak melakukan aktivitas pribadi ( kesenangan kami ) karena kami ingin menguduskan sabbath. Sabbath sendiri dimulai dari jumat magrib sampai dengan sabtu magrib, jadi kalau menghadiri pesta diluar jam tersebut masih bisa – apabila kami menerima undangan pernikahan pada hari sabhat selama yang mengundang memiliki keyakinan yang sama dengan kami maka kami juga bisa datang.
    Mengenai perhiasan, dianjurkan untuk tidak memakainya agar supaya tidak membuat diri menjadi mengagung2kan nya dan menjadi sombong jadi kalau mungkin XX banyak meliat orang advent yang tidak sesuai dengan pemikiran XX tolong jangan pukul rata, karena ada orang yang juga menaati hukum tuhan…. Peace ^^ Happy Sabbath

  34. sorry setahu saya kijang itu bisa di makan….Thanks
    soalnya kijang termasuk di daftar makana yahudi….
    Trus saya mau tanya apa Itik itu bisa di makan oleh orang advent…?Terima kasih

  35. sorry bukan kijang tapi Rusa juga…

  36. aku tidak menentang berbagai agama…
    karena agama tidak menyelamat kan!
    aku tidak mempersoalkan gereja karna gereja jg tidak menyelamatkan,,,!
    mkan tw minuman jg tidak mnyelamatkan…
    tidak maakan darah jg belum tentu selamat.
    untk apa kita persulit dengan ini semua?
    hanya 1 kunci yg bisa pada pintu yg dtuju, dan hanya 1 jalan yg dapat mmbawa kita pada satu tujuan kesalamatan yaitu: Yesus Kristus…
    “percayalah pada Nya maka kamu akan selamat”
    walaupun advent,katholik,kharismatik, protestan ataupun muslin menjalankan ibadah nya masing2 tapi saat dy percaya pada Yesus dan mnerimany sbagai Tuhan dan juruslamatnya secara pribadi mka dy pasti selamat,,,
    “ingat saat penyaliban seorang penyamun di sebelah tangan kanan Yesus,,,
    apakah dia selamat?”
    _apa arti ucapan yesus padany (hari ini juga kamu sudah berada di firdaus_)
    renungkanlah!

    • Ya itu benar, ini tambahan renungan
      buat yang mempertentangkan bagaimana cara hidup
      “Berikanlah kepada Kaisar(tubuh duniamu) pada apa yang jadi milik Kaisar(tubuh duniamu), dan kepada Allah apa yang kamu wajib berikan kepada Allah.” (Matius 22:21) (Worship only HIM dan Do what Jesus Teach).
      ingat kawan tubuhmu itu dari tanah dan debu, tetapi Jiwamu itu milik Allah.
      Untuk makan/cara makan dan minummu itu untuk dunia. makan daging kalau berlebih juga itu urusan tubuh daging duniamu. dirimu sendiri yang paling tahu cara hidup sehat sesuai imanmu.
      dan untuk Allah
      Hukum yang terpenting(Jesus Teach)
      Matius 22:36-40

      Dalam hal upah anda semua di mata Allah
      Matius 20:1-16
      Matius19:27-30
      nilainya sama yang penting jangan mendua.

      buat kalian yang masih mempertentangkan hari sabat
      Markus 3:1-6
      yang penting jangan dirimu berbuat hal nista khususnya pada hari sabat. dengan worship pada hari sabbath salah satu cara yang lebih baik kok, dan bukan berarti kamu tidak melakukan apa”.
      bisa melewati hari sabbath (sekarang penuh cobaan) layaknya orang berpuasa di hari kerja akan lebih baik, kalau kamu hanya sembunyi dari yang ada dimana UPAHmu?

  37. Memang sama ajaran itu dari Allah Kristen itu agama nabi Ibrahim terus Allah turunkan lagi Alquran yang melengkapi Alkitab Injil jadi tinggal mana yang harus kita pegang semua itu kitab di wahyu kan oleh Allah

  38. Hello there… Kita (org advent) ga pernah nyerang n nyalahin agama laen kok.. Kan kalian nanya kita jawab,nah pas dijawab msh ga terima. Dijelasin malah sakit hati.. Kalo kayak gitu yah ngapain nanya? Kalo ga berkenan ajaran Advent dihati kalian ya ga usah diturutin… Gini yah ga usah liat dari orang advent nya, liat dari ajarannya… Banyak org advent juga yg di tindik,merokok,minum kopi makan babi,makan udang.. Yah itu dosa nya mrk sendiri ga bisa nurutin perintah Tuhan n ga usah salahin mereka…Tuhan udah tau hukuman apa buat mrk yang ga turut perintahNya.. Saya juga ga sempurna.. Banyak bgt dosa saya…jadi jgn liat dari org advent nya lah.. Liat ajarannya… Kalo kalian byk pertanyaan ttg Advent jgn disini tanya langsung sama Pendeta Advent… Or Read your bible (berdoa dulu sebelum baca alkitab) !!! FYI… Umat Tuhan kelak akan di aniaya n disiksa n dihina n dijatuhkan plus diolok2,tetapi siapa yg tetap percaya kepada Tuhan n imannya kuat dia lah yang memperoleh hidup yang kekal… Are you guys ready for that? God bless each one of you..

  39. menurut sya ada ajaran yg spti islam..

  40. Advent adalah perintah Tuhan sendiri dalam penciptaan hari katuju di sucikan kuduskan

  41. Tuhan lahir ke dunia ini tidak tertuliskan pada waktu tanggal ap ? tapi dituliskan pada waktu musim semi, sekitar bulan Juni-July sedangkan desember musim dingin

  42. Advent terbentuk oleh keluarga /sahabat ellen gwhite yg dikasi penglihatan oleh Tuhhan bahwa syrga itu indah tetapi ellen tidak waktunya tidak di perboleh kan tuhhan masuk nanti kedatangan nya yg ke dua kalinya

  43. saya seorang advent
    tapi jga ikut protes advent tidak memakan makanan haram yg kukunya terbelah itu bleh, tapi kalau tidak haram jga, kalau binatang di ari yg harus besisik dan bersirip itu yg bleh d mkan dan juga tambahan ADVENT itu kristen dan menuruti sesuai yg alkitab ajarkan

  44. syalom, saudara2 mengenai berbagai pernytaan diatas tidak masalah sebenarnya bukan saling menyerang diantara anak2 Tuhan, msh ingat yg Yesus katakan: Carilah dahulu kerajaan Allah, maka segala sesuatunya akan diberikannya kepadamu, nah ini salah satunya membahas isi Alkitab, namun jgn terbawa emosi. Lalu mengenai bahwa adven ke gereja hari sabtu dan bukan hari minggu itu jg tidak masalah, itu kan menurut prediksi/penapsiran mereka memang bukan hanya agama kristen yg memiliki penapsiran yg berbeda-beda agama lain jg demikian yg penting jgn menjadi cikal bakal perpecahan dan saling mencerca, menhina merasa penapsiran mereka yang paling benar, toh juga bahwa Sabat itu belum tentu artinya langsung Sabtu, jadi kalau advent ke gereja sabtu yang lain minggu tdk masalah toh sama-sama memuji/menyembah Allah melalui diri Yesus yang kita yakini adalah Tuhan dan Juru Selamat manusia,saudara jgn lupa ungkapan Yesus bahwa Dialah Tubuh greja dan kita tiang-tiangnya yang bermacam-macam/berbeda-beda gereja tetapi tetap satu namun kalau ada mengaku umat kristen tapi gak mau beribadah ke gereja cukup dirumah aja kalau ya, nah itu jangan dibenarkan karena Yesus sendiri selalu/senang mengajar di bait Allah, kemudian mengenai perayaan natal, saya heran kepada saudara agama kristen manapun gak perlu mengatakan bahwa natal(kelahiran Yesus) tepat jatuh pada tgl 25 Desember kan itu hanya penapsiran, tau gak tujuannya utamanya adalah biar ada keseragaman sehingga menimbulkan gejolak tumbuh kembangnya iman percaya kita bahwa Yesus adalah Allah sendiri yg telah datang/lahir ke dunia ini utk berdamai/menebus dosa manusia yg percaya, jadi sebenarnya natal itu harus ada setiap saat merekat dalam hati dan pikiran kita jadi kalau ada etnis kristen yang bilang tidak mau merayakan natal itu salah, justru harus, kita renungkan di hati kita namun tidak harus dengan perayaan meriah terkesan berfoya2, walaupun di Alkitab tidak ada ayat mengenai perayaan natal, namun baca dan hayati serta renungkan bagaimana sikap antusias dari orang dari timur, para gembala menyambut akan kelahiran sang Mesias, ada yang membawa emas, mur, perak dll, bukankah itu menunjukkan ungkapan sukacita, karena didalam perayaan dan sukacita itu iman kita akan diperbaharui, kan didalam perayaan itu bisa kita wujudkan misalnya memberi kepada yg tidak mampu, menyantuni fakir miskin, yatim piatu, mudah-mudahan saudara2 tidak mau merayakan natal bukan karena pelit/kikir atau hidup hanya untuk diri sendiri/kelompok/keluarga tertentu. Amen, Haleluya.

    • Pemikiran yg bagus@
      Karena perintah Gereja adalah salah-satunya bersekutu Natal harusnya Jadi Hari Persekutuan Semua pengikut Kristus di seluruh dunia!!
      Kristen jg tdk mempatenkan 25 Des sebagai hari kelahiran Yesus Kristus, itu hanya jd hari perayaan bersama sbgai bentuk persekutuan.
      Apalagi klo ada yg bawa-bawa musim semi/musim salju,,coba ingat2 lagi pergantian Cuaca di thn 2000 dgn 2012/2013, tdk lagi sesuai dgn teori geografi yg dulunya kita pelajarikan??
      Bagaimana perbedaan cuaca 2013 dgn 2000 tahun yang lalu..pasti beda!!
      OK!!GBU

      • Coba kita baca Lukas 1:26 sampai selesai.
        Advent tidak pernah berspekulasi tentang Hari Kelahiran Yesus namun Advent sangat percaya bahwa Yesus pernah hadir di dunia untuk menjalankan misi Keselamatan Manusia. Makanya kita percaya Alkitab.
        Ajaran siapa itu?

        Tegas Allah katakan dalam Alkitab
        Matius 15
        9. Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia.”

        dan diulang kembali dalam

        Markus 7
        7. Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia.

        Jadikan Alkitab sebagai standar dan tolak ukur kebenaran.
        Tidak ada manusia sempurna,
        Saya Advent dan saya secara sadar saya manusia berdosa.

        Syalom…

  45. Mengenai artikel amang Pdt. Cris Purba diatas bukan Poerba ya kalau Poerba kala boleh, khususnya mengenai makanan halal dan haram, mestinya orang Kristen yang sudah mengaku dan percaya bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juru Selamat tidak lagi mempersoalkan tentang makanan dan minuman, ingat yang Yesus katakan : Yang menjadikan manusia itu najis bukan dari apa yang dimasukkan dari mulut melainkan apa yang keluar dari mulut, artinya apapun yang dimasukkan dari mulut akan diolah tubuh dan keluar kejambangan dan yg keluar dari mulut itu itulah sebenarnya yang menjadikan manusia itu banyak dosa termasuk disana sikap perilaku itu yang harus dijaga, jadi benar misalnya apakah tidak makan daging babi sudah pasti masuk sorga? Dan ingat juga perkataan Yesus lainnya : Aku datang kedunia ini bukan menyiadakan hukum taurat tetapi menggenapinya. Karena memang di alkitab perjanjian lama ada ayat yang menyatakan mana dapat dimakan dan mana yang tidak, tetapi dengan Yesus semua hal-hal dunia sudah digenapkan, segala dosa kita sudah dihapuskan/diampuni dan dibayar lunas dengan kematianNya dan darahNya yang kudus, sehingga kita umat kristen sekali lagi yang mengakui dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat tidak lagi dibawah kuk hukum taurat tetapi dibawah kasih karunia Allah dalam Yesus Kristus Tuhan Juru Selamat manusia. Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap Jiwa ragamu serta kasihilah sesamu seperti dirimu sendiri, Amen.

  46. kami siap membantu anda untuk mengenal gereja yang alkitabiah

  47. ternyata di kristen juga banyak perdebatan, bahkan nuansa “pengkafiran”, sama kayak di islam. sekedar pesan: sing guyup saja ya, manusia hanya berusaha, mencari. kebenaran hanya milik sang illahi.

  48. saya adl seorang Advent.. yg saya mau tekankan dsini adl.. mungkin paus dpt merubah sebagian isi alkitab.. tapi tidak utk *kejadian 2 : 2 – 3..
    *keluaran 20 : 8 – 11
    dan aturan2 ttg sabat dari dulu sampai skrg .. dan mungkin saya tidak tau apa2 ttg alquran tpi saya tau.. d dlm alquran pasti ad penjelasan juga tentang SABAT ( ISLAM : SABA’AH)..
    thx

  49. gituh ajha kok repot..! YESUS yg kita tau bersama adlh TUHAN dan ALLAH kita org Kristen,
    YESUS ibadah hari SABAT, markus 1:21, lukas 4:16,31
    klo kita menyebut pengikut YESUS yah kita harus ikuti donk..! klo YESUS masuk hari SABAT saya juga pasti akan masuk hari SABAT di rumah ibadat/gereja..

    yg jadi pertanyaan adlh : apakah YESUS pernah beribadah hari pertama/minggu..? klo ada ayat atau dalil di Alkitab, tunjukkkan dmn ayatnya..?

  50. sedangkan di Al-quran mengatakan org yg melanggar pada hari SABTU akan sama seperti kera.. Al-baqarah 65 67

    nah bgmn dgn kalian yg islam..? knpa gak ibadah hari Sabat ajha..? sama seperti ISA ALMASIH..? ^_^

    • mantap bibbeh07 😀

    • To : ms. billy, maaf dlm al qur’an itu Allah mengisahkan bahwa umat Musa yg melanggar hukum hari sabtu itu terkutuk,,ingat.. pada masa itu, untuk Bangsa Israel…

      karna Allah sudah menurunkan alquran Dia memerintah kan kami untuk beribadah jum’at (Al’jumu’ah:9) itu pun tidak seharian penuh. Salam damai ya ^_^

  51. NameT2(Teman) yang di Kasihi Tuhan Yesus…..
    Iman itu sebenarX bukan di perdebatkan Tetapi Hax Untuk d Lakukan!.
    Untuk i2 diri mulah yang akan menyelamatkanmu bukan agama mu!.
    Jadi jangan “baku-baku ambe samua”
    correcT:Natal i2 memang di peruntukan bagi dewa matahari karena perputaran waktu itu jatuh pada tanggal 25 Desember,,,,
    akan tetapi pada saat i2 sudah banyak orang menjadi Kristen.
    Sehingga para bapak2 gereja berkumpul dan merubah maknaX sehingga d ganti Sebagai hari lahirX Tuhan….
    Tapi inTiX Tuhan kita I2 sudah Lahir,Menderita,Mati serta Bangkit bagi kita semua..,,,
    Amen
    GBU all;)

  52. yang penting baca di Alkitab dan teliti baik baik

    • Lakukan apa yg Yesus printahkan dan jangan lakukan apa yang tidak dia printahkan.
      kita yg menyatakan diri pengikut kristus tetapi tidak mengikuti teladanNya/printahNya, apakah bisa di sebut pengukut..?
      wahyu 22:18,19.. jgan qt mengurangkan atau melebihkan firmannya,perkataannya/printah2Nya di dlm firmanNya.. karna jika kita mengasihiNya kita akan menuruti segala printahnya bukan printah2 yg lain (Yoh 14:15).. GBU all :)

  53. jika anda ingin mencari kebenarang yang sesungguhnya. jgn berpatokan pd manusia. ttpi pd allkitab. dn pelajari dan selidiki allkitab.hnya 1 kunci yaitu. berdoa dgn sunguh2 dn mmnta peTunjuk dri TUHAN

    smua hari kita bisa mnyenbah tuhan.ttpi hanya 1 hari yang tuhan ttpkan untuk kita manusia. menyembah dan mensyukuri adlh hari sabtu.sabath hari perhentian.dari segalah aktifitas yg kta lakukan.
    sbgai mna TUHAN sendiri myucikan hari sabath. tuhan sendiri yang menjadikan. tuhan sendiri yang menyucikan
    ingtlah kamu dan aqu adlah mkluk cptaan tuhan yg pling mulia di atas bumi. jdi mari menyembah ALLAH dngn sgnap akal budimu.dan sgnp jiwamu. lht kej.20:8-11 markus 1:21, lukas 4:16,31 yoh 14:15
    baca dan renungkan

    salam dari “NAPI BIAK”

  54. Gereja advent masuk ke indonesia dan diakui oleh PGI (persatuan gereja2 di Indonesia) sebagai agama kristen protestan, tetapi dalam kenyataannya malah brtentangan dgn protestan. Knp?
    Oh iya, di gereja advent dikenal dengan istilah diskusi sekolah sabat, pertanyaannya kenapa di buku pndalaman sekolah sabat gaya bahasanya tinggi dan kaku? (seharusnya buku ini dpt dimengerti skalipun dibaca oleh org awam.)

  55. kalau menurut saya agama adven itu tidak ada bedanya dengan agama yahudi yank masih memakai kitab taurat, hanya akal2an saja kalau adven itu kristen, karena takut dimusuhi agama islam, karena yg sebenarnya mereka adalah agama yahudi

    • Urutan penciptaan bahwa Tuhan berhenti dan menguduskan Hari Sabat, jauh sebelum ada Yahudi Tuhan telah menetapkan Sabat untuk disucikan dan dikuduskan.
      Komentar anda komentar yang provokatif, berpikirlah dengan jernih.
      Advent jelas agama yang menjalankan apa yang Tuhan katakan dalam Alkitab, selidikilah Alkitab dan minta bantuan Roh Kudus menuntun diri kita.

  56. Gitu aja kok repot!! Lakum dinukum waliadin -lah kawan kawan

  57. inilah kehebatan orang beragama…ribut aja, argumen terus sana sini, gak kena di ayat ini, lari lagi ke ayat lain..udahlah, soal tafsir itu urusan pribadi, agama cuma kemasan aja, yang penting jalankan lah yang baik sesuai contoh Tuhan, apapun itu, mau haram halal sabtu minggu itu intinya apa siy? heran ih..

  58. keselamatan itu tergantung diri sendiri, Allah mengasihi manusia tanpa memendang status. dan jika kau mengasihi Allah turutlah perintahnya tanpa terkecuali. menjadi pengikut Allah tidak akan selalu bahagia(dlm pandangan dunia) kita akan di siksa karena setan tiidak suka pada manusia yang mengasihi Allah. silakan berkaca anda pengikut siapa Alla or setan?.saya orang Advent dan saya Bangga. GBU

  59. Ibrani 4:9
    “Jadi masih TERSEDIA suatu hari perhentian, HARI KETUJUH, bagi UMAT ALLAH”.

    Hari Ketujuh=Umat Allah
    Sekarang anda itu Umat siapa??

    Peace..^-^

  60. YESUS katakan apa, “SIA-SIA lah mereka yang menyembahku dengan hukum manusia”

    kalo gak salah gitu bunyinya , jarang baca soalnya

    so, kalo lu mau cari kebenaran, bedah tuh alkitab lu

    baca dengan iman, bukan dengan mata jasmani

    minta petunjuk TUHAN sebelum baca.

    JBU – ADVENTIST GELAM JAYA TANGERANG

  61. ralat , udah dapet nih ayat nya

    MATIUS 15 : 9

    YESUS BERKATA : “Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia.”

  62. Ibarat membuang mutiara kepada BABI!

  63. Hai domba dombaku….
    Kalian telah salah menilai aku….aku bukanlah TUHAN seperti yang kalian kira…aku adalah nabi utusan ALLAH.
    Dan aku tidaklah mati dan bangkit…seperti yang engkau tuduhkan…
    Paulluslah yang berperan dalam skenario ini..
    KELAK nanti akan datang waktunya aku mengungkapkan semua kebenaran dan meluruskan ajaran sesat yang telah kalian yakini..
    ALLAH HU AKBAR.

  64. Biji kebenaran yg ditabur di tanah subur akan bertumbuh dan berbuah, namun yang jatuh di batu dan tanah gersang akan terhimpit dan mati. Firman Tuhan disebar ke empat mata angin akan berhembus, mungkin diterima bisa pula disia-siakan. Tuhan Yesus Kristus Sang Juru Selamat datang ke dunia tidak diterima oleh semua kaum, bahkan para pembesar membunuh anak laki-laki untuk melenyapkanNYA. Ada yang menerima kebenaran yg Yesus Kristus ajarkan, namun ada pula yang mencampakkan bahkan menyiksa dan menyalibkan. Keselamat adalah hak pribadi, tidak perlu dipaksa, hanya ROH KUDUS yang mampu mengubahkan. Siapa mau menerima kebenaran dan melakukannya sebagai perwujudan KASIH kepada Tuhan Yesus Kristus, maka Kehidupan Kekal menanti dalam kerajaan Tuhan di Surga. jika kita mengasihiNya kita akan menuruti segala printahnya bukan printah2 yg lain (Yoh 14:15). “Inilah tandanya, bahwa kita mengasihi anak-anak Allah, yaitu apabila kita mengasihi Allah serta melakukan perintah-perintahNYA. Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu bahwa kita menuruti perintah-perintahNya. Perintah2Nya itu tidak berat” (1 Yohanes pasal 5 ayat 2-3). Mengasingkan Hari Sabat dan menjauhi binatang haram/najis tidaklah berat, jika dilakukan dengan tujuan menghormati Tuhan Allah sebagai Pencipta dunia dan isinya, serta menghormati Tuhan Allah dengan menguduskan tubuh dari segala kenajisan. Tuhanlah yang menyempurnakan semuanya. Salam dalam dalami kasih Tuhan Yesus Kristus.

  65. Jika kt mau jd org BENAR di hadapan TUHAN jangan melihat orang adventnya, ttpi LIHAT ajarannya, karena yg akan menyelamatkan d akhirat nti bukan orng advet ttpi TUHAN ALLAH, Amin……..

  66. semua agama mengajarkan hal yang baik,,
    namun yang baik di mata mausia belum tentu benar bagi TUHAN.. jangan lah lihat orang2 yang menganut AGAMA tersebut karena agama tidak menyelamatkan,,yang menyelamatkan adalah IMAN kepada Tuhan serta perbuatan kita yang berkenan dimata Tuhan.
    saya berada di organisasi Advent karena saya percaya ajaran nya paling benar walaupun saya bukan orang benar,.di mata manusia,

  67. wah kita ini pengikut Yesus bukan pengikut katolik. protestan. advent dan lain2.
    agama itu ada karna manusia.
    saya ingin sekali kita kembali pada masa jemaat mula2 kristen yang original dimana masa para rasul menyebarkan injil.
    semangat mereka yg luar biasa dan kasih itu begitu nyata.

  68. meski kita terbagi dalam banyak denominasi. janganlah perbedaan pendapat ini menjadikann kita terpecah belah..

  69. Mateus 5 : 17 & 18
    17 Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.

    18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.

    Lukas 16 : 17 Lebih mudah langit dan bumi lenyap dari pada satu titik dari hukum Taurat batal.

    Kristus datang ke dunia ini menderita dan mati bukan semata-mata untuk melaksanakan penyelamatan manusia. Ia datang untuk membesarkan hukum itu dan memuliakannya. Bukan cuma agar dunia ini boleh menghargai hukum itu sebagaimana mestinya, tetapi menunjukkan kepada seluruh alam semesta ini bahwa hukum Allah tidak bisa diubah. Seandainya tuntutannya itu dikesampingkan, maka Anak Allah tidak perlu menyerahkan hidup-Nya untuk menebus pelanggar-pelanggar hukum itu. Kematian Kristus membuktikan bahwa hukum itu tidak bisa diubah. Dan pengorbanan sebagai pernyataan kasih Bapa dan Anak, agar orang-orang berdosa dapat ditebus, menunjukkan kepada segenap alam semesta-apa yang tidak kurang dari rencana pendamaian ini sanggup lakukan-bahwa keadilan dan kemurahan adalah azas hukum dan pemerintahan Allah.

    Markus 2 : 27
    Lalu kata Yesus kepada mereka: “ Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat”.
    MENGHORMATI HARI SABAT
    Yesaya 58 : 13 – 14
    Apabila engkau tidak menginjak-injak hukum Sabat dan tidak melakukan urusanmu pada hari Kudus-Ku; apabila engkau menyebutkan hari Sabat “ hari kenikmatan”, dan hari Kudus Tuhan “ hari yang mulia”; apabila engkau menghormatinya dengan tidak menjalankan segala acaramu dan dengan tidak mengurus urusanmu atau berkata omong kosong, maka engkau akan bersenang-senang karena Tuhan, dan Aku akan membuat engkau melintasi puncak bukit-bukit di bumi dengan kendaraan kemenangan; Aku akan memberi makan engkau dari milik pusaka Yakub, bapa leluhurmu, sebab mulut Tuhanlah yang mengatakannya.

    Di Dunia baru / Surga kita tetap berhari sabat

    Yesaya 66 : 22 – 23

    Sebab sama seperti langit yang baru dan bumi yang baru yang akan Kujadikan itu, tinggal tetap dihadapan-Ku, demikianlah firman Tuhan, demikianlah keturunanmu dan namamu akan tinggal tetap. Bulan berganti bulan, dan Sabat berganti Sabat, maka seluruh umat manusia akan datang
    untuk sujud menyembah dihadapan-Ku firman Tuhan

    Dikutip dari Buku Kontroversi Hari Sabat Oleh : Haji. Insan Mokoginta hal. 51
    Perlu anda renungkan cukup sekitar 20 masalah “Hari Minggu” sbb :

    1. Allah tidak berhenti bekerja pada hari Minggu.
    2. Allah dan Yesus tidak pernah memberkati hari Minggu.
    3. Tidak ada hukum yang menyuruh memelihara hari Minggu.
    4. Yesus tidak pernah memberkati hari Minggu.
    5. Hari Minggu tidak pernah dikuduskan oleh Allah maupun Yesus.
    6. Tidak ada pelanggaran hukum jika bekerja pada hari Minggu.
    7. Tidak ada satu ayatpun dalam Alkitab yang melarang bekerja pada hari Minggu.
    8. Tidak ada berkat yang dijanjikan bagi mereka yang memelihara hari Minggu.
    9. Hari Minggu tidak pernah disebutkan dalam Alkitab sebagai hari ibadah bagi umat Kristiani.
    10. Tidak pernah hari Minggu disebut sebagai hari perhentian.
    11. Yesus tidak pernah menyinggung tentang hari Minggu.
    12. Kata “hari minggu” bahkan tidak pernah muncul dalam Alkitab, kecuali disebut “pekan pertama minggu itu”, tetapi bukan “hari minggu”, dan hanya sekali disebutkan yaitu pada Kis 20:7, itupun hanya pertemuan dimalam hari, yaitu Sabtu malam.
    13. Para nabi dan orang terdahulu tidak pernah memelihara hari Minggu.
    14. Tidak ada ayat dalam Alkitab tentang perobahan Sabat jadi hari Minggu.
    15. Tidak pernah Tuhan maupun Yesus berfirman bahwa ada dua hari Sabat yang dikuduskan dalam seminggu, yaitu hari Sabtu dan Minggu.
    16. Tidak ada satu perintahpun dalam Alkitab yang menyuruh merayakan “hari kebangkitan” Yesus sebagai pengganti hari Sabat.
    17. Tidak pernah Tuhan berfirman bahwa “hari kebangkitan” Yesus harus dikuduskan seperti hari Sabat.
    18. Seumur hidupnya, Yesus hanya beribadah pada hari Sabat.
    19. Tidak ada seorang nabi pun dalam Alkitab yang pernah menyuruh mengkuduskan hari Minggu.
    20. Seumur hidupnya, tidak sekalipun keluar dari mulut atau bibir Yesus sendiri, bahwa Dia mengkuduskan hari Minggu dll.

    Ibrani 10 : 28 “Jika ada orang yang menolak hukum Musa, ia dihukum mati tanpa belas kasihan atas keterangan dua atau tiga orang saksi.

    Perhatikan bagaimana Tuhan memilih perintah Sabat sebagai Ujian Kesetiaan Terbesar dari Hukum-Hukumnya. Sebab Hari Sabat Hari yang dikuduskan Tuhan adalah Kebenaran yang terakhir dari “ Kebenaran Alkitab yang diabaikan Dunia Orang Kristen, ditetapkan kembali Sebelum Kedatangannya yang keduakali yang sangat dekat itu, agar barang siapa orang yang rindu bertemu dengan Tuhan di Surga Harus menyucikan Sabat hari Ketujuh.

    Kebanyakan para pemimpin gereja kristen adalah orang-orang baik dan saleh. Namun kita bertanggung jawab untuk mempelajari Alkitab kita. Kita semua perlu memastikan bahwa apa yang kita percayai adalah yang dikatakan Tuhan. Banyak orang hari ini berkata tidak masalah apa yang kita percayai sepanjang apa yang kita pikirkan benar. Tetapi itu tidak benar. Contohnya , sekiranya kamu mengadakan perjalanan dan kamu tdk disuatu persimpangan dimana ada dua jalan menuju arah yang berbeda. Suatu tanda menunjuk satu jalan ke tempat yang kamu tuju, tetapi kamu mengabaikan tanda itu dan mengambil jalan yang sepertinya benar bagimu. Mungkin kamu bermaksud baik, tetapi kamu tetap ada di jalan yang salah dan tiba di tempat yang salah.

    Matius 12:8
    Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.”

    • Tuhan tidak memandang bagi siapa yg beribadah pada hari sabtu atw hari minggu Teman. Tetapi Tuhan memandang bagi siapa yg percaya dan beriman ddlm yesus. Saya tw sejarahx tentang yg anda sebutkan… Dan biarlah itu terjadi sesuai dengan nubuatan dan khendak Tuhan… Tetapi perintah YESUS sblm terangkat sesuai dengan matius 28:16-20

      Tetapi dri gereja anda mencari jiwa dri org kristen dluar gereja anfa juga teman? Itu berartikan tidak ad keselamatan dluar sesuai yg diajarkan organisasi gereja anda?
      Mengenai ayat yg anda.cantumkan itu saya tidak ingin berdebat tetapi saya ingin memberikan gambaran kpda anda.
      Itu kan perjanjian yg dbuat Allah dengan org israel melalui musa dengan 10 hkm dlm.2.loh batu…
      Itu perjanjian yg dtandai dgn 10 hkm pda 2 loh batu untuk bangsa israel jasmani pda saat itu… Tetapi krna byk pelanggaran dan kejahatan akan hal itu Tuhan merasa akan sangat byk org yg akan dhukum dlm api neraka… Krna kita ini ciptaan yg sangat berharga dmts Tuhan mka dksih kpda kitaYesus untuh menebus dosa kita ini org yg berdosa sblmx dosa dri adam dtmbh lg dosa pelanggaran dri 10 hkm. Nah kedatangan Yesus selain mebus dosa Ad pda kita perjanjian baru dsebutkan untuk menggenapi hukum atw kitab taurat… Dgenapi artinya tidak dhapuskan melainkan dsempurnakan. Krna pelanggaran akan hukum taurat ini fatal akibatnya bagi manusia. Dan Tuhan tidak ingin kita ini ciptaan yg berharga tinggi yg rela dtebus oleh darah Yesus… Dengan dtebus oleh darah yesus kita dbebaskan dri maut kan akan segala dosa kita ini… Tp msh ada lh satu anvaman bagi kita yg sdh tebus ini yaitu pelanggaran lg akan hukum taurat tersebut… Mka dri itu Tuhan tidak ingin kan hal itu membuat suatu kejatuhan lg yg fatal bagi manusia dengan tidak meniadakan 10 hkm mka dengan materai darah Yesus dnyatakanlah perjanjian yg baru… Perjanjian yg lrbih tinggi,mulia,dan kudus dri perjanjian yg pertama yg terlalu byk kejahatan dan pelanggaran akibat dri 10 hkm yg mengikat… Muncullah perjanjian baru yg kasih karunia dberikan kpda kita. Krna adx perjanjian yg baru dan yg perjanjian yg lama ini yg 10 hkm tdk dhapuskan melaikan dgenapi. Dan oleh perjanjian yg baru kita tidak lg dbwh pengawan perjanjian yg lama tidak terikat lhg oleh 10 hukum… Tetapi.hnya krna oleh kasih karunia kita yg seharusx layak menerima maut oleh krna dosa tetapi Tidak dberikan kepda kita. Dan krna oleh ksh karunia jg sebenarxkita.tidak layak menerima hidup kekal tetapi malah dberikan kpd kita hdp yg kekal itu… Syaratx apa bisa.mendpt hdp kekal itu… Penurutan kpda 10 hkm saja? krna kita sdh tidak terikat bkn berarti boleh melanggar 10 hkm… Tentu tidak… Tuhan tidak berpatokan pda 10 hkm itu lg melainkan kpd org yg percya dn beriman… 10 hkm bkn lg menjadi hrga mati untuk dtaati melainkan sebaga penuntun yg tidak terikat dan monoton agar kita bz jd kebih beriman kpda Tuhan.
      Krna perjanjian yg lama dsebutkan pfa ayat yg anda cantumkan itu bagi bangsa israel yg jasmani… Kita yg hidup dlm perjanjian yg baru yg lebih tinggi dri pda perjanjian yg prtma itu kita ini bangsa israel rohani… Krna telah dmateraikan oleh darah Yesus agar ddlm dri kita yg bangsa israel rohani ini ada roh Allah dlm dri kita… Jadi krna ad roh allah dalam dri kita maka 10 hukum itupun ad dlm akal budi kita dan hati kita… Itulah mksd dri hukum taurat dgenapi.

      Baca ibrani 8 dan ibrani 9

  70. Yesuslah yang terpenting dalam hidup Saya, dan saya harus mengikutiNya – dengan persyaratanNya, bukan persyaratan Saya.

    KELUARAN 31: 12-18
    31:12 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa:

    31:13 “Katakanlah kepada orang Israel, demikian: Akan tetapi hari-hari Sabat-Ku harus kamu pelihara, sebab itulah peringatan antara Aku dan kamu, turun-temurun, sehingga kamu mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, yang menguduskan kamu.

    31:14 Haruslah kamu pelihara hari Sabat, sebab itulah hari kudus bagimu; siapa yang melanggar kekudusan hari Sabat itu, pastilah ia dihukum mati, sebab setiap orang yang melakukan pekerjaan pada hari itu, orang itu harus dilenyapkan dari antara bangsanya.
    31:15 Enam hari lamanya boleh dilakukan pekerjaan, tetapi pada hari yang ketujuh haruslah ada sabat, hari perhentian penuh, hari kudus bagi TUHAN: setiap orang yang melakukan pekerjaan pada hari Sabat, pastilah ia dihukum mati.
    31:16 Maka haruslah orang Israel memelihara hari Sabat, dengan merayakan sabat, turun-temurun, menjadi perjanjian kekal.

    31:17 Antara Aku dan orang Israel maka inilah suatu peringatan untuk selama-lamanya, sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, dan pada hari yang ketujuh Ia berhenti bekerja untuk beristirahat.”

    31:18 Dan TUHAN memberikan kepada Musa, setelah Ia selesai berbicara dengan dia di gunung Sinai, kedua loh hukum Allah, loh batu, yang ditulisi oleh jari Allah.

    LUKAS 4:31
    Kemudian Yesus pergi ke Kapernaum, sebuah kota di Galilea, lalu mengajar di situ pada hari-hari Sabat.
    LUKAS 6:5-9
    6:5 Kata Yesus lagi kepada mereka: “Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.”

    • Tuhan tidak memandang bagi siapa yg beribadah pada hari sabtu atw hari minggu Teman. Tetapi Tuhan memandang bagi siapa yg percaya dan beriman ddlm yesus. Saya tw sejarahx tentang yg anda sebutkan… Dan biarlah itu terjadi sesuai dengan nubuatan dan khendak Tuhan… Tetapi perintah YESUS sblm terangkat sesuai dengan matius 28:16-20

      Tetapi dri gereja anda mencari jiwa dri org kristen dluar gereja anfa juga teman? Itu berartikan tidak ad keselamatan dluar sesuai yg diajarkan organisasi gereja anda?
      Mengenai ayat yg anda.cantumkan itu saya tidak ingin berdebat tetapi saya ingin memberikan gambaran kpda anda.
      Itu kan perjanjian yg dbuat Allah dengan org israel melalui musa dengan 10 hkm dlm.2.loh batu…
      Itu perjanjian yg dtandai dgn 10 hkm pda 2 loh batu untuk bangsa israel jasmani pda saat itu… Tetapi krna byk pelanggaran dan kejahatan akan hal itu Tuhan merasa akan sangat byk org yg akan dhukum dlm api neraka… Krna kita ini ciptaan yg sangat berharga dmts Tuhan mka dksih kpda kitaYesus untuh menebus dosa kita ini org yg berdosa sblmx dosa dri adam dtmbh lg dosa pelanggaran dri 10 hkm. Nah kedatangan Yesus selain mebus dosa Ad pda kita perjanjian baru dsebutkan untuk menggenapi hukum atw kitab taurat… Dgenapi artinya tidak dhapuskan melainkan dsempurnakan. Krna pelanggaran akan hukum taurat ini fatal akibatnya bagi manusia. Dan Tuhan tidak ingin kita ini ciptaan yg berharga tinggi yg rela dtebus oleh darah Yesus… Dengan dtebus oleh darah yesus kita dbebaskan dri maut kan akan segala dosa kita ini… Tp msh ada lh satu anvaman bagi kita yg sdh tebus ini yaitu pelanggaran lg akan hukum taurat tersebut… Mka dri itu Tuhan tidak ingin kan hal itu membuat suatu kejatuhan lg yg fatal bagi manusia dengan tidak meniadakan 10 hkm mka dengan materai darah Yesus dnyatakanlah perjanjian yg baru… Perjanjian yg lrbih tinggi,mulia,dan kudus dri perjanjian yg pertama yg terlalu byk kejahatan dan pelanggaran akibat dri 10 hkm yg mengikat… Muncullah perjanjian baru yg kasih karunia dberikan kpda kita. Krna adx perjanjian yg baru dan yg perjanjian yg lama ini yg 10 hkm tdk dhapuskan melaikan dgenapi. Dan oleh perjanjian yg baru kita tidak lg dbwh pengawan perjanjian yg lama tidak terikat lhg oleh 10 hukum… Tetapi.hnya krna oleh kasih karunia kita yg seharusx layak menerima maut oleh krna dosa tetapi Tidak dberikan kepda kita. Dan krna oleh ksh karunia jg sebenarxkita.tidak layak menerima hidup kekal tetapi malah dberikan kpd kita hdp yg kekal itu… Syaratx apa bisa.mendpt hdp kekal itu… Penurutan kpda 10 hkm saja? krna kita sdh tidak terikat bkn berarti boleh melanggar 10 hkm… Tentu tidak… Tuhan tidak berpatokan pda 10 hkm itu lg melainkan kpd org yg percya dn beriman… 10 hkm bkn lg menjadi hrga mati untuk dtaati melainkan sebaga penuntun yg tidak terikat dan monoton agar kita bz jd kebih beriman kpda Tuhan.
      Krna perjanjian yg lama dsebutkan pfa ayat yg anda cantumkan itu bagi bangsa israel yg jasmani… Kita yg hidup dlm perjanjian yg baru yg lebih tinggi dri pda perjanjian yg prtma itu kita ini bangsa israel rohani… Krna telah dmateraikan oleh darah Yesus agar ddlm dri kita yg bangsa israel rohani ini ada roh Allah dlm dri kita… Jadi krna ad roh allah dalam dri kita maka 10 hukum itupun ad dlm akal budi kita dan hati kita… Itulah mksd dri hukum taurat dgenapi.

      Baca ibrani 8 dan ibrani 9

  71. maaf…
    tapi, setelah perjanjian baru ada..
    “Yesus berkata = apa yang telah diturunkan oleh Allah Tidaklah Haram, melainkan Halal bagimu”…

    Pertanyaan….????

    maaf juga, Apa mungkin Allah mulai dari penciptaan pertama sampai yang terakhir, menurunkan sebagian dari yang Dia ciptakan ada Yang HARAM…???

    itu pertanyaan saya…
    tolong Jawabanya….!!!!

    ini no hp saya 0852 0726 8231…
    saya butuh jawabannya…

  72. Advent Golden Star Sibagariang

    Gereja apa pun yang kita anut smua itu baik adanya, yang menyelamatkan kita bukanlah Gereja akan tetapi IMAN

  73. Wahyu 12:1-6
    Daniel 7
    7:25 Ia akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang Mahatinggi, dan akan menganiaya orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi; ia berusaha untuk mengubah waktu dan hukum, dan mereka akan diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.

    itulah zaman kegelapan rohani orang kristen dimusnahkan 50 jt orang kristen dibunuh oleh roma katolik selama satu masa dua masa dan stengah masa atau 1260 hari atau 1260 tahun…. berawal dari thn 538 dan berakhir pada tahun 1798 yaitu pada saat revolusi perancis yang menyerang katolik roma paus atau roma katolik telah mengubah waktu dan hukum yang mengubah sabat menjadi hari minggu…
    Dan nubuatan tanduk kecil dalam Daniel 7 dan 8 sudah sangat jelas… Dan Roma katolik sudah mengakuinya bahwa merekalah tanduk kecil itu
    adalah tanduk kecilLebih jelasnya bisa baca di buku kemengan akhir..
    Thx God bless

  74. Agamawi ah, ga boleh ini ga boleh itu. Tuhan Yesus aja dgn sengaja melanggar hari sabat kok, krn Dia pengen kasitau, arti sabat itu bukan seperti tradisi yg dijalankan org yahudi pd saat itu, lucunya gereja yg sudah hidup di jaman kasih karunia malah balik dan hidup ke hal2 yg agamawi & tradisi. Jd inget kata2nya rasul Paulus: “Alangkah bodohnya kamu, yang sudah di roh kembali lg kepada daging.”
    Tujuan perjanjian lama (Taurat/flesh covenant) adalah perjanjian yg menjaga 42 keturunan utk melahirkan Tuhan (Yesus Kristus) ke dlm daging, utk menggenapi misi penyelamatanNya bagi umat manusia, dan setelah itu menegakan suatu perjanjian yg lebih mulia (Perjanjian Baru/Perjanjian Roh), di mana Roh Tuhan diam di dlm manusia. Inti dari kekristenan adalah Salib Kristus, bukan ga boleh makan ini ga boleh makan itu. Salam damai sejahtera, Shalom Elohim.

  75. Agama adalah cara manusia merespons Tuhan namun agama tidak menyelamatkan. Hanya iman kepada Yesus selamat menjadi pengikut Yesus. Jadi kita masing2 bebenah diri tidak usah saling menghakimi dan tetaplah menomor satukan Yesus diatas segalanya. Agama jangan didebatkan tidak ada habis2nya. God bless.

  76. hehehe… kaya orang samin. hidup jadi kering…. seolah Tuhan begitu kaku.. kenapa orang advent gak naik keledai aja… kan mobil, motor sepeda gak ada di alkitab.

  77. Anehhhh…
    Yesaya 6 ayat 17
    Apa isinya…!?
    Ckckckckckckck…

  78. Mf yaa saya msk dlm percakapan teman2… Saya menyimak dengan seksama masing dri komentar tmn2. Saya saja yg sebagai org kristen (protestan) merasa sedih melihat perdebatan yg seperti ini sebagai org percya, dan terlebih lg TUHAN juga pasti merasa sedih mlht anak anakx berdebat ttg hal yg seharusx tidak perlu dperdebatkan… Bagi tmn2 yg dri organisasi Advent kirax mhn mf dri saya klw ada tmn2 dri luar organisasi gereja anda (advent) yg membuat anda tersinggung. Saya meskipun bkn dri gereja advent tp saya muali memahami isi dri mksd alkitab. Mmhg menuruti isi alkitab sudah tentu menuruti perintah ALLAH. Tp bbrp hal yg saya pahami dan yang menjadi penghiburan saya… Dengan kasih karunia kita boleh dselamatkan… Meskipun kita bagi yg dri denominasi gereja protestan tidak.beribadah pda hari sabtu yg dsebutkan itu sbgai hari sabbat… Tetapi hnya oleh kasih karunia kita.dberikan sesuatu yg sebenarx tidak layak kita terima (hidup kekal) oleh krna dosa sebenarx kita layak menerima tetapi tidak dberikan (maut/api neraka)
    Dan ada ayat dalam perjanjian baru trdpt dlm ibrani 8:1-13 dan ibrani 9:1-28
    Saya ingin mengajak saudara sekalian merenungi apa yg ingin dsampaikan penulis kitab ini yaitu rasul Paulus.
    Saya akan memberikan gmbrn sebelum saudara sekalian membacax. Dsini Paulus ingin menyampaikan sesuatu yg telah diilhamkan kepada paulus bahwa ada suatu perubahan dri perjanjian yg pertma ke perjanjian yg baru. Dan dsebutkan perjanjian yg baru telah dmateraikan oleh darah yesus sendiri. Berarti perjanjian yg baru ini lebih tinggi, lebih mulia, dan lebih kudus dari perjanjian yg pertama. Karena perjanjian yg pertama itu terlalu byk pelanggaran. Yg saya mksdkan wktu pertama Musa naik kegunung sinai dan ALLAH memberikan 10 hkm pda 2 loh batu dstlah ALLAH membuat perjanjian drngan MUSA dan bangsa israel pda saat itu… Dan karena banyakx pelanggaran akan hal itu 10 hkm yg dmksd… Dengan kasih karunia allah yg rela mengaruniakan anakNYA yg tunggal untuk trn kedunia ini… Dan dengan kematian anaknya Yesus Kristus dan oleh darahNYA dmateraikan perjanjian yg baru yaitu kasih karunia itu sendiri. Dan yg artinya keselamatan itu dberikan bagi org yg percaya dalam namaNYA dan yg beriman. Oleh kasih karunia TUHAN tidak memandang qm dri agama advent kah atw kristen protestan kah… Qm beribadah hari minggu kah atw pun sabtu… Qm yg tidak mkn babi kah yg sesuai dgn alkitabiah Tuhan tidak bertanya itu… Tetapi Tuhan bertanya sdh berapa jiwa yg kau bawa padaKU.

    Dan dengam adanya perjanjian yg baru itu yaitu kasih karunia kita tidak berada dbwh pengawasan hukum taurat lagi… Karena TUHAN melihat terlalu banyak pelanggaran dan kejahatan akan hal itu… Jadi dbuatlah perjanjian yang baru itu yg oleh darahNYA perjanjian baru itu dmateraikan. Krna perjanjian yg lama itu telah bercacat dan usang krna banyakx pelanggaran pelanggaran yg dbuat oleh manusia pda masa itu… Bila ada masukan saya terima falam nama.Yesus.

    Yg terutama pada masa akhir zaman ini bukan qm dri agama ini atw itu… Qm.beribafah hari ini atw hari itu… Tetapi bawalah jiwa jiwa yg baru yg blm mngenal akan Yesus yg belum mengenal injil… Mari kabarkan injil krna bgt byk saufara2 kita yg blm mengenal injil… Dan bagi tmn2 yg sdh percaya renungkanlah firman Tuhan… Bkn justru berdebat tentang mna yg benar dan mna yg salah… Meskipun saya ini dri protestan tp saya mw tmn2 dri advent tidak mempermasalahkan kata2 tmn2 yg mgkin menyinggung… Berbesar hati lah intuk memaafkan… Dan saya mw.tmn2 jg baca dri kita ibrani psal 8 dan pasal 9 dan renungkanlah… GBU

    • Terima kasih untuk semua tulisannya. Maafkan yang tulisannya belum berkenan. Memang menuju ke Sorga jalannya Sukar Dan tidak mudah. Saya setuju Nabi Nuh 120 tahun mengajak orang untuk tidak binasa tapi hanya Keluarganya yang selamat. Kata Yesus pada perempuan pezina itu “pergi dan jangan berbuat dosa lagi” inilah ajakan Yesus. Cermin dosa itu adalah 10 Perintah Tuhan yang berkenan mohon baca Alkitab di buku Keluaran pasal 20 sampai habis. Sebelum baca Alkitab. mohon Tuhan tuntun untuk kita lebih paham. Kiranya Tuhan selalu memberkati Anda. Mohon maaf bila kurang berkenan. Terima kasih. Aku ingin bertemu TUHANku. Amin.

  79. Saya seorang kristen (bukan advent), tetapi saya sempat mempelajari advent untuk beberapa waktu lamanya. Ini pendapat saya positif dan negatif tentang advent. Baik khotbah dan kelas pemuridan (sekolah sabat), semua berdasarkan alkitab. Tidak ada yang sesat, bahkan saya bisa mendapatkan lebih banyak pendalaman Firman di sekolah sabat (dibanding kelas pemuridan di gereja lainnya), tema selalu berfokus pada Yesus. Untuk doktrin, seperti tentang hari sabat, makanan haram, perhiasan, perpuluhan, baptisan – saya bisa menerimanya dengan baik karena bagi saya sesuai alkitab. Hanya saja ada beberapa doktrin yg saya tau itu tidak ada di alkitab (melainkan aturan yg dibuat manusia belaka, yg katanya merupakan anjuran Ny. White). Salah satunya tentang rokok, jawabannya pasti sama dengan kristen lainnya bahwa rokok merusak tubuh kita yg adalah bait Allah. Tapi itu bisa saya terima dengan baik karena terbukti secara medis memang rokok sama seperti narkoba merusak tubuh kita. Tetapi tentang teh dan kopi, dunia medis masih menyatakan bahwa itu memiliki manfaat bagi tubuh, tetapi dilarang di Advent. Saya pernah menanyakannya tapi jawaban yg saya dapat tidak memuaskan. Di advent juga dilarang untuk menonton bioskop dan waktu saya tanyakan, jawabannya sekali lagi tidak memuaskan. Tak heran banyak yg mengatakan bahwa advent terlalu banyak aturan. Tetapi yg pada akhirnya membuat saya merasa tidak nyaman adalah, jemaat advent terlalu banyak menghakimi. Berkali-kali saya dihakimi karena saya masih minum kopi dan teh, seolah saya ini pendosa besar. Ada juga jemaat disitu yg tidak datang sabat krn ada lemburan dihari sabtu, tetapi bohong krn tidak mau di kafir2kan. Waktu itu dia bilang kalau dia sakit. Kemudian dia bilang lebih memilih bohong daripada dia harus sakit hati krn dihakimi (bisa2 dia keluar dari gereja). Saya tanya kalau tidak tahan kenapa tidak keluar saja? Lalu dia jawab: “saya percaya disini pengajaran yg paling benar, saya berharap suatu hari nanti saya bisa menjalankan semua aturan dengan baik, hanya saat ini belum bisa, tapi saya akan mencoba sampai saya bisa secara bertahap”. Saya salut dgn jawabannya. Dia bertahan krn keyakinan, sekalipun sudah banyak sakit hati krn penghakiman org2 advent (terlepas dari caranya yg salah krn dia hrs bohong).
    Saya rasa tak ada yg salah dgn Advent-nya. Hanya org2nya saja yg kadang terlalu mudah menghakimi. Saya rasa perubahan hidup seseorang memang butuh waktu dan proses dan biarlah org itu menjalankan hdpnya sendiri. Ingatkan tanpa hrs menghakimi dgn membabi buta. Apa dgn menghakimi bisa merubah hidup seseorang? Mereka mudah mendosa-dosakan org yg nonton bioskop, tetapi mereka sendiri sering pergi karaoke. Atau mendosa-dosakan inang2 yg memakai perhiasan ke gereja, tetapi mereka ke gereja pun memakai jam tangan harga belasan juta (yg lebih mahal dari perhiasan) atau tas-tas bermerk yg mahal. Maaf sebelumnya, jika banyak kata2 saya yg menyinggung perasaan org2 advent, saya harap ini bisa dijadikan masukan. Tetapi pada intinya, pengajaran2 inti di advent sesuai dgn alkitab, tidak ada penyesatan. Hanya pengajaran tambahan dari Ny. White yg terlalu ditanggapi berlebihan oleh org advent itu sendiri. Saya tidak menyatakan pengajaran Ny. White yg tidak tercantum di alkitab (seperti teh kopi, dll) itu sesat, saya tau beliau pasti memiliki tujuan positif untuk memberitakannya. Saya yakin advent bisa lebih berkembang jika org2nya bisa mengajar dengan lemah lembut dan tidak memaksakan. Bukankah keselamatan itu kasih karunia, bukan dgn usaha kita? Bukankah kita melakukan aturan2 dgn baik itu merupakan bukti bhw kita kasih pada Tuhan dan sebagai bentuk syukur buat keselamatan dariNya? Biarlah kita menjalankan aturan bukan krn itu doktrin dan paksaan, tetapi krn kita yakin itu baik utk kita jalani. Dan masalah yakin, itu urusan masing2 org.

    • sdri dewiq..sebenarnya mungkin dari anggota Advent hanya mengingatkan saja ke teman anda yg Advent tsb..bukan menghakimi..karena seringkali ada orang yg di ingatkan krn sudah keluar jalur dari dokma/doktrin Advent…tapi karena merasa bersalah dan tertekan dgn kesalahannya sehingga dia menganggap bhw itu menghakimi..itu cuma masalah persepsi seseorang terhadap sesuatu teguran. Selanjutnya tentang ajaran Ny White..mungkin sdri kurang begitu paham atas pelajaran2/ tuntunan Ny White…karena ajaran Ny.White itu mengacu ke berbagai macam referensi di Alkitab dan Referensi dari bbrp buku…sehingga kalo di pelajari sepintas kesannya orang Advent “lebay” mengimplementasikannya…saran saya kalo ingin mengetahui secara jelas tentang ajaran Ny.White kuncinya harus baca dgn rinci dan pemahaman secara alkitabiah dgn berbagai referensi dari buku2 Ny.White tersebut spy jelas…dan pada akhirnya nanti akan sdri mengerti kenapa ada persepsi dari org diluar Advent yg menganggap itu lebay yg sebenarnya tidak spt itu..seperti pepatah mengatakan..Jika ingin mengembek masuklah kekandang kambing..dan jika ingin berkotek masuklah ke kandang ayam..sehingga bisa mengetahui kebenaran yang sebenarnya..karena untuk menilai sebuah rumah bukan hanya melihat terasnya saja tapi harus masuk kedalam rumah tersebut baru tau isi rumah sebenarnya..Gbu all

Leave a Reply to sapa_ajalah Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

eleven + 5 =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>