18.911 views

63 comments

  1. Ass.wr.wb
    Yang terhormat redaksi icrp online,saya ingin menanyakan apakah icrp dapat memfasilitasi pernikahan beda agama?
    Mohon infonya.terimakasih.

    Wass.wr.wb

    • wassalamu’alaikum wr. wb
      mohon maaf mbak irna, emailnya bru terbaca tertutup sama spam. ICRP bisa membantu pernikahan beda agama. untuk informasi selanjutnya mbak irna bisa menghubungi nomer telp kami. terimakasih

      mukhlisin
      icrp-online.org

  2. Dear ICRP,

    Saya mau tanya apakah ada solusi apabila menikah beda agama, saya Vincy (wanita) beragama Katolik, pasangan saya Murat (laki-laki) beragama Islam, bagaimana penyelesaiannya?

    Terima Kasih

    • terimakasih mbak vincy, jika ada permasalah yang ingin dikonsultasikan lebih lanjut silahkan mbak vincy bisa menghubungi nomer telp kami.
      terimakasih
      mukhlisin
      icrp-online.org

  3. dear ICRP

    saya ingin menanyakan perihal pernikahan beda keyakinan, apakah ICRP bisa membantu?
    jika berkenan bisa kirimkan persyaratannya dan peraturannya ke e-mail saya.

    terima kasih

    • Dear pak martin, terimakasih pertanyaannya. saran kami (tim media ICRP). bapak bisa langsung menghubungi nomer dibawah ini untuk konsultasi. untuk mengetahui secara lebih jelas. memang ICRP selama ini membantu pernikahan beda agama.
      berikut ini nomer telp yg bisa dihubungi:
      1. 081311068898 (nur cholis) –
      2. 081511721637 (nur kafid)

      terimakasih.
      mukhlisin

  4. apakah icrp bisa memfasilitasi saya untuk penerbitan sebuah buku hasil penelitian saya di maluku Utara? Trims

  5. salam,
    sy filologos andreas driyantara (dr goi – roy marten, jatiwaringin, jkt)… pernah aktif di coffee break – komisi pemuda, gkj rawamangun… terdaftar sbg anggota ormas nasional demokrat (menteng, jakpus)
    persoalan saya:
    1. berhubung istri saya, lenny m tan, chinese (domisili keluarga di tegal alur, cengkareng, jkt)
    bersyukur saat ini ktp-nya sdh kristen, oleh rt/rw setempat memperoleh kemudahan dlm mengurus ktp juga KK

  6. Selamat siang ICRP, saya mau minta pendapat mengenai Pernikahan beda agama nih, sebelumnya saya tidak mau menimbulkan hal-hal berbau SARA ataupun yang bersinggungan dengan hal tersebut ya. Begini ceritanya :

    Saya adalah seorang cowok yang beragama Buddha dan saya punya pacar seorang muslimah, saya udah menjalani pacaran selama 3 tahunan, dan saya sudah mantap untuk memutuskan menikahinya. Yang jadi permasalahan, saya baca literatur di internet katanya kalau pernikahan beda agama susah ya? dan di ajaran agama Islam dilarang apabila yang ceweknya muslim dan cowoknya non muslim?

    Kalau menurut agama saya sih (agama Buddha) sepertinya ngga masalah mau nikah dengan agama apa aja karena agama ane universal. Nah, saya mau minta saran ICRP atau yang pernah mengalami hal yang sama dengan saya. Bagaimana cara menyikapi hal ini dan saya memang pengen nikahin cewek saya ini, tapi saya tidak mau pindah agama, kami memutuskan untuk pake agama masing-masing walau kita menikah.

    Adakah pengacara atau lembaga yang bisa dimintain tolong untuk menyelesaikan hal ini?

    Sebelum dan sesudahnya ane ucapkan banyak terimakasih

    Salam

    Agus

    • dear mas agus, ICRP juga beberapa kali menerima konsultasi sejenis seperti yang mas agus alami. untuk lebih jelasnya mas agus bisa menghubungi kami via telp. semoga bisa membantu

  7. Kepada Prof. Musdah Mulia, APU.

    Berdasarkan saran ibu Musdah “Silakan buka http://www.icrp-online.com atau http://www.mujahidahmuslimah.com silakan sms ke hp sy: 08161381341”

    1. Bagimana pendapat ibu tentang pernikahan beda agama di Indonesia?
    2. Mengapa ibu membolehkan nikah beda agama?
    3. Dasar hukum apa yang ibu gunakan dalam mengeluarkan pendapat tentang kebolehan nikah beda agama (penafsiran dari ayat atau hadits)?
    4. Penafsiran yang seperti apa yang Ibu gunakan dalam menafsirkan tentang ayat-ayat yang menyangkut pernikahan?
    5. Dalam kaitannya nikah beda agama jumhur ulama membolehkan laki-laki muslim menikah dengan wanita ahlul kitab namun wanita muslimah mutlak dilarang menikah dengan laki-laki non muslim, bagimana komentar ibu mengenai ini?
    6. Apakah ada selain al-quran dan hadist yang ibu gunakan sebagai istinbat hukum dalam menentukan pernikahan beda agama?
    7. Ibu sebagai salah satu pendiri lembaga ICRP yang dalam salah satu programnya dapat melayani nikah beda agama, apa motivasi dan tujuan dari pelayanan nikah beda agama tersebut?
    8. Problem nikah beda agama itu apa, mengapa di indonesia kebanyakan mengharamkannnya?
    9. Menurut Ibu apakah negara wajib melindungi pihak-pihak yang melaksanakan nikah beda agama?
    10. Apa komentar Ibu tentang Fatwa MUI mengenai keharaman nikah beda agama?
    11. Bagaimana Ibu menyikapi komentar-komentar miring yang ditujukan kepada Ibu disebabkan pemikiran Ibu yang relatif berbeda dengan para ulama di Indonesia?

    Nama: Ahmad Rifqi (mahasiswa IAIN Walisongo Semarang).
    Email: ifqi_ahmad@yahoo.com
    No hp: 081901253088

  8. Assalamu a w.w.
    Saya mahasiswa sedang sedang penelitian tentang bagaimana NGOs melihat aliran kepercayaan seperti Sunda Wiwitan. kalu boleh saya tahu saya mahu konsultasi dengan pa Engkus Ruswana via email atau hp. boleh ngga saya minta e-mail dan nomor hp-nya.

  9. Ada tulisan yang berbunyi : (dikutip dari Suara Nasrani Indonesia edisi Kamis, 13 Oktober 2011 07:12
    penutup dalam sesi tersebut dia menekankan kalau,“Tuhan dalam kajian saya lebih feminitas, itu yang saya bayangkan, tetapi agama yang terlalu maskulinitas. Jadi bagaimana kita bisa mengubah wajah maskulinitas agama menjadi yang lebih melahirkan kelembutan, kedamaian dan kesejukan.“ Begitulah pemahaman Musdah Mulia, baginya Tuhan dan agama kadang seiring namun kadang juga tak sejalan. *pgi.or.id/Chris Poerba

    Yang tidak saya mengerti adalah : Yang membuat agama itu TUHAN. Bagaimana jadinya kalau agama dengan TUHAN kadang tidak sejalan ? Kan yang buat Dia, agama itu.Masa Tuhan membuat sesuatu yang nantinya membuat manusia bingung, atau malah merepotkan manusia.Terima kasih.

    • Dear Boss, sepengatuhan saya TUHAN tidak menciptakan agama, Manusialah yang membuat agama dan lalu menamai agama tersebut, Tuhan mengajarkan manusia untuk percaya dan hidup dijalan-Nya. komentar ini hanya untuk diskusi bukan untuk pertengkaran dan kekerasan.
      Terima Kasih
      Chandra Purnama

  10. trimakasih sebelumnya,.yg ingin saya tanyakan yaitu:
    bagaiman pandangan atau lebih tepatnya tanggapan dari agama konghucu jika salah satu penganut agama konghucu ini menjalin hubungan dengan seseorang tapi berbeda agama???
    mohon penjelasannya…

  11. maaf sebelumnya kepada bapak atau ibu yang terhormat,langsung saja
    q mau nanya juga q sempet bingung terhadap permasalahan ini,
    dalam sosiologi agama yakni email dhurhaim mengatakan bahwa agama merupakan resentasi kolektif saja.yang saya tanyakan adalah mengapa semua ini orang banyak mengatas namakn agama,..? ada apa dengan agama..?

  12. Salam, Prof. Musdah Mulia, APU.
    Indonesia dulu, dengan Indonesia sekarang adalah sangat berbeda. Indonesia dulu, muslimnya toleran. tetapi muslim sekarang aggresif anarkis berangkat dari egois + subyektif.
    Panggung TEDX ibu baru saya simak, dan saya yakin ibu “diserang”, disisi lain ibu juga menerima banyak penghargaan di dunia lain. Teruskan saja kerja baik kemanusiaan ibu namun hati2 tetap perlu.
    Silahkan kontak saya di 0813 6020 4505 saggaf

  13. kalo mau nyari client gimana yah ?
    soalnya saya kerja sebagai markeing mau mennyari perusahaan yang ingin mengirim barang dalam partai besar keseluruh pelosok nusantara ada ngga ya ?

  14. Dear ICRP….
    Apa u/skrg’ ini & kdepan ny ICRP msh bs membantu pernikahan beda agama? Sy sgt mbutuhkn jwbn ny
    Thanks a lot…

  15. Sy ingin mberikn masukn,bgmn klo redaksi IRCP agak mngontrol coment’ yg masuk pd brita’ trtentu,trutama brita’ yg mngundang kontroversial.Dg coment’ yg slg menjelekkn agama yg laen ny sungguh mbuat hti sy sedih & kcewa,qta bleh slg bropini & brbeda pndapat dlm hal apa pun tp tdk u/slg mnghujat,qta hargai kbebasn u/brpendpt tp alangkah indah ny bla dsajikn dg kata” yg santun dr para komentator.
    Terima kasih.

  16. salam hangat,

    saya mau tanya, apakan benar nikah beda agama bisa dilangsungkan di indonesia? apa dan bagaimana syarat”nya, terima kasih

  17. ass,,
    saya kan sedang menyusun skripsi yang membahas tentang pernikahan beda agama. kalau boleh, saya mau minta data tentang pernikahan beda agama di Indonesia..
    terima kasih

  18. dan gambaran ttg pola asuh anak pernikahan beda agama ?
    kira2 nanti saya mengirimkan surat kmana ya ? terima kasih

  19. Dear ICRP Team,
    saya dihadapkan 2 pilihan yang menurut saya sangat berat untuk dijalani,
    menurut pendapat anda, dapatkah anda memberi saran atas permasalahan seperti ini,
    saya mempunya seorang pacar muslimah dan saya adalah penganut non-muslim, dia menghadapkan saya pada pilihan yang cukup, bahwa ia ingin memiliki suami yang seiman.
    mohon saran dan pandangan2 atau referensi mana yang saya harus dapat ambil selain berdoa dengan Yang Maha Kuasa.
    Terima Kasih

  20. Dear ICRP Team
    kami warga kristen GKJW Peniwen Pepanthan Kromengan (wilayah Majelis Agung GKJW Malang)di Desa Kromengan Kec. Kromengan Kab. Malang, sejak 1988 sampai skrg belum mendapat ijin mendirikan gereja dg alasan IMB, yang terganjal oleh “pendapat” dari beberapa oknum yg tidak suka, mohon pendapat dari ICRP, dan mohon bantuan untuk menjembatani hal tersebut jika memang berkenan dan mempunyai cabang ICRP di daerah kami… terima kasih.

    • mohon informasi nomer kontak yang bisa dihubungi pak. terimakasih

      • nomor kontak akan saya email ke ICRP.

        Informasi, saat ini pengurusan prosedur dari bawah tentang aturan dari pemerintah yang berkaitan dengan tanda tangan masyarakat pendukung dan warga jemaat sudah terpenuhi, namun terganjal di Kepala Desa Karangrejo, Kec. Kromengan, Kab. Malang.

        Saat ini, dari segi tindakan diskriminatif pelayanan publik dari Kepala Desa sudah kami PTUN kan. Silahkan jika berkenan melihat ke website PTUN Surabaya.

        Hanya tindakan mediasi dan “penyadaran” ke beberapa oknum ini yang belum ada.

  21. Apakah ada seminar yang akan diselenggarakan oleh ICRP yang dilakukan di Jawa Timur, khsusunya Malang. Saya ingin sekali datang.

  22. dear wulan, terimakasih pertanyaannya. icrp melayani konsultasi persoalan nikah beda agama. anda bisa konsultasi ke konsultan kami.

  23. sebenarnya icrp hanya tempat konsultasi doang? or penyelenggara pernikahan beda agama ?
    karna pasangan saya beda agama juga

  24. sebutkan 5 semboyan poster di indonesia

  25. Ass. Saya mahasiswa yang sedang menyusun skripsi mengenai pernikahan beda agama. Bolehkah saya minta kontak divisi yang berhubungan dengan penelitian saya ? Terima kasih

  26. saya andreas driyantara (39 thn) istri saya lenny maryani tan (34 thn). kami mempunyai anak namun sdh dipanggil menghadap-Nya. kami perkawinan beda iman dan kepercayaan serta etnis. saya jawa istri china. istri pernah ke masjid tatkala SMA selama 2-3 tahun. saya kristen ortodoks dan istri protestan (gereja lain). ibu dan ayah saya telah berpulang; sedangkan ibu mertua saya, subur tan masih sehat. keluarga kami suami-istri ramah, baik dan pengertian serta penyayang kepada kami. saya rumah di kali malang sedangkan keluarga istri rata2 domisili di cengkareng. pertanyaan:
    1. bagaimana hukum negara terhadap anak kami hasil perkawinan beda iman, etnis dan kepercayaan (misalkan: kebebasan beribadah, pendidikan dan perkawinan)?
    2. bagaimana kami menempatkan diri di keluarga besar kami, terutama kami menghormati ayah dan ibu kami juga saudara2 kami?
    3. bagaimana selaku ayah dan ibu menjelaskan kepada anak2 kandung kami perihal agama dan kepercayaan saya?
    4. bagaimana anak2 kami nantinya terutama mengasihi dan menyayangi orang tua, saudara2 dan teman2nya?
    5. bagaimana penjelasan kami kepada keluarga, saudara, teman dan pihak2 terkait?

  27. Halo. Saya tertarik untuk bergabung dengan ICRP karena saya memang berkeinginan bekerja di NGO sosial. Apakah ICRP sedang membuka lowongan kerja saat ini? Kalau tidak, apakah ada rencana menambah jumlah staf di masa depan? Terima kasih.

  28. Halo, nama saya Winona saat ini saya merupakan mahasiswi tingkat akhir di Universitas Atma Jaya Jakarta. Kebetulan saya sedang menuliskan skripsi mengenai Perkawinan Beda Agama di Indonesia.
    Bisakah saya meminta pendapat dari ICRP? dan bila tidak berlebihan saya sangat ingin untuk meminta pendapat dari Prof.Dr. Siti Musdah Mulia yang saya hormati.

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih dan Tuhan memberkati

    • terimakasih,

      anda bisa membuat pengajuan resmi ke alamat kami, di Jalan cempaka putih barat 21 nomor 34 jakarta pusat. atau datang lengsung kekantor kami. terimakasih.

  29. YTH ICRP,

    Saya telah dinikahkan oleh ICRP di tahun 2007. Saya ingin berkonsultasi lebih lanjut. Kepada siapa saya harus berkonsultasi?

    Terima kasih.

  30. saya ingin bertanya…bagaimana cara melunakkan calon mertua dari pihak wanita (muslim) yg saya rasa taat pa ajaran islam… sedangkan saya katolik… saya ditolak untuk dapat melanjutkan ke pernikahan sebelum saya masuk islam dan lebih lagi saya harus menjalankan syariatnya… saya keberatan karena budaya yg saya jalankan selama ini sangat bertolak belakang dengan budaya muslim..saya punya niat untuk pindah tp tidak menjalankan spt muslim pada umumnya karena merubah kebiasaan sangat sulit buat saya dan mengganggu kegiatan kerja saya …. Mohon tanggapannya…? Trims

  31. mohon admin membaca email dari saya,, karena saya juga punya permasalahan yang sama dengan menuju NBA.terimakasih

  32. Selamat siang pak,
    Saya dengan Lina mau menanyakan prosedur dan syarat2 untuk pernikahan beda agama, sy sdh menghubungi 42802349, telpon nya tersambung tapi halo2 terus seolah2 tidak dengar suara saya, sy sudah bicara lebih keras tp tidak dengar juga malah ditutup. apa ada no lain yg bisa saya hubungi pak?

    terima kasih

  33. Selamat siang pak,
    Saya dengan Lina mau menanyakan prosedur dan syarat2 untuk pernikahan beda agama, sy sdh menghubungi 42802349 tp sak bisa2

    terima kasih

Leave a Reply to mukhlisin Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

one × three =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>