Menteri Agama Lukman Hakim
Menteri Agama Lukman Hakim

Soal Menag, Lukman Hakim Kian Dilirik Moncong Putih

Bursa calon menteri agama kian ramai diperbicangkan. Menyoal toleransi antar umat beragama, ‘arsitek’ kemenag memang harus dipertimbangkan matang-matang. Banyak kalangan memiliki optimism yang tinggi dalam periode Jokowi-JK menyangkut keberagaman. Dari kalangan intelektual, Prof. Musdah Mulia dan Prof. Azyumardi Azra sudah digadang-gadang.

Namun, dari jajaran politisi pun tak lepas dari bidikan. Salah satu kandidat terkuatnya adalah politisi asal PPP yang kini juga menjabat menteri agama, Lukman Hakim Saifudin.

Sinyal menguatnya Lukman Hakim Saifudin sebagai calon menteri agama periode Jokowi-JK sebagaimana diungkapkan wasekjen DPP PDI-P, Achmad Basarah senin (25/8) pada kompas.com di kompleks parlemen senayan. “Saya kira itu kelihatan Pak Lukman mengimplementasikan dan secara politik dan ideologi cocok untuk menjadi menteri agama,” ucap politisi moncong putih itu.

Bagi, Achmad Basarah, sikap dan pandangan politik Lukman Hakim Saifudin mengingatkan dirinya pada sosok politisi senior PDI-P, almarhum Taufiq Kiemas. Pasalnya, Taufiq Kiemas, diyakini Basarah sebagai tokoh yang gigih memperjuangkan nilai-nilai pancasila dan kebhinekaan. “Almarhum (Taufiq Kiemas) menggagas nilai-nilai dalam empat pilar berbangsa dan bernegara,” imbuh Basarah. “Kami juga melihat Lukman Hakim sebagai menag baru yang memberikan warna empat pilar,” sambungnya.

Sosok Lukman Hakim Saifudin memang cukup diperhitungkan kini. Meski menjabat dalam periode singkat, beberapa gebrakan menag baru kian terlihat. Menyoal toleransi antar umat beragama, ia mulai menlanjutkan penyelesaian konflik di Sampang. Pada bulan Juli lalu di rumah dinas menteri agama, Lukman Hakim Saifudin mengadakan pertemuan dengan tokoh-tokoh lintas agama. Selain itu, ia mendesak agar Bahai diakomodir hak-hak konstitusionalnya.

849 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

twelve + 8 =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>