MPR Ajak Tokoh Agama Lawan Pengaruh ISIS

Ancaman Ideologi kekerasan yang diajarkan oleh gerakan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) turut menjadi perhatian berbagai pihak, salah satunya adalah Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia. Wakil Ketua MPR Melani Leimena Suharli menilai tokoh agama Islam berperan sangat besar dalam melawan berkembangnya dukungan terhadap kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Indonesia.

“Peran ustad sangat besar, baik di majelis-majelis taklim dan komunitas-komunitas lainnya untuk melawan perkembangan ISIS di Indonesia,” kata Melani usai acara halal bihalal komunitas haji dan umrah Al-Amin di Jakarta, Minggu (31/8/2014).

Melani menegaskan bahwa, ideologi kekerasan ISIS di Indonesia harus dilawan. Segenap lapisan masyarakat diminta untuk membantu menghalau ideologi ini. Peran pemerintah saja tidak cukup, masyarakat terutama tokoh agama mempunyai andil besar untuk hal ini.

Menurut Melani, sulit menumpas benih-benih terorisme di Indonesia jika hanya mengandalkan pemerintah karena masyarakat dan tokoh utama adalah ujung tombak dalam melawan terorisme di Indonesia.

“Kita harus mendukung setiap langkah pemerintah melawan berkembangnya benih-benih ISIS di Indonesia. Negeri kita yang beranekaragam suku, agama, ras dan kepercayaan harus kita lindungi,” ujar Melani.

Ia mengatakan, salah satu peran yang bisa dilakukan oleh tokoh agama dalam membantu pemerintah melawan ISIS adalah dengan memberikan pemahaman kepada umatnya.

“Tokoh-tokoh agama itu harus memberikan pemahaman kepada umatnya bahwa kita harus memiliki pandangan sebagai bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi pluralisme,” ujar Melani.

Selain itu, kata Melani, tokoh-tokoh agama juga harus memberikan pemahaman kepada umatnya tentang empat pilar kebangsaan yang sejak lama dihormati dan dijunjung tinggi bangsa Indonesia. (Sumber: Antara)

798 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

17 + 18 =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>