Sekelompok orang yang diduga bermazhab Salafi berkeliaran di kota Wuppertal, Jerman. Mereka meneror warga yang hendak datang ke tempat perjudian dan diskotik.
Sekelompok orang yang diduga bermazhab Salafi berkeliaran di kota Wuppertal, Jerman. Mereka meneror warga yang hendak datang ke tempat perjudian dan diskotik.

Jerman Larang ‘Polisi Syariah’ Berkeliaran

BERLIN, ICRP – Jerman mengkritik keras patroli malam hari di kota Wuppertal oleh sekelompok orang yang menamai diri mereka sebagai “polisi syariah.”. Lelaki berumur 33 tahun yang jadi inisiator polisi syariah mengakui tujuan mereka hanya untuk meningkatkan kesadaran.

Kubu konservatif yang dinakhodai kanselir Angela Merkel mengemukakan sikap bersama pada minggu lalu untuk menentang fenomena terkini di kota Wuppertal. Menteri Dalam Negeri Thomas de Maiziere mengatakan masyarakat sipil yang mengenakan pakaian bertuliskan “polisi syariah” itu tidak bisa seenaknya berpatroli di jalanan.

Dikabarkan, “polisi syariah” ini berkeliaran di tempat-tempat seperti diskotik dan tempat perjudian. Mereka menasehati para pengunjung agar menjauhi perjudian dan alkohol. Polisi di Wuppurtal mulai menangkapi kelompok itu.

“Hukum Syariah tidak mendapat tempat di tanah Jerman,” ucap Maiziere sebagaimana dikutip Daily Bild Sabtu (14/9). “Tak seorang pun dari mereka berhak menyalahgunakan nama baik polisi Jerman,” sambungnya.

Sementara itu Menteri Kehakiman, Heiko Maas, menyampaikan pada Harian Bild bahwa “hanya negara” yang bertanggung jawab dalam penegakan hukum di Jerman.  Jelas, kata Maas, bahwa sistem penegakan hukum yang ilegal tidak bisa ditoleransi. Pentolan Partai Kristen Demokrat (CDU), Volker Kauder, menyatakan hal yang senada kala diminta pandangan koran Welt am Sonntag.

“Tidak ada satu pun alasan yang membuat kita mesti menoleransi pihak keamanan ilegal yang mengklaim diri ‘polisi syariah’ ” untuk berpatroli di jalan-jalan kita dan mendikte masyarakat tentang apa yang harus dan tidak boleh dilakukan,” ucap Kauder.

(sumber : DW)

 

 

914 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

18 − seventeen =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>