Para Penari yang  dinilai melakukan aksi tak senonoh di Iran

Menari Tak Pakai Kerudung, Tiga Wanita Iran Dibui Enam Bulan

TEHERAN, ICRP – Enam orang di Republik Islam Iran yang ditahan  karena membuat video meniru lagu Pharrel Williams telah dijatuhi hukuman enam bulan penjara dan 91 kali cambukan. Dalam memeragakan lagu artis asal Uwak Sam, keenam orang itu dinilai tidak sopan.

Pada Mei lalu, keenam orang ini naik daun. Sebelum pemerintah Iran menangkap muda-mudi ini, sudah ada 150.000 yang menyaksikan video ini.

Video berdurasi sekitar empat menit itu dinilai tidak senonoh karena memperlihatkan tiga orang lelaki dan tiga orang perempuan tanpa jilbab sedang bernyanyi dan menari di jalanan dan atap-atap rumah di Teheran. Video ini memang meniru gaya video aseli lagu Pharrel itu. 

Republik Islam Iran mengecam aksi anak-anak muda itu dan menyatakan video tersebut sebagai “video vulgar yang  melukai kesucian publik”. Dalam persidangan pada Rabu (17/9), hakim memutuskan para pelaku diganjar hukuman percobaan enam bulan penjara.  Selain hukuman enam bulan penjara, ada pula 61 cambukan menanti mereka.

Sang pencipta lagu “Happy” Pharell William angkat bicara atas kasus yang menimpa fansnya di Iran. Di akun twitternya, Pharrel menuliskan, benar-benar sedih ketika anak-anak ini ditangkap hanya karena menyebarkan rasa bahagia. (the telegraph)

1.776 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

3 × 1 =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>