Ahok

Di Twitland, Tokoh Pro Keberagaman Bela Ahok

JAKARTA, ICRP – Rencana Front Pembela Islam (FPI) mendemo wakil gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama  direspon tokoh-tokoh pro keberagaman di  twitland. Jika benar dikabarkan kelompok garis keras ini akan menggeruduk Balai Kota, tempat Basuki bekerja, Rabu (24/9).

Intelektual Muda NU yang tengah studi di Uwak Sam, Akhmad Sahal, menuliskan pembelaannya pada Basuki, di akun @SahaL_AS.  “Yg menolak pemimpin amanah n bersih krn beda agama adlh kaum tanpa kepala: badannya di masa kini, tp ndasnya di abad pertengahan,” cuitnya di jejaring sosial 140 karakter itu Minggu (20/9).

Keadilan, lanjut Sahal, merupakan aspek terpenting dalam kehidupan bernegara. Sahal tidak serampangan dalam pembelaannya terhadap pria yang akrab disebut Ahok itu. Orang Indonsia yang tengah studi tentang Yahudi ini mendasari pembelaannya pada Ahok dari ucapan  Sayydina Ali Bin Abi Thalib. “Negara akan tegak dgn keadilan, meski kafir, & akan hancur dgn kezaliman, meski muslim,” ucapnya Senin (21/9)

Pentolan Komunitas Salihara, Guntur Romli bahkan menyamakan FPI dengan kelompok teroris paling mematikan dekade ini, Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). “FPI menyerang Ahok dgn menyebutnya sbg “pemimpin kafir” istilah yg sama digunakan oleh ISIS & al-Qaidah,” ucap Guntur di akun @GunRomli Selasa (23/9).

Lelaki yang pernah studi di Al-Azhar Mesir itu meyakini FPI tidak mewakili aspirasi Islam Indonesia. di akun pribadinya itu, ia berargumen jika FPI cermin umat Islam Indonesia sudah lama negeri ini dalam genggaman kelompok semacam ISIS. “FPI mengatasnamakan Islam & umat Islam, pdhal mrk bgian terkecil, krn klau mrk mayoritas, negeri ini sdah jd ISIS, alhamdulillah tdk,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan ICRP-Online.org , dukungan pada Ahok tidak hanya disuarakan oleh kedua orang ini, banyak orang di twitland memberikan komentar senada.

Diduga salah satu alasan rencana demo FPI adalah karena kebengisan ormas ini pada keyakinan Ahok. Sebagaimana diketahui Ahok merupakan seorang katolik. Meskidemikian, salah seorang pentolan FPI, Habib Selon mengungkapkan ketidaksukaannya pada politisi tionghoa itu karena gaya kepemimpinannya yang arogan.

Ahok sebagaiman dikutip merdeka.com,  Senin (21/9)  tidak akan main-main jika isu Suku Agama dan Ras (SARA) dijadikan dalih untuk menghakimi kinerjanya. Ia tidak ragu untuk memperkarakan FPI ke ranah hukum jika semangat sektarian yang dimunculkan FPI saat berdemo.

 

 

1.309 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

5 + 16 =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>