Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama

Demi Pancasila, Ahok Pasang Badan!

JAKARTA, ICRP – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama nampak tidak gentar menghadapi kecaman dari kelompok-kelompok radikal ibukota. Meski pada Jumat (3/10) balai kota sempat diserbu oleh gabungan massa Front Pembela Islam (FPI), Front Betawi Rempug, dan Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi), Basuki berpegang pada konstitusi.

Sebagaimana diketahui bersama ketiga organisasi masyarakat (ormas) itu menolak Basuki menggantikan Joko Widodo sebagai gubernur ibukota. Karena tuntutan demonstrasi tak diamini, aksi brutal pun dilancarkan FPI, FBR, dan Forkabi.  Bentrokan antara pihak keamanan dan kelompok-kelompok beringas ibukota itu tak bisa dihindari.

Membela konstitusi, Basuki tidak menggubris para demonstran yang anarkis itu.  Bahkan pria yang dipanggil Ahok itu tidak segan-segan untuk membubarkan ormas-ormas ibukota yang tak terdafatar di dirjen kesbangpl kemendagri.

“Tinggal kami cari cara bagaimana membubarkannya. Orang (FPI) itu enggak pernah ada, enggak pernah ada izin, bagaimana maububarinnya? Ini kan lucu,” kata Ahok di Balaikota, Senin (6/10).

“Prinsip saya, ormas yang anarkis atau mau mengubah UUD dan Pancasila harus hilang dari republik ini. Ini NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Kalau Anda mau bikin ormas apa pun, sudah anarkis dan bertentangan dengan UUD, Pancasila, dan konstitusi, (ormas) Anda harus bubar,” sambung  Ahok  itu di Balaikota, Senin (6/10).

Ketegasan sikap Ahok menentang perilaku inkonstitusional ormas-ormas anarkis ibukota bukan terjadi kali ini saja. Mantan Bupati Belitung Timur itu juga tak menyerah untuk membela Lurah Susan Oktober 2013 kala FPI menginginkan sang lurah yang beragama katolik itu mundur.

Dengan jabatan barunya sebagai punggawa nomor satu ibukota beberapa hari lagi, apakah Ahok akan tetap berani menyatakan suara pembelaannya terhadap konstitusi?

(sumber : Kompas.com)

1.305 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

3 × four =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>