Amerika Serikat semakin religius

Amerika Serikat Makin Religius?

Hausnya masyarakat atas agama tidak saja terjadi di negara dunia ketiga seperti Indonesia. Hal serupa pun terjadi di Negara Adidaya sekelas Amerika Serikat (AS). Hasil Riset lembaga ternama AS Pew Research September 2014 menunjukan adanya kecenderungan masyarakat Uwak Sam untuk mengentalkan peran agama dalam politik.

Hampir 3/4 (72%)  masyarakat Amerika Serikat, menurut hasil survey mengamini kondisi bahwa agama kian memudar dalam keseharian mereka. Menariknya, meskipun secara kenegaraan,Uwak Sam adalah negara sekular, kebanyakan masyarakat menilai pudarnya agama dalam kehidupan sosial dan politik sebagai hal yang buruk.

Bahkan, enam dari 10 warga Amerika Serikat menyatakan adalah hal penting bagi wakil-wakil rakyat mereka menjadi orang yang religius. Pandangan semacam ini mengalami kenaikan signifikan sejak 2010.

Dari hasil survey tersebut, Pew Research memprediksi Yankee, sebutan orang Amerika, kebanyakan ingin agama kembali berperan dalam perpolitikan. Bila ditilik dari keberpihakan partai, Para pendukung Republikan lebih vokal agar agama kembali memiliki peranan di ranah politik ketimbang para pemilih Demokrat.

Kebijakan pemerintahan Obama, menurut hasil survey, kian buruk di mata masyarakat berkenaan dengan agama dan politik. Hanya sekitar 30 % masyarakat Uwak Sam menilai Obama ramah terhadap agama. Parahnya, persentase masyarakat yang berpandangan demikian mengalami kenaikan sebesar 7% sejak 2009.

Sebagai informasi, salah satu Imam ternama di New York yang berasal dari Indonesia, Shamsi Ali sempat menyamakan Indonesia dengan Uwak Sam dalam sebuah acara diskusi di Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI). Menurut tokoh yang getol menyuarakan toleransi antar umat beragama itu, Amerika Serikat memang negara sekular, tetapi religiusitas masyarakatnya tidak kalah dengan Indonesia.

Apakah semakin religiusitas masyarakat Amerika Serikat akan menimbulkan ekses yang kurang ramah terhadap minoritas di negeri adi daya?

(sumber : Pewforum.org)

1.242 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

3 + 17 =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>