KMP Kuasai Senayan, Keberagaman Terancam

JAKARTA, ICRP – Aktivis toleransi antar umat beragama Achmad Nurcholish memprediksi  pemerintahan Jokowi-JK tidak mampu secara penuh mendorong isu-isu keberagaman. Kemenangan beruntun Koalisi Merah Putih (KMP) diduga bakal menjegal program-program Jokowi-JK yang tidak populis.

Dengan kuatnya cengkraman oposisi di parlemen, Nurcholish ragu komitmen Jokowi-JK menyoal toleransi antar umat beragama bisa terlaksana. “Meragukan, maksudnya, memang akan berat kerja Jokowi-JK, karena ada indikasi akan sengaja  dihambat,” kata Nurcholish kala dihubungi redaksi ICRP-Online.org, Rabu (8/10) pagi.

Menurut Nurcholish Jokowi-JK akan menghadapi tantangan baik dari dalam maupun luar parlemen jika ingin mendorong toleransi antar umat beragama. “Tantangan dari luar parlemen di mana fenomena intoleransi, kekerasan atas nama agama nampaknya belum kunjung redam, bahkan cenderung meningkat eskalasinya,” ucap Nurcholish.

Sementara itu dari dalam parlemen, Nurcholish menilai, oposisi tidak memiliki itikad baik dalam mendorong toleransi antar umat beragama.  Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai salah satu punggawa KMP diduga akan menjadi kerikil tajam program-program Jokowi-JK menyoal keberagaman. Sebagaimana diketahui bersama Partai yang terinspirasi dari gerakan Ikhwanul Muslimin di Mesir ini paling ngotot menolak isu-isu keberagaman.

Nurcholish menyarankan Civil Society untuk terus menggandeng Jokowi-JK dalam mendorong toleransi antar umat beragama.”Pemerintah (Jokowi-JK) tdk bisa bekerja sendirian. Masyarakat sipil…harus kian menguatkan kerja dan strategi implementasinya,” imbuhnya.

Meski demikian, tokoh yang telah lama menggeluti dunia toleransi antar umat beragama ini mengapresiasi visi Jokowi-JK di bidang keberagaman. Menurutnya secara konseptual,berbeda dengan rezim Susilo Bambang Yudhoyono,  Jokowi-JK memiliki keberpihakan terhadap keberagaman.

“Saya melihat bahwa Jokowi cukup punya visi dalam menjaga kebhinekaan dan soal kebebasan beragama dan berkeyakinan,” imbuhnya.

835 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

eight − six =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>