Mohammad Monib (tengah) Heru Hendrakto (kanan)

Pimred KBR68H : Penggunaan Agama untuk Jadi Alat Politik Buruk

JAKARTA, ICRP – Pemimpin Redaksi KBR68H Heru Hendratoko menilai citra agama apapun buruk ketika sering dijadikan alat politik. Pernyataan itu ia sampaikan dalam acara Agama dan Masyarakat yang ditayangkan Tempo TV, Rabu (8/10). Acara talkshow itu juga dihadiri Direktur Eksekutif Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) Mohammad Monib.

“Jadi agama kerap tidak semata  sebagai hubungan manusia dan Tuhan, tapi jd instrumen untuk menjustifikasi hal-hal di luar agama untuk memperoleh kepentingan bagi sebagian kelompok,” ucap Heru.

Heru menceritakan pengalamannya dalam mengikuti forum jurnalis senior beberapa bulan lalu yang diselenggarakan sebuah lembaga non profit Amerika Serikat. Acara tersebut, ungkap Heru, bertujuan mencari jembatan antara Islam dan Barat. Dalam rangkaian selama empat minggu bersama para jurnalis senior, Heru mengaku, banyak menemukan hal-hal menarik tentang menjembatani Islam-Barat.

Dalam pertemuan dengan para jurnalis itu, Heru mengakui adanya kecurigaan yang mendalam antara Islam dan Barat. Hal tersebut, ungkapnya, terlihat dari cara pemberitaan media-media Barat tentang dunia Islam. “Mereka masih menganggap bahwa Islam itu homogen,” imbuhnya.

Permasalahan sebaliknya juga terjadi di dunia muslim terhadap Barat. “Ada kesalahan pemahaman di masyarakt muslim bahwa Amerika Serikat sebagai negara sekular itu anti agama,” ujar pemuda berambut sedikit itu.

Temuan Heru selama berdialog dengan para tokoh agama di Uwak Sam justru memperlihatkan fakta yang berbeda dari stigma. “Amerika Serikat sangat religius hanya mereka tahu menempatkan religiusitas mereka,”ungkapnya

Salah satu rangkaian acara dari forum itu adalah mengunjungi Indonesia.  Para wartawan sempat berdialog dengan menteri agama Indonesia, Lukman Hakim Saifudin. Dari perbincangan dengan politisi partai kabah itu, papar Heru, para wartawan Barat bertanya-tanya. “kenapa Islam Indonesia tak jd role model bagi dunia muslim,” ucap Heru mengikuti apa yang para wartawan tanyakan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

688 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

one × five =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>