Direktur Eskekutif ICRP Bahas Islam dan Barat di Tempo TV

Tempo TV Undang ICRP Kaji Hubungan Islam-Barat

JAKARTA, ICRP – Dalam acara Agama dan Masyarakat yang ditayangkan Tempo TV Rabu (8/10) malam, Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) diberi kesempatan untuk memaparkan upaya menjembatani Islam dan Barat. Direktur Eksekutif ICRP Mohammad Monib bersama Pemimpin Redaksi KBR68H Hendro Hendratnoko didaulat mengurai benang kusut Islam dan Barat.

Monib mengaku hubungan Barat dan Islam penuh dengan kecurigaan. Hubungan Islam dan Barat, menurutnya, dilatarbelakangi sejarah kericuhan antara Kristen dan Islam.  Karenanya, tidak mengherankan potensi konflik antara Islam dan Barat senantiasa ada.

Tokoh yang telah malang melintang dalam isu toleransi umat beragama ini menilai politik luar negeri Amerika Serikat ke Timur Tengah mempertegang hubungan Islam dan Barat. Uwak Sam yang menjadi representasi Barat terang kerap kali bersikap tidak konsisten pada dunia Islam. Palestina, duga Monib, adalah salah satu kunci jembatan antara kedua peradaban.

“AS harus berhenti untuk meneruskan double standard,” ucap Monib.

Double Standard yang dilakukan Uwak Sam, ungkap Monib, juga mempersulit perjuangan aktivis toleransi antar umat beragama. “ini yang buat  kami susah untuk terangkan ide2 keberagaman di Indonesia,” sambungnya.

Selain Barat, Monib pun menyoroti permasalahan fundamental di kalangan muslim. Agama yang diklaim kedua terbesar di dunia ini mengalami keterpurukan, kata Monib, tidak lepas dari kemalasan berpikir. “ada penurunan kemampuan menafsirkan gagasan keislaman dewasa ini,” ujarnya.

Wajar saja, terang Monib, gagasan Keislaman yang radikal lebih menguasai pikiran masyarakat muslim hari ini. Sayangnya, menurut Monib, pemerintah di negara-negara muslim termasuk Indonesia tidak mau merangkul entitas-entitas muslim yang pro perdamaian.

Monib berharap pemerintahan baru bisa lebih akomodatif terhadap gagasan-gagasan yang sejuk dan damai.

“Pemerintah perlu mendukung gerakan pro toleransi dan memberikan ruang dialog. Ini penting!,” pungkasnya.

 

 

 

1.223 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

6 − 4 =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>