Gedung Departemen Agama 02 (Sy)

Kemenag Siapkan RUU Perlindungan Umat Beragama

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan, pihaknya telah merancang RUU Perlindungan Umat Beragama. RUU tersebut bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman setiap umat beragama untuk menjalankan ritual ibadahnya masing-masing.

Lukman menuturkan bahwa RUU tersebut merupakan tindak lanjut dari Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan Kemenag dengan tokoh-tokoh agama. Tidak hanya tokoh dari enam agama yang diakui oleh negara, namun FGD ini juga diikuti oleh tokoh-tokoh di luar enam agama tersebut.

“Rekomendasi dari FGD yang dilakukan yaitu perlu adanya RUU perlindungan umat beragama. Untuk itu, dalam enam bulan kedepan kami akan mempersiapkan RUU perlindungan umat beragama. Sehingga nantinya kualitas kehidupan kita menjadi lebih baik,” ujar Lukman Hakim Saifuddin seperti dikutip Republika Online, Selasa (28/10/2014).

Walaupun perlindungan kebebasan beragama sudah termaktub dalam konstitusi, namun Lukman menilai perlu peraturan yang lebih rinci. Dalam gagasan pokok aturan itu, akan dikedepankan bagaimana memberikan perlindungan kepada para umat beragama, khususnya dalam dua hal. Pertama jaminan perlindungan dalam hal memeluk agama. Kedua jaminan perlindungan dalam hal kemerdekaan untuk menjalankan agama sesuai dengan keyakinan yang dipeluknya.

Lukman mencontohkan, perlu ada definisi terkait agama supaya ada kesepakatan dan pemahaman bersama terkait hal tersebut. Sehingga keyakinan di luar enam agama tersebut mendapatkan kepastian statusnya. Selain itu, perlu pula ada definisi lebih rinci terkait makna tempat peribadatan untuk memberikan perlindungan lebih. Ada yang mengatakan tempat peribadatan itu adalah sebuah masjid, gereja, atau tempat peribadatan resmi agama lain, atau hanya sekedar sebuah rumah yang digunakan jemaah untuk beribadah.

“Kami butuh masukan dari semua kalangan masyarakat terkait syarat dan isu yang perlu dimasukkan dalam membuat RUU ini,” katanya. “Agar tujuan undang-undang ini untuk memberikan perlindungan bisa terealisasikan,” lanjutnya seperti dilansir Tempo.co, Rabu (29/10/2014).

870 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

17 − 15 =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>