Pope Francis

“Tuhan Bukan Penyihir Bertongkat Magis”

VATIKAN, ICRP – Paus Francis membuat sebuah pernyataan yang menghebohkan dunia sains. Untuk kali pertama, seorang pemimpin Gereja Katolik mengamini dua teori kontroversial mengenai semesta dan manusia. Apalagi kalau bukan Teori Evolusi dan Teori Big Bang (Dentuman Besar). Menurutnya, Tuhan bukanlah seorang tukang sihir dengan tongkat magisnya.

Berbicara di hadapan Pontificial Academy of Sciences, Paus asal Argentina itu memberikan komentar terkait kedua teori itu. Padahal, Paus Benedict XVI sebelumnya masih mengukuhkan “pseudo teori” tentang penciptaan.

Paus Francis mengutarakan bahwa teori sains tidak bersebrangan dengan eksistensi sang pencipta. Justru, teori-teori itu “membutuhkannya’, Demikian ujarnya.

“Ketika kita membaca perihal mengenai Penciptaan di dalam Genesis, kita cenderung membayangkan Tuhan sebagai seorang penyihir bertongkat magis yang mampu melakukan segala hal. Padahal, itu tidak demikian,” ucapnya.

Ia menambahkan, Tuhan menciptakan manusia dan membiarkan mereka berkembang berdasar pada hukum internal (red : hukum alam) yang telah Ia berikan pada tiap-tiap orang. Sehingga, katanya, manusia mampu meraih tujuannya.

“Dentuman besar, yang hari ini kita yakini sebagai asal muasal semesta tidak kontradiksi dengan intervensi Tuhan sebagai Pencipta. Lebih tepatnya, membutuhkan-Nya”, tegas Paus Francis.

“Evolusi secara alamiah tidak bertentangan dengan pandangan penciptaan, karena evolusi mensyaratkan penciptakan mahluk yang berevolusi,” sambungnya.

Gereja Katolik telah dalam sejarahnya telah dikenal sebagai entitas yang anti sains. Hal ini telah ketahui bersama manakala Galileo dipaksa untuk menarik pandangan sainsnya bahwa Bumi mengelilingi Matahari. Galile0 dengan teori Heliosentrisnya itu dinilai sesat oleh Gereja Katolik.

(sumber : Independent.co.uk)

892 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

6 − one =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>