Jalankan Tugas, Satpol PP DKI Tidak Gentar Hadapi FPI Yang Rusuh

Jakarta – Masyarakat perlu memberi apresiasi kepada Satuan Polisi Pramong Praja (satpol PP) DKI Jakarta. Sesuai PP Nomor 6 Tahun 2010 tentang Satuan Polisi Pamoing Praja, Satpol PP mempunyai tugas membantu kepala daerah untuk menciptakan suatu  kondisi  daerah  yang  tenteram,  tertib,  dan  teratur  sehingga penyelenggaraan  roda  pemerintahan  dapat  berjalan  dengan  lancar  dan masyarakat dapat melakukan kegiatannya dengan aman.

Salah tugas yang diemban adalah mengamankan berjalannya demontrasi yang dilaksanakan ribuan massa yang menolak Basuki Tjahaya Purnama atau Ahok sebagai Gubernur menggantikan Joko Widodo yang terpilih menjadi presiden. Massa yang terdiri dari berbagai ormas seperti FPI, LPI, FPIS, GOIB, GARIS, HDI, GBI, PII, MPI, FMI, FIS, Taruna Muslim dan Asyafi’iyyah ini siap mengepung balaikota.

Seperti dilansir situs berita detik.com, Kasatpol PP DKI Kukuh Hadi Santoso siap mengerahkan pasukan Satpol PP melindung Basuki T Purnama atau Ahok. Bahkan Kukuh siap menyatakan perang pada pendemo yang anarkis.

“Ini saya sudah pakai seragam PDL, pakaian dinas lapangan. Ini siap perang. Jadi kalau ada yang nantangin kita perang,” kata Kukuh di balai kota DKI, Jakarta, Senin (10/11/2014).

Kukuh pun sempat menemui Ahok dan makan siang bareng. Dia mengaku sejauh ini kondisi aman tak terjadi apapun.

“Saya nggak melapor, saya hanya lewat ke sini. Kebetulan beliau lagi makan, diajak makan sekalian. Ditanya gimana di luar? Saya bilang aman Pak, nggak ada apa-apa. Kalau ada apa-apa ya tentunya sebagai tentara DKI ya siap perang,” jelasnya.

Menurut dia, ada 800-an armada Satpol PP yang berjaga di sekitar balai kota. “Dari pusat dan dari wilayah. Kami memang bergantung ekskalasinya, ini kan enggak terlalu banyak. Satpol PP itu seiring dengan kekuatan lawan itu kiraa-kira berapa, mereka ribuan, kita sudah ada 800. Terus di tiap wilayah juga standby, jadi sewaktu-waktu saya butuh tinggal telepon segera dia meluncur ke mari,” tutupnya. (diolah dari detik.com)

 

1.236 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

14 + 19 =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>