Imam Shamsi Ali

Imam Ternama New York Sentil Kelompok Yang Mendaku Pembela Palestina

JAKARTA, ICRP – Pemuka agama  di New York, Imam Shamsi Ali menyentil kelompok-kelompok yang mengatasnamakan Islam dalam membela rakyat Palestina. Hal itu, Shamsi Ali utarakan dalam acara seminar “Mengurai Konflik Timur Tengah dengan Millah Ibrahim” di Universitas Paramadina, Jakarta Selatan, Selasa (11/11).

Di samping seorang Rabbai yang dijadikan salah satu narasumber malam itu, Imam asal Sulawesi Selatan itu mengakui tak sedikit yang berteriak soal Palestina di Indonesia hanya retorik semata. “Mereka yang suka berteriak membela Palestina sama sekali tidak membantu menyelesaikan persoalan Israel-Palestina,” ucapnya penuh kecewa.

Alih-alih menyelesaikan persoalan, Shamsi Ali menduga kelompok ini malah memperkeruh hubungan antar kedua belah pihak. Tak Jarang, Ia menilai konflik yang berupa sengketa politik malah dijadikan komoditas untuk membuat jarak pemisah antara yahudi dan Islam.  “Problemnya padahal di kedua belah pihak adalah wacana Israel dan Palestina yakni dikuasai oleh kaum ekstrimis yang ingin menihilkan satu sama lain,” tambah Shamsi Ali.

Menurutnya, adanya kedua ekstrimi ini justru memperburuk keadaan. Dialog antara dengan komunitas Islam dan Yahudi di Amerika, menurut Shamsi Ali merupakan upaya yang lebih bermanfaat dalam menyelesaikan sengketa Israel-Palestina.

“Kelompok yang mendaku pembela Palestina pada dasarnya hanya ingin meraihkan kepentingan politik domestik semata,” ucap Shamsi Ali.

Di tanah air, memang sekelompok entitas politik yang mengatasnamakan Islam sering melakukan demonstrasi menyatakan dukungannya terhadap Palestina. Jargon-jargon yang dipakai semisal anti-zionis, anti yahudi telah mendarah daging dalam kelompok ini.

Tapi, apakah penggunaan retorik itu akan membantu menyelesaikan persoalan? Jika ditilik dari pernyataan Shamsi Ali maka tentu saja tidak.

718 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

4 × 3 =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>