Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka Sidang Raya PGI XVI di Kota Gunungsitoli, Kepulauan Nias, Selasa (11/11/2014). Sumber: kompas.com
Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka Sidang Raya PGI XVI di Kota Gunungsitoli, Kepulauan Nias, Selasa (11/11/2014). Sumber: kompas.com

Sidang Raya PGI 2014 Bahas Masalah Penting Kebangsaan

Nias, ICRP – Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) sejak Senin (11/11/14) lalu tengah melaksanakan sidang raya PGI XVI. Kegiatan ini merupakan Forum tertinggi gereja-gereja yang dilaksanakan setiap 5 tahun sekali untuk mengambil keputusan-keputusan penting. Beberapa persoalan yang dibahas dalam forum ini adalah soal kemiskinan, ketidakadilan, radikalisme, dan bencana ekologis.

Acara yang diselenggarakan di Gunung Sitoli, Kepulauan Nias, Sumatera Utara ini dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Dalam kesempatan tersebut JK menyatakan bersyukur dengan kebhinekaan dan keberagaman yang ada di Indonesia.

“Kita patut bersyukur bahwa tidak banyak bangsa yang memiliki keberagaman yang berbeda, kita memiliki bermacam bangsa dan bahasa yang diakui di negeri ini dan kita semua hidup harmonis dalam kerangka tersebut, tetapi tentu ada kerikil-kerikil yang dapat diatasi oleh kita semuanya,” ungkap JK seperti dilansir kompas.com.

Sidang yang mengangkat tema ‘Tuhan Mengangkat Kita dari Samudera Raya’ ini terilhami dari pengalaman tragis pulau Nias yang 10 tahun lalu dilanda gempa dan tsunami yang hebat.

Tim Media Sidang Raya (SR) XVI PGI, Jerry Sumampow, menyatakan hal tersebut merupakan pengakuan iman sekaligus ucapan syukur penyertaan Tuhan yang tidak pernah meninggalkan ummat-Nya. Lanjut Jerry, PGI melihat ada empat persoalan krusial yang masih terjadi pada masyarakat dan bangsa Indonesia, termasuk gereja. keemapt hal tersebut adalah kemiskinan, ketidakadilan, radikalisme, dan bencana ekologis.

“Persoalan tersebut harus diatasi secara bersama-sama dengan seluruh komponen bangsa untuk mengamalkan kembali nilai-nilai Pancasila,” ujarnya dilansir beritasatu.com.

Acara yang rencananya berakhir Senin (17/11/14) mendatang ini akan mengambil keputusan strategis mengenai berbagai persoalan dan merancang arah gerak keesaan.

1.436 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

twenty − 1 =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>