20141118_104723

Mahasiswa Suarakan Keberagaman Via Poster

Jakarta, ICRP- Sejumlah mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) Bintaro merasa perlu untuk menyuarakan keberagaman Indonesia sebagai nilai luhur bangsa. Oleh sebab itu, mereka berinisiatif membuat poster dengan tema-tema keberagaman.

Berikut ini beberapa poster yang telah dibuat oleh mahasiswa:

Salah satu poster yang dibuat oleh mahasiswa UPJ.20141118_102611

20141118_102547 20141118_103259 

Poster ini merupakan poster yang dibuat secara singkat. Pembuatan poster ini hanya dilakukan selama kurang lebih 45 menit. Poster ini dibuat saat menjalani perkuliahan agama yang diajar oleh Ahmad Nurcholish dan Anick HT. Keduanya adalah aktivis Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) yang ditunjuk sebagai dosen dalam perkuliahan tersebut.

Ahmad Nurcholish menyebutkan tujuan pembuatan poster ini adalah untuk melatih jiwa kepedulian terhadap keberagaman di Indonesia. Jiwa kepedulian tersebut dapat disuarakan melalui media-media kreatif seperti karikatur, gambar, poster, dll.

“Selain menyalurkan bakat mahasiswa, kegiatan ini menumbuhkan semangat untuk mempromosikan keberagaman melalui media kreatif” ujar Ahmad Nurcholish.

Menurutnya, media kreatif dinilai penting untuk menyuarakan isu-isu diskriminasi di Tanah Air sebab lebih mudah untuk dipahami oleh masyarakat awam sekalipun.  Sebagai mahasiswa yang kelak memegang estafet kepemimpinan bangsa, mengenalkan dan mengajak mereka untuk kritis terhadap tindak diskriminatif memiliki nilai stratagis baik bagi diri mereka sendiri maupun lingkungannya.

“Kalau kita tidak mengajak mereka untuk  belajar mengkritisi hal-hal yang diskriminatif maka mereka bisa tumbuh menjadi generasi yang tidak peka terhadap masalah sosial-kemasyarakatan, khususnya kasus-kasus intoleransi dan diskrminasi yang masih terus terjadi,” imbuh Nurcholish.

Secara umum mahasiswa yang mengikuti kerja kelompok ini merasa senang dan menilai penting, sebab dapat mengekspresikan kritik mereka dalam bentuk poster.

“Kegiatannya asik, membuat kita respect dan menolak diskriminasi” papar Regina yang membuat poster bertema Bhineka Tunggal Ika

3.461 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

19 − 10 =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>