Jokowi dan SBY

Soal HAM, Aktivis : Jokowi = SBY, Pengecut!

JAKARTA, ICRP – Presiden Joko Widodo dinilai tidak memiliki perhatian mendalam terhadap Hak Asasi Manusia (HAM). Demikian disampaikan aktivis Serikat Jurnalis untuk Keberagaman (SEJUK) Tantowi Anwari dalam jejaring antar iman yang diterima redaksi ICRP-online.org, Rabu (10/12).

Tantowi Anwari melihat pernyataan para pembantu Jokowi menunjukan bukan hanya tidak serius, tetapi sudah melecehkan permasalahan HAM. ” Menteri kita yang bodoh ini tidak bisa sedikit berempati pada para korban dan keluarga korban,” tulis Tantowi dengan memberikan link berita berisi pernyataan menko polhukam Tedjo Eddhy.

Dalam portal berita itu, Tedjo Edhhy menggunakan bahasa yang kasar terhadap para aktivis HAM. Tedjo Eddhy berujar para aktivis HAM boleh berbicara selama masih punya mulut.

Menurut lelaki yang akrab disapa Thowik ini, presiden ketujuh Indonesia tak berbeda dengan pendahulunya, Susilo Bambang Yudhoyono. Bersamaan dengan peringatan hari HAM internasional, Thowik menyesalkan sikap Jokowi yang memandang sebelah mata isu HAM.

“Jokowi terlalu berambisi pada pembangunan ekonomi dan penegakan hukum yang populer.Untuk hak-hak sipil & politik (sipol), miskin perspektif. Apa karena pembisiknya kurang kencang atau memang dalam isu sipol ini, yang sensitif, Jokowi sama saja dengan SBY? Penakut!,” tulis Thowik melemparkan kritik keras pada pemerintahan yang baru berjalan tidak lebih dari dua bulan ini.

Selain itu, permasalahan kekerasan atas nama agama pun tak lepas dari sorotan punggawa SEJUK ini. Thowik cemas permasalahan keberagaman tak akan mengalami perubahan berarti pada periode ini. Ia berharap publik untuk mendesak mantan gubernur Jakarta menyelesaikan persoalan kekerasan atas nama agama.

“Nasib advokasi kebebasan beragama & berkeyakinan di era Jokowi bakal jalan di tempat jika terus dibiarkan gelagatnya seperti ini. Bisa jadi dalam isu ini Jokowi mengikuti gaya kepemimpinan presiden kita sebelumnya: pengecut!,” catat Thowik penuh kecewa.

662 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

2 × two =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>