Ketua Harian ICRP Ulil Abshar Abdalla Pimpin Rapat Perdana di Kantor ICRP

Gantikan Musdah Mulia, Ulil Nahkodai ICRP

JAKARTA, ICRP – Dalam musyawarah besar kelima Indonesian Conference on Religion and Peace (Mubes ICRP V) di Grha Oikumene Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI), Sabtu (24/1) diputuskan pengganti posisi Prof. Dr. Musdah Mulia selaku ketua harian. Kali ini, intelektual muda Nahdlatul Ulama Ulil Abshar Abdalla dipercayai untuk menahkodai ICRP.

Menindaklanjuti kepercayaan yang diemban, Ulil Abshar Abdalla memimpin rapat perdana pada Senin, (26/1) bersama staf di sekretariat ICRP. Dalam rapat kali pertama Ulil menyampaikan beberapa ekspektasinya dalam menggawangi ICRP. Pertama, menantu Gus Mus ini menekankan pentingnya ICRP untuk lebih menggenjot popularitasnya. “ICRP mesti lebih sering muncul di media,” ucap Ulil.

Poin kedua yang disampaikan oleh Ulil yakni ICRP mesti segera membangun komunitas yang diisi anak-anak muda. “Saya inginnya  yang datang ICRP tidak sekadar orang-orang yang sudah kita kenal tapi juga wajah-wajah baru. Ini penting sekali!” tegas Ulil. Menurut Ulil, adanya anak-anak muda penting untuk menebarkan gagasan pro kebhinekaan.

Hal terakhir yang disampaikan Ulil berkaitan ICRP mesti menanggapi positif sikap menag Lukman Hakim Saifudin. Dalam pertemuan tertanggal 21 Januari antara ICRP dengan Kemenag, Lukman Hakim Saifudin memang berjanji untuk merekatkan pemerintah dengan organisasi-organisasi yang bergerak di ranah interfaith dialogue.

“Perlu ada program riil untuk bersinergi dengan pemerintah,” ucap Ulil. tokoh yang kontroversial dengan gagasan-gagasannya ini meminta ICRP untuk segera mungkin membuat program yang bisa disinergikan dengan pemerintah dalam satu minggu ini. Demikian rapat perdana Ulil Abshar Abdalla di ICRP selaku ketua harian.

Selain memutuskan Ulil sebagai ketua harian, Mubes kelima pun menempatkan beberapa tokoh-tokoh senior dalam kepengurusan yayasan dan posisi staf di sekretariat ICRP. Prof. Dr. Musdah Mulia menduduki posisi ketua yayasan ICRP. Sementara itu Romo J.N. Haryanto, SJ dipercaya untuk memegang jabatan sekretaris yayasan ICRP dan Bapak Haris Chandra diamanati posisi Bendahara umum. Posisi Direktur Eksekutif masih dipercayai pada Mohammad Monib.

 

 

1.659 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

16 − one =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>