Menag Lukman Hakim Saifuddin ketika menyampaikan sambutan pada Kongres Umat Islam Indonesia ke-VI di Yogyakarta. (foto:dm/dm/antara).
Menag Lukman Hakim Saifuddin ketika menyampaikan sambutan pada Kongres Umat Islam Indonesia ke-VI di Yogyakarta. (foto:dm/dm/antara).

Menag Harap KUII Lahirkan Kerukunan Umat Beragama

Yogyakarta, ICRP – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengharapkan pelaksanaan Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) ke enam dapat memberikan sumbangsih berupa model kerukunan umat beragama. Hal tersebut Lukman sampaikan sesaat setelah pembukaan KUUI VI di Yogyakarta, Senin (9/2/2015).

“Saya harapkan di sini KUII bisa memberikan acuan atau panduan agar supaya kehidupan bersama bisa tetap terjaga dan terpelihara di tengah tantangan global,” kata Menteri Agama.

Lukman menegaskan meskipun Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbanyak, namun Indonesia adalah negara yang plural dengan beragam agama, suku, bahasa, dan budaya. Oleh sebab itu, hendaknya KUII VI ini juga menguatkan jaminan perlindungan terhadap seluruh agama di Indonesia.

Selain itu, Lukman juga menyampaikan, sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak, hasil kongres KUII VI ini tidak hanya dinantikan oleh warga muslim di Indonesia. Melainkan saudara-saudara muslim yang ada di luar negeri juga menantikannya. Oleh sebab itu, semoga hasil kongres ini juga menyikapi persoalan-persolan umat Islam secara global, seperti persoalan di Timur Tengah.

978 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

11 + fourteen =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>