din samsudin 1

MUI Selenggarakan Kongres Umat Islam Indonesia ke VI di Yogyakarta

Yogyakarta, ICRP – Majelis Ulama Indonesia (MUI) selama 8-11 Februari 2015 melaksanakan Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) di Yogyakarta. Kongres yang telah dilaksanakan ke enam kalinya ini mengusung tema “Penguatan Peran Politik, Ekonomi, dan Sosial Budaya Umat Islam untuk Indonesia yang Berkeadilan dan Berperadaban.” Ketua Umum MUI sekaligus penanggung jawab kongres, Din Syamsuddin menyatakan bahwa KUII VI tersebut merupakan upaya untuk menguatkan peran umat Islam.

“Kami akan membicarakan gatra bangsa, yakni politik, ekonomi, dan budaya, dikaitkan dengan ke-Indonesia-an. Jadi lebih untuk melakukan evaluasi kritis terhadap perjalanan bangsa, dan otokritik terhadap keberadaan dan peran umat Islam dalam kehidupan bangsa. Sebab, Islam dan Indonesia merupakan dua hal yang tak terpisahkan. Maju-mundurnya Indonesia akan ikut ditentukan dengan maju-mundurnya umat Islam. Dalam konteks demikianlah Kongres Umat Islam VI ini kami selenggarakan” ungkap Din Syamsudin dalam wawancara bersama Kompas (6/2/2015).

Din juga menyatakan dalam KUII VI ini ada evaluasi kritis terhadap perjalanan bangsa sekaligus otokritik terhadap umat Islam sendiri. Umat Islam sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari y bangsa, tegas Din, harusnya menjadi problem solver. Namun kini ada umat Islam yang justru menjadi problem.

“Umat Islam yang seyogianya bisa menjadi kekuatan Indonesia untuk menghadapi liberalisasi pasca reformasi, justru tidak luput dari arus itu. Padahal, arus liberalisasi, baik di bidang politik, ekonomi, maupun budaya, masuk secara deras ke Indonesia. Sementara Indonesia tak cukup siap dengan strategi kebudayaan menghadapinya. Rakyat gagap, gamang, galau menghadapi tantangan itu, sementara di dalamnya ada umat Islam” ungkap Din Syamsuddin.

826 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

14 + sixteen =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>