Merasa Difitnah, Warga Syiah Mengadu Ke Komnas HAM

Jakarta, ICRP – Beberapa warga Syiah yang tergabung dalam The Organization of Ahlulbayt for Social Support & Education (OASE) bersama kuasa hukumnya mendatangi kantor Komnas HAM, Kamis (11/3/2015) kemarin. Mereka melakukan klarifikasi atas tuduhan penculikan dan penyerangan terhadap komplek Az-Zikra, Sentul, pimpinan Arifin Ilham.

Kuasa Hukum Oase, Ferdi Irwandi menegaskan bahwa peristiwa 11 Februari 2015 lalu di komplek Az-Zikra bukanlah penyerangan atau penculikan. Sekitar 34 orang jamaah majelis ta’lim Syiah hubbul Ishlah yang berasal dari Ciledug dan Cibinong bermaksud menurunkan sepanduk yang dianggap berpotensi memecah belah NKRI.

“Namun yang terjadi selanjutnya dari upaya penurunan spanduk tersebut adalah justru penolakan dari salah seorang satpam pemukiman tersebut yaitu pak Faisal yang berujung pada perkelahian dengan dua orang jamaah HI (Hubbul Ishlah) yaitu pak Ibrahim dan pak Bagus yang selanjutnya ditengahi oleh jamaah lainnya kemudian bermaksud untuk diselesaikan di kantor kepolisian setempat (Polsek Babakan Madang)” tegas Ferdi.

Namun, Lanjut Ferdi, jamaah yang hendak mendamaikan tersebut dituduh melakukan penganiayaan dan penculikan oleh pihak Polsek Babakan Madang. Kemudian, malam itu juga jamaah dibawa ke Polres Bogor. Menurut ferdi, jemaah diperlakukan layaknya penjahat, dilucuti barang-barangnya dan dibiarkan tanpa pendampingan sebagai penasehat hukum.

“Selanjutnya, di dalam tahanan polres pun terjadi pelanggaran HAM seperti yang baru-baru ini terjadi di dalam area tahanan Polres. Mereka diborgol, dipengaruhi keyakinan agama mereka karena dinayatakan sesat, disuruh bertaubat dan sampai pada proses rukyah oleh kelompok agama tertentu yang datang dengan leluasa ke dalam ruangan tahanan” pungkasnya.

Oleh sebab itu, Ferdi didampingi dengan beberapa pengurus Oase dan aktivis keberagaman, seperti Emilia, Kang Jalal, Bonar Tigor (Setara Institute) melakukan pengaduan atas dugaan pelanggaran HAM.

 

970 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

three + 14 =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>