jusuf kalla

RI-Turki Siap Jajaki Kerjasama Halau Radikalisme Agama

Jakarta, ICRP – Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan sudah melakukan komunikasi dengan pemerintahan Turki untuk mengatasi radikalisme agama terutama gerakan Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS).

“Pertemuan dengan Turki membicarakan tentang bagaimana kita secara bersama-sama dalam menghadapi radikalisasi,” kata Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada wartawan di Tokyo, Jepang, Minggu (15/3).

Disela perhelatan Konferensi PBB ke-3 di Jepang, Sabtu (14/3/2015), Wapres menemui sejumlah pejabat termasuk Turki. Dalam kesempatan tersebut, wapres membahas mengenai kerja sama keamanan hingga saling tukar-menuar informasi, termasuk bersinergi dalam hal membantu gelombang pengungsi akibat serangan ISIS.

“Radikalisme harus dapat kita atasi bersama-sama,” katanya dan menambahkan.

Wapres mengingatkan potensi bahaya bila orang-orang radikal kembali ke negaranya seperti Indonesia. Oleh sebab itu, perlu kerjasama dengan berbagai negara untuk mengahalau radikalisme tersebut.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan pemerintah RI akan mengirim tim keamanan gabungan untuk menginvestigasi lebih dalam terkait motif enam belas WNI yang ditangkap otoritas Turki di wilayah perbatasan dengan Suriah.

851 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

2 × five =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>