Ilustrasi byepi

Umat Hindu Bersiap Nyepi, Bandara Bali Tutup 24 Jam

Bali, ICRP – Umat Hindu akan melaksanakan Hari Raya Nyepi yang jatuh pada hari Sabtu (21/3/2015). Berbagai kegiatan dilakukan masyarakat untuk menyambut Nyepi. Bandara I Gusti ngurah Rai Bali selama perayaan Nyepi menutup seluruh aktivitas penerbangan pada 21 Maret 2015 mulai pukul 06.00 Wita hingga 22 Maret 2015 pukul 06.00 Wita.

Terdapat 422 penerbangan reguler yang tidak beroperasi saat Nyepi. PT Angkasa Pura 1 Bali sebelumnya sudah melayangkan pemberitahuan dengan mengirimkan Notamn (Notice of Airman) kepada maskapai penerbangan dan bandara seluruh dunia. Namun demikian, pihak bandara tetap menyiagakan petugasnya untuk antisipasi kondisi darurat.

Sementara itu,  Warga di Kesiman Petilan, Denpasar, Bali berbondong-bondong melaksanakan bersih-bersih jalan untuk mempersiapkan Nyepi. Warga membersihkan jalanan Pantai Padangalak yang akan dijadikan ritual “Melastri Hari Suci Nyepi”. Warga juga telah mempersiapkan Nyepi dengan membuat ogoh-ogoh. Pengrajin ogoh-ogoh pun sudah mulai kebanjiran pesanana untuk perayaan Nyepi tahun ini.

Beberapa lembaga agama di Bali pun sudah mengeluarkan seruan bersama untuk menyukseskan pelaksanaan Nyepi. Seruan bersama tersebut  ditandatangani pimpinan majelis, majelis agama dan keagamaan di Bali, yang diketahui oleh Gubernur Bali, Kapolda Bali, Korem 163 Wirasatya dan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali.

Seruan bersama lintas agama tersebut juga ditandatangani MPAG Provinsi Bali, Ketut Waspada, Ketua FKAUB Bali, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bali, Keuskupan Denpasar, Walubi Bali dan Matakin Provinsi Bali. Keputusan serua bersama tersebut kemudian disosialisasikan kepada 1.480 desa adat (pekraman) dan berbagai komunitas di Pulau Dewata itu. Umat Hindu diharapkan melaksanakan ritual dengan baik, serta umat agama lain dimohon untuk menyesuaikan.

Selamat Nyepi!

935 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

two × 3 =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>