perkemahan pemuda lintas agama di manado

Indahnya Perkemahan Pemuda Lintas Agama di Manado

Manado, ICRP – 150 pemuda-pemudi lintas agama dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti perkemehan bersama di Desai Kaima, Kecamatan Kauditan , Kabupaten Minahasa, Manado. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Persekutuan gereja-gereja di Indonesia (PGI), Protestan Kerk in Netherland & Sinode AM gereja-gereja  di Sulutteng.

Kegiatan yang dilaksanakan  selama satu minggu tersebut bertujuan untuk merajut persaudaraan dan mewujudkan perdamaian dalam kebhinekaan.  Acara ini rutin dilaksanakan setiap tahun oleh Sinode Gereja di Sulutteng sebagai bagian dari pebinaan pemuda dan keberagaman.

susana pembukaan perkemahan pemuda lintas agama di manado, dihadiri para pejabat setempat

susana pembukaan perkemahan pemuda lintas agama di manado, dihadiri para pejabat setempat

Acara ini difasilitatori oleh Ahmad Nurcholish, peneliti Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) dan Alamsyah M Dja’far, peneliti the Wahid Institute.

Ahmad Nurcholish menuturkan sangat senang terlibat dalam acara ini. Menurutnya, acara seperti ini meruapakan wahana untuk menandaskan kemabali kebhinekaan kita sebagai identitas dan kekuatan kita dalam bermasyarakat dan bernegara.

“Generasi muda harus menjadi  inisiator dan pelopor gerakan persaudaraan dan Perdamaian tanpa harus kehilangan identitas primordialnya” tegasnya.

Selain diikuti oleh para pemuda lintas agama dari berbagai daerah. Kegiatan kemah lintas agama ini juga diikuti oleh Praja Institute Pendidikan Dalam Negeri (IPDN). IPDN secara resmi mengutus 23 praja dengan latar belakang agama dan asal daerah yang berbeda. Harapannya nanti ketika mereka sudah menjadi pegawai pemerintahan dapat memeberikan pelayanan publik yang setara dan nondiskriminasi.

Beberapa Praja IPDN ikut bergabung dalam perkemahan pemuda lintas agama di Manado

Beberapa Praja IPDN ikut bergabung dalam perkemahan pemuda lintas agama di Manado

 

Beberapa organisasi kepemudaan yang mengikuti perkemahan lintas agama ini adalah prganisasi pemuda GMIM, Nadhatul Ulama (NU) Sulut, GPdI, GMIST, GPIG, GKLB, GBKP, GKJ, GMIBM, GERMITA, Pemuda Mesjid Sulut,GPIBT, GMIH, GKST, Mahasiswa Muslim IPDN Kampus Sulut, Pemuda Konghucu, Mahasiswa UKIT Tomohon, UPK Kristen Unsrat, PGI Wilayah Sulselbar, Mahasiswa Hindu IPDN Kampus Sulut, Pemuda Anshor, PMII,  GKBP Bandung, GPIB Makasar, GKJW, Pemuda FKUB Sangihe, Depera PGI, Remaja Mesjid, dll.

1.826 views

One comment

  1. Muhammad Alfian Wahyu Gumelar

    Kapan program ini akan dilaksanakan lagi di 2016? Saya berminat mengikutinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

five × two =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>