Musdah Mulia1

Selalu Menyengsarakan, Musdah Mulia Minta Pelaku Nikah Sirri Diberi Sanksi

Jakarta, ICRP – Pernikahan sirri merupakan pernikahan rahasia. Pelaku pernikahan sirri tidak mencatatkan pernikahanya ke dalam dokumen resmi negara. Intelektual Muslimah, Musdah Mulia menilai pernikahan seperti ini biasanya karena ada masalah. Misalnya laki-laki sudah menikah dan dia ingin menikah lagi. Maka nikah sirri agar tidak diketahui keluarga, atau identitas salah satunya dipalsukan.

Semua nikah sirri tidak dicatatkan secara resmi, hanya memenuhi unsur agama. Menurut musdah kaidah tersebut diapakai dalam definisi Imam Syafii saja. Sebab, dalam definisi Hanafi, pencatatan pernikahan itu wajib, tidak sah tanpa pencatatan.

Lanjut Musdah, saat ini nikah sirri di masyarakat telah menjadi salah satu modus operandi kegiatan trafficking terhadap anak perempuan. Oleh sebab itu, pemerintah harus menindak tegas persoalan ini.

“Menurut saya, nikah sirri harus dihapuskan dan pelakunya dikenakan sanksi krn melanggar ketentuan UU Perkawinan yang menyebutkan kewajiban pencatatan” tegasnya.

“Nikah sirri (apa pun bentuknya) selalu membawa kesengsaraan bagi isteri dan anak. Sebab, tanpa pencatatan keduanya tidak memiliki akte legal (kekuatan hukum) untuk mendapatkan hak-haknya sebagai isteri dan anak” tegasnya.

1.204 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

2 × three =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>