Immanuel Fretes (kanan) dari Perkumpulan Pelayanan Takhta Yesus

“Perdamaian Adalah yang Diinginkan Tuhan”

JAKARTA, ICRP – Dalam kunjungan Perkumpulan Pelayanan Takhta Yesus (PPTY) ke sekretariat Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP), Kamis (16/4) ada beberapa cuplikan-cuplikan penting untuk dicatat. Selain mengutarakan persoalan yang dihadapi komunitasnya, Immanuel Fretes pimpinan delegasi dari PPTY menyampaikan pentingnya untuk mengurai kecurigaan antar umat beragama.

“Pada prinsipnya¬†kami mengenal pencipta mengasih sesama. Dengan cinta yang kuat kita bisa bersama-sama di dunia ini terlepas dari agama apapun kita,” tegas Immanuel.

Immanuel pun lebih lanjut bercerita tentang kemajemukan keluarganya. Di dalam keluarga besarnya, Immanuel mengakui tidak semua beragama kristen ada pula yang muslim. Sebelumnya, Immanuel melanjutkan, terdapat ketidakharmonisan di antara keluarga. Jujur, Ia mengakui, ada rasa saling curiga satu sama lain antar anggota keluarga. Namun, setelah seringkali melakukan dialog, Immanuel mengatakan semua menjadi lebih baik.

Berangkat dari pengalaman di keluarga, Immanuel meyakini, permasalahan intoleransi di tanah air hanya bisa diselesaikan dengan dialog. “Memang ini kerjanya seolah mission imposible. Walaupun kecil (harapan)tapi saya pikir seiring perjalanan orang bisa akan mengerti,” katanya penuh keyakinan.

Sosok yang mengaku telah mengetahui gagasan-gagasan ketua umum ICRP Ulil Abshar Abdalla sejak Sekolah Menengah Pertama (SMP) ini meyakini terlepas dari masih carut-marutnya keberagaman di tanah air, suatu hari nanti perdamaian bisa tercapai. Pasalnya, Ia percaya bahwa pesan Tuhan adalah damai.

“Untuk mencapai perdamaian ini lah yang ¬†diinginkan Tuhan, apapun agamanya!” jelasnya.

Perbincangan siang ini berlangsung tidak lebih dari sekitar satu jam. Immanuel mewakili PPTY mengatakan kesediaan untuk membantu sekecil apapun upaya-upaya menebar cinta kasih dan toleransi antar umat beragama.

980 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ten − five =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>