[FOTO] akhta Suci

Perkumpulan Pelayanan Takhta Yesus Kunjungi ICRP

Jakarta, ICRP – Sejumlah pengurus Perkumpulan Pelayanan Takhta Yesus, Kamis sore (16/4/2015) mendatangi kantor Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP). Kunjungan ini bertujuan untuk membahas persoalan intoleransi yang tidak kunjung usai, serta membahas kegiatan-kegiatan sosial masyarakat.

Immanuel de Fretes Ketua Perkumpulan Pelayanan Takhta Yesus berharap bisa belajar dari ICRP yang telah berkecimpung lama dalam aktivitas lintas antar agama dan advokasi hak kebebasan beragama di Indonesia. Immanuel hadir didampingi oleh beberapa staff Perkumpulan Pelayanan Takhta Yesus.

Dalam kesempatan tersebut, Immanuel menceritakan pihaknya sempat mengalami tindakan intoleransi dari sekelompok orang yang mengatasnamakan agama ketika dia dan rekan-rekannya hendak mendirikan kantor baru di daerah Jakarta Timur. Awalnya, Immanuel menuturkan, masyarakat dan aparat setempat menyetujui kantor tersebut. Namun, tidak berselang lama banyak warga yang protes karena nama kantornya menggunakan nama Takhta Yesus.

Rombongan ini kemudian diterima oleh Direktur Eksekutif ICRP, Mohammad Monib beserta jajaran staff ICRP, yakni Nur Habibie Rifai, Atik Muayati, Muhammad Mukhlisin, Lucia Wenehen dan Erton Vialy Arsy.

Monib menuturkan, memang gelombang intoleransi masif terjadi dengan berbagai penyebab. Namun, kebanyakan disebabkan oleh tindakan kelompok, monib menyebutnya, “preman berjubah”. Dengan dalih tertentu mereka melakukan ancaman, intimidasi bahkan kekerasan terhadap kelompok lain. Sayangnya, Monib mengatakan, pemerintah melakukan pembiayan terhadap tindakan tersebut.

Dari pertemuan tersebut, ICRP merekomendasikan, jika memang terjadi pelanggaran HAM yang dialami oleh Perkumpulan Pelayanan Takhta Yesus bisa melaporkan ke pihak-pihak terkait yang berwenang, seperti komnas HAM, kepolisian, atau LSM yang mendorong advokasi kebebasan beragama.

Ke depan, ICRP dan Perkumpulan Pelayanan takhta Yesus berharap bisa menjajaki kerjasama untuk melakukan kerja-kerja sosial di masyarakat, seperti bazar murah, penyaluran bantuan bencana alam, dll.

1.757 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

17 − 11 =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>