ISIS (karikatur)

Di Libya, ISIS Habisi 30 Kristen Etiopia

Libya kembali dihebohkan dengan sepak terjang Islamic state of Iraq and Syria (ISIS). Sebuah video yang diyakini dirilis ISIS menampakan pemenggalan dan penembakan sekitar 30 warga Kristen Etiopia di Libya.

Diwartakan Reuters, video tersebut tidak bisa diverifikasi keasliannya, namun karakteristik video ini menyerupai video eksekusi yang telah beberapa kali dirilis oleh militan ISIS.

Libya yang masih menghadapi peperangan antar kelompok dan klan memang menjadi lahan basah bagi ISIS. Selain menguasai banyak wilayah di Irak dan Suriah, ISIS memang telah menancapkan pengaruhnya di tengah konflik Libya.

Video menunjukkan pemenggalan 15 orang Kristen di pantai dan di tempat berbeda, sekelompok orang lain ditembak di kepala.

Kedua kelompok yang keseluruhannya pria tersebut disebut ISIS sebagai “penyembah salib di gereja Ethiopia.”

Para pejabat Libya belum memberikan komentar terkait peristiwa ini.

Sementara pemerintah Ethiopia mengatakan mereka belum bisa memastikan apakah orang-orang yang ditampilkan dalam video ini adalah warganya.

“Meskipun demikian, pemerintah Ethiopia mengutuk tindakan mengerikan itu,” kata juru bicara pemerintah, Ridwan Hussein.

Ia mengatakan Ethiopia, yang tidak memiliki kedutaan besar di Libya, akan membantu memulangkan warga Ethiopia jika mereka ingin meninggalkan Libya.

Kelompok militan yang berbaiat pada ISIS telah mengklaim beberapa serangan terhadap orang asing di Libya tahun ini, termasuk serangan di Hotel Corinthia di Tripoli dan pemenggalan 21 warga Kristen Mesir pada Februari lalu.

(sumber : CNN Indonesia)

1.392 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

19 − eighteen =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>