Buku Islam peduli satwa. Menjadi bahan ajar di beberape pesantren di Jawa Timur. Sumber: BBC.CO.UK
Buku Islam peduli satwa. Menjadi bahan ajar di beberape pesantren di Jawa Timur. Sumber: BBC.CO.UK

Selamatkan Satwa Dengan Agama

ICRP, Jakarta – Penyelundupan satwa liar semakin hari semakin mengkhawatirkan, organisasi konservasi WWF menyatakan setidaknya 60 gajah ditemukan mati akibat perburuan gading oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sementara itu, organisasi ProFauna Indonesia menyatakan masyarakat harus tersu menerus diajak turut serta menjaga satwa, terutama satwa yang dilindungi. Salah satunya dengan ajaran agama.

Rosek menuturkan, dengan agama masyarakat lebih bisa menerima apa yang disampaikan, apalagi dalam agama diajarkan bagaimana menjaga alam. ProFauna melakukan pelatihan terhadap anak muda yang ingin menjadi penjaga satwa, yang mereka sebut sebagai Rangers.

Para Rangers dibekali dengan bela diri dan ajaran agama terkait perlindungan satwa. Latihan bela diri dilaksanakan diperbukitan Bromo, Tengger, Semeru, Jawa Timur. Latihan ini diperlukan untuk mengantisipasi intimidasi dari para pemburu.

“Pelatihan ini dilakukan untuk mencegah perburuan binatang di kawasan konservasi alam, karena kawasan konservasi alam sangat luas dan penjaga hutan sedikit sementara kasus perburuan satwa cukup banyak. Kami membantu kekosongan untuk melatih rangers yang bekerja secara suka rela,” kata Rosek seperti dilansir bbc.co.uk.

Pelatihan ini bisa dibilang berhasil. Tahun kemarin 30 rencana perburuan satwa dikawasan konservasi berhasil digagalkan. Meskipun begitu, Rosek mengakui upaya peningkatan kesadaran menjaga satwa melalui ajaran agama ini memerlukan waktu agak lama supaya benar-benar mengurangi angka perburuan satwa.

Buku Islam Peduli Satwa

Penyulundupan burung kakak tua yang berhasil digagalkan oleh pemerintah.

Penyulundupan burung kakak tua yang berhasil digagalkan oleh pemerintah.

Tahun lalu, Mejelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa seruan kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kelestarian alam dan melindungi satwa dengan menjaga habitat dan menekan perdagangan gelap.

Selain itu, di beberapa pesantren di Jawa Timur telah mengajarkan perlindungan satwa melalui kelas-kelas khusus. Mereka pun menggunakan buku khusus yang diberi judul “Islam Peduli Satwa”

Buku “Islam Peduli Fauna” ini digagas oleh ProFauna Indonesia bekerja sama dengan pesantren Al-Hikam Malang dengan dukungan dari Animalia Foundation dan CIWF. Dalam buku ini terdapat ajaran-ajaran menjaga lingkungan dengan materi yang mudah difahami. Adapun kontenya sebagian besar diambil dari kisah-kisah dalam al-Quran dan Hadits, serta kisah-kisah teladan.

Buku “Islam Peduli Satwa” dapat diunduh secara dratis di websitenya Profauna.net

749 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

twenty + 13 =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>