Pdt. Albertus Patty

Agama Jadi Solusi Semua = Hidup dalam Ilusi

JAKARTA, ICRP – Munculnya intoleransi kerap kali dikaitkan dengan menguatnya agama dalam kancah politik di suatu negara. Kata Desekularisasi yang sempat ditenarkan oleh Peter L. Berger ini menjadi wacana awal yang diutarakan Pendeta Albertus Patty dalam diskusi di sekretariat Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP), Jumat (8/5).

“Orang hidup dalam ilusi dimana  agama menjadi semua solusi. Seolah ketika diagamakan semua masalah lalu selesai,” ujar tokoh lintas iman dari protestan ini.

Menurut salah satu ketua Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) ini kondisi psikologis umat beragama yang demikian menebarkan benih intoleransi. “Ketika masyarakat berpikir bahwa agama menyelesaikan semua masalah maka muncul kekerasan dan penindasan baru,” ujar Pdt. Albertus Patty.

Pendeta yang dikenal cukup humoris ini menilai penting bagi umat beragama untuk keluar dari sekat-sekat primordial seperti agama dan etnis.

Albertus Patty juga menyinggung hubungan monoteisme dengan kekerasan. Menurutnya kekerasan telah mencederai monoteisme. “Saat kekerasan terjadi maka tidak ada lagi monoteisme melainkan machiavellianisme,” katanya.

Albertus Patty menduga meski para pelaku kekerasan atas nama agama menggunakan ayat-ayat suci namun, mereka telah mengabaikan pesan inti dari Tuhan. “Mereka sudah lupa pada God of Compassion,” sesal Albertus Patty.

“kalau kita percaya pada God of Compassion maka kita akan melihat semua manusia sebagai ciptaan Tuhan yang maha kasih,” sambungnya.

Berkenaaan dengan konstitusi, Albertus Patty melihat Indonesia memiliki kejanggalan. “Kita melihat UUD sudah ok namun ketika diimplementasikan  pada UU justru ada gap yang sangat besar. Disana ada pengaruh agama yang amat primordialistik.

Dalam bedah buku kali ini, selain mengundang Albertus Patty ICRP juga turut mendaulat tim penyusun buku Budhy Munawar Rachman. Ruang diskusi ICRP nampak padat. Beberapa peserta diskusi bahkan terpaksa dudut di luar ruangan.

1.600 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

1 + 12 =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>