ACRP di Bandung

Di Bandung, Tokoh Agama Se-Asia Galang Kampanye dan Advokasi Perdamaian

Bandung, ICRP – Asian Conference on Religions for Peace (ACRP), lembaga yang terdiri dari para tokoh agama se-Asia, melaksanakan pertemuan di Bandung, Jawa Barat, Rabu (3/5/2015). Pertemuan tersebut membahas  anti kekerasan ekstrim berdasarkan agama.

Sebanyak 60 tokoh agama mewakili 20 negara Asia mengikuti seminar internasional bertema “Asian Multi-religious of Action to Overcome Violent Religious Extremism” yang di gagas ACRP. Seminar ini dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Din Syamsuddin, Presiden Moderator Asian Conference of Religions for Peace (ACRP) menyatakan kegiatan ini adalah kegiatan rutin tahunan. Adapun tahun ini, Bandung menjadi tuan rumah perhelatan organiasasi tokoh agam se-Asia ini.

“Pertemuan ini untuk mengatasi kekerasan ekstrim yang berdasarkan agama, kami merumuskan visi, misi danprinsip dasar organisasi serta action plan yang kami anggap penting untuk mewujudkan tujuan kami itu,” ujar Din Syamsuddin

Tokoh agama ini merasa prihatin dengan kondisi kekerasan ekstrim yang belakangan ini terjadi, seperti persoalan Rohingya. Di akhir pertemuan, tokoh agama ini mengeluarkan statemen menolak kekerasan ekstrim berdasarkan agama.

“Gerakan ini akan dilakukan melalui kegiatan advokasi dan kampanye, karena agama dimana pun tentu antikekerasan,” pungkas Din Syamsuddin, seperti dilansir Pikiran Rakyat.

902 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

7 + 17 =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>