Pdt. Albertus Patty

Ketua PGI : Inti Ajaran Agama-Agama adalah Cinta

JAKARTA, ICRP – Ketua Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) Pdt. Albertus Patty mengapresiasi penulisan buku “Agama Cinta”. Buku yang ditulis oleh Achmad Nurcholish dan Alamsyah M. Djafar ini, kata Albertus Patty, memberikan kontrilbusi bagi semangat kebangsaan.

“Buku Agama Cinta patut diapresiasi karena kedua orang ini menulis di saat orang-orang pusing melihat ISIS,” celoteh pendeta yang humoris ini di lantai 2 Gramedia Matraman, Jakarta Timur, Kamis (12/6).

Menurut Albertus Patty buku Agama Cinta memang patut dihadirkan ke tengah umat kini. Pasalnya, kata Albertus Patty, agama-agama kini dilekatkan dengan kekerasan. Pada launching buku Agama Cinta, Albertus Patty memaparkan beberapa pandangan tokoh sekelas Samuel P. Huntington yang acapkali cukup tajam mengkritik agama-agama.

“Sementara orang pada takut dengan agama, ketika ramai konflik antar umat beragama, ini malah nulis agama cinta…apa penulis gak pada iseng?,” celotehnya sambil  mengangkat buku agmaa cinta dengan tangan kanan.

Karena itu, sosok yang telah lama bergelut di toleransi umat beragama, sekali lagi mengapresiasi kerja kedua sosok muda Nahdlatul Ulama itu.

Pdt. Albertus Patty juga menilai umat beragam perlu wajah agama yang manusiawi dan memanusiakan manusia. “(kita butuh) agama yang ketika melihat penindasan hadir dengan wajah agama yang penuh rasa cinta kemanusiaan,”

Ketua PGI ini meyakini pada dasarnya inti ajaran semua agama adalah cinta. “Kalau kita gali dari tiap agama bisa kita temukan ajaran utama dari agama-agama yakni cinta…kalau kita kritis membaca teks-teks agama maka bisa dipastikan kita akan menemukan cinta,” ujarnya

Di Kristen, sambung Albertus, ada lima jenis cinta. “Yang pertama adalah cinta pada diri sendiri, lalu pada keluarga, ketiga pada orang-orang yang satu agama atua etnis, keempat cinta pada yang berbeda, lalu yang tertinggi adalah cinta bahkan pada orang yang memusuhi,” ungkap Albertus malam di hadapan 50 peserta bedah buku.

Albertus Patty meyakini agama cinta bukanlah sebuah ilusi. “Agama cinta bukanlah ilusi kita bisa lihat dari sosok seperti Gus Dur, Syafii Maarif, Nelson Mandela dan lainnya. Merekalah orang-orang yang sudah menyelami kedalaman agama yakni cinta,”

1.785 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

4 + 10 =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>