Lukman Hakim Saifuddin Foto
Lukman Hakim Saifuddin Foto

Kantor Urusan Agama Banyak Pungli dan Gratifikasi, Menag Cari Solusi

Jakarta, ICRP – Banyak pungli dan gratifikasi yang terjadi di Kantor Urusan Agama (KUA). Kantor yang melayani proses pernikahan umat Islam tersebut sesuai  PP 47 dan PMA 24 menyatakan pernikahan atau rujuk yang dilakukan pada jam kerja dan berlokasi di KUA tak dipungut biaya atau gratis. Sedangkan pelaksanaan di luar jam kerja dan di luar KUA dikenakan biaya Rp 600 ribu yang langsung dibayar melalui bank ke Bendahara PNBP Kementerian Agama. Namun kenyataannya masih ada masyarakat yang membayar lebih dari Rp. 600 ribu.

Menteri Agama, Lukman Hakim Syaifuddin menyatakan, penghulu KUA yang melayani proses pernikahan dan rujuk adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS). Mereka tidak boleh menerima gratifikasi dalam menjalankan tugas baik dalam bentuk uang atau barang. Oleh sebab itu, Lukman menegaskan perlu pemahaman kepada masyarakat agar menghentikan tradisi pemberian uang atau barang dalam pelaksanaan pernikahan.

Kementrian Agama pun telah mengeluarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 24 Tahun 2014 tentang biaya pernikahan dan rujuk. Dan untuk mengurangi dan menghilangkan praktik gratifikasi Kementrian Agama telah membuat Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKah). SIMKah ini memuat semua data calon pasangan yang akan menikah secara lengkap, nama penghulu, waktu dan lokasi pelaksanaan pernikahan dan rujuk. SIMKah ini digadang akan terintegrasi keseluruh KUA di seluruh Indonesia.

Kedepan, SIMKah ini akan disinkronkan dengan data-data kependudukan di Kementrian Dalam Negeri. Hal ini akan sangat membantu dalam mencegah kejahatan yang berkaitan dengan proses pernikahan, seperti pemalsuan data pernikahan.

Selain membuat SIMKah ini, untuk mencegah pungli dan gratifikasi, Menteri Agama telah mengajak Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, dan KPK menggelar rapat koordinasi, Kamis (25/6/2015) kemarin. Dia berharap kedepan tidak ada lagi gratifikasi dan pungli, serta meminimalisir tindakan kejahatan terkait pernikahan.

1.641 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

3 + ten =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>