bpjs

Soal BPJS, NU Tak Sejalan dengan MUI

ISU bahwa Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) haram setelah Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyebut lembaga yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial di Indonesia itu tidak sesuai syariat Islam mengundang kontroversi di masyarakat.

Berbeda dengan pendapat MUI, organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU) justru menyebut BPJS sejalan dengan syariat Islam.

Keputusan NU tersebut diambil dalam proses istinbath (menggali hukum syari’ yang belum ditegaskan secara langsung oleh Al-Quran atau Hadits dengan tetap berada di atas kendali Al-Quran dan Hadits  itu sendiri) dalam sidang Komisi Bahtsul Masail yang digelar di arena Muktamar NU ke-33 di Pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang, Jawa Timur, 3 Agustus 2015.

Menurut NU, BPJS jelas tidak haram karena masuk dalam kategori Syirkah Ta’awun (tolong menolong). Bukan seperti asuransi konvensional yang tujuannya untuk mencari untung atau profit.

“BPJS itu bukan asuransi yang menjadi dasar dari fatwa haram MUI. BPJS tergolong dalam konsep Syirkah Ta’awun yang sifatnya gotong royong atau saling membantu,” tutur salah satu pimpinan sidang Komisi Bahtsul Masail, KH Asyhar Shofwan.

Dilanjutkannya, BPJS sebagai Syirkah Ta’awun tidak bisa dikategorikan sebagai asuransi yang tujuannya untuk mencari profit.

“Kecuali asuransi yang dilakukan pemerintah seperti Jasa Raharja. Itu sifatnya santunan,” tuturnya.

Namun sedikitnya 3 hal yang direkomendasikan NU terhadap program-program semacam itu. Pertama, tidak ada pemaksaan di dalam keanggotaan maupun pembayaran premi, status miskin harus selalu diupdate, dan pemerintah harus mensosialisasikan ke masyarakat tentang semangat kegotong-royongan di dalam BPJS.

 

(sumber : Tabloid Bintang)

1.822 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

20 − nine =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>