agama

Akankah Spiritualitas dan Agama Lenyap?

Pengkaji sejarah kristen asal Uwak Sam Diana Butler Bass menolak pandangan bahwa religiusitas masyarakat dewasa ini menurun. Melainkan, menurut Butler, religiusitas telah mengalami transformasi. Pandangan Butler menjadi semacam sanggahan atas temuan dari pew research mengenai religiusitas masyarakat Amerika Serikat.

“Saya kira ke depan kita akan menyaksikan peningktan spiritualitas sekularisme. Yang mana hal ini tidak selalu berasal dari tradisi klasik agama-agama, tapi kita mulai melihat hal itu,” kata Diana Butler dalam sebuah talkshow di huffingtonpost.com yang diunggah, Kamis (5/11).

Menurut perempuan yang menyuarakan semangat progresitivitas di dunia kristen ini, yang dimaksud dengan spiritualitas sekularisme adalah kecenderungan untuk  hidup tanpa bertuhan namunlebih humanis dan sangat memperhatikan hal-hal mengenai keadilan dan etika. Dari sana, Ia melihat pula banyak kalangan sekular dan humanis juga menemukan keagungan dalam transendensi mistikal dari musik, puisi-puisi yang indah, atau filsafat.

“Keindahan yang diciptakan oleh manusia (musik, puisi, filsafat) menjadi semacam sumber, seperti halnya injil bagi umat kristen dan torah bagi yahudi, yang menjadi teks suci bagi kalangan sekular-humanis,” ujar Butler

“Dari sana kita bisa melihat semacam spiritualitas di masa depan,” sambungnya.

Lebih lanjut, Butler menyatakan lahirnya spiritualitas semacam ini tidak perlu ditabrakan dengan spiritualitas yang berasal dari agama-agama klasik. Bahkan, menurutnya  baik dari spiritualitas sekular maupun tradisi agama-agama klasik perlu untuk saling bahu-membahu ke depan untuk menciptakan dunia yang lebih baik.

“Karena Tuhan tak perlu juga untuk dinamai…Saya pikir kita bisa saling membantu dalam “perjalanan” ini untuk menciptakan dunia yang lebih baik bagi kita bersama,” pungkasnya.

 

1.300 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

7 − 6 =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>