tatto cherry

Tato Punya Sisi Religiusitas?

Di tanah air, seringkali tato dipersepsikan dengan sesuatu yang negatif. Terutama, bagi sejumlah kalangan yang mengidentikan diri dengan religiusitas, tato kerap jadi tolak ukur baik dan buruk seseorang. Jika memakai tato dinilai orang yang buruk secara sosial, sementara yang tidak sebaliknya.

Pada era “Petrus” tato pun seolah menjadi hal yang amat menyeramkan. Pasalnya, korban-korban “Petrus” ini seringkali memiliki tato.

Namun, tahukah kita bahwa ada sejumlah tato yang memiliki makna religius? Mari kita lihat contoh-contoh tato “religius” itu.

1. Tato Terataitato lotus

 

Teratai merupakan simbol yang memiliki “daya” di agama-agama asia. Tanaman tropis yang biasanya tumbuh di rawa-rawa dan berair itu tumbuh menjadi  bunga yang harum. Karena kemurniannya, banyak dewa-dewa hindu  digambarkan tengah duduk di bunga teratai atau menggengam bunga itu di tangan mereka. Di dalam agama Budha, bunga teratai yang merekah menggambarkan pencerahan.

 

 

 

2. Tato Pohon 

tatto cherry

Pepohonan merupakan pengingat suci terkait keterhubugan dengan seluruh kehidupan. Pephonan menjadi simbol kekuatan dan ketahanan kala menghadai badai. Namun, pada sisi lain pephonan juga menjadi tempat berteduh dan nutrisi bagi mereka yang mencari perlindungan.

Di sejumlah agama, pohon kehidupan memiliki makna kehidupan yang abadi. Umat Budhist meyakini Siddhartha Gautama mendapatkan pencerahan setelah melakukan mediasi di bawah pohon bodhi.

 

3. Triquetra

triquetra

Triquetra atau yang juga dikenal Trinity Knot merupakan simbol dari Nordic dan Celtic yang memiliki akar tradisi dari paganisme. Kaum pagan percaya bahwa gambar ketiga bentuk yang saling mengunci itu berhubungan dengan keterkaitan antara daratan, lautan, dan langit. Bagi umat Kristen Triquetra  menggambarkan trinitas yakni Tuhan Bapak, Tuhan Anak dan Roh kudus sebagai satu kesatuan. Triquetra juga menggambarkan keabadian.

 

 

Ada juga sejumlah tato lain yang memiliki makna mendalam terhadap religiusitas. Nah, karena itu daripada bersikap nyinyir pada orang yang bertato, mungkin ada baiknya kita juga memahami filosofi atau makna yang digunakan.

Siapa tahu yang bertato bukan hanya orang yang gemar dengan tindakan-tindakan negatif.

 

(sumber : huffingtonpost.com)

3.323 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

4 + eight =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>