July 25, 2024
aplikasi whatsapp.| Unsplash.com

aplikasi whatsapp.| Unsplash.com

ICRP Online- Aplikasi whatsapp merupakan salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk berkomunikasi. Bahkan aplikasi ini selalu melakukan upgrade ke versi yang lebih baik. Menariknya saat ini tersedia whatsapp bisnis yang sangat penting untuk bisnis.

Melalui whatsapp bisnis, pengguna dapat melakukan beberapa hal seperti mengatur profil bisnis hingga mengatur layanan yang disediakan. Hal inilah yang menyebabkan banyak pengusaha menggunakan whatsapp bisnis untuk membangun usahanya.

Fitur yang Terdapat di Aplikasi WhatsApp Bisnis

Pengguna Baru yang belum mengetahui fitur whatsapp bisnis, dapat mempelajarinya dari berbagai sumber. Hal ini bertujuan agar bisnis yang dijalankan dapat menarik perhatian banyak masyarakat. Berikut fitur menarik yang terdapat di whatsapp bisnis:

1. Fitur Aplikasi WhatsApp untuk Mengatur Profil

Saat menggunakan fitur ini, pengguna dapat mengatur semua informasi tentang bisnis. Menariknya pengguna juga dapat mengatur tentang jam buka layanan. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi pengusaha. Melalui fitur ini, pengusaha juga bisa membangun kepercayaan dari calon pelanggan.

2. Centang Hijau

Apabila whatsapp bisnis telah terverifikasi, maka akan muncul centang hijau pada akun tersebut. Fitur ini sangat penting bagi suatu bisnis, sebab fitur ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat. Sehingga masyarakat bisa mempercayai usaha yang ditawarkan.

3. Katalog

Pada saat membuka bisnis online, seperti online shop pengusaha bisa menggunakan fitur ini. Katalog memudahkan pengusaha untuk menawarkan bisnisnya, sehingga calon pembeli bisa mengetahui barang apa saja yang disediakan oleh jasa tersebut. Menariknya, pengusaha juga bisa mencantumkan harga dari jasa yang ditawarkan.

4. Pesan Otomatis

Saat menjalankan bisnis, otomatis Kamu tidak bisa online selama 24 jam. Namun, hal ini bisa diatasi dengan pesan otomatis. Fitur ini memudahkan pengusaha untuk membalas pesan dari pelanggan, bahkan pelanggan bisa mendapatkan beberapa informasi melalui fitur ini. Misalnya, saat kamu menjual kue ulangtahun dan tidak beropersional, maka dapat langsung memberitahukan bahwa toko sedang tutup.

5. Jam Kerja

Whatsapp bisnis tentu sangat berbeda dengan aplikasi whatsapp biasa. Terlebih pengguna dapat mengatur jam kerja, pada saat menggunakan whatsapp bisnis. Saat memasuki jam kerja, akun whatsapp akan muncul status online. Sebaliknya, jika tidak pada jam kerja maka status yang muncul adalah offline.

6. Terintegrasi dengan Aplikasi Lain

Pada saat menggunakan whatsapp bisnis, Kamu dapat menghubungkan berbagai aplikasi atau saluran komunikasi. Melalui fitur ini, pengguna dapat membalas pesan dari pelanggan melalui beberapa aplikasi dengan waktu yang cukup singkat. Bahkan fitur ini juga akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap suatu bisnis.

7. Laporan

Fitur laporan memudahkan pengguna untuk melihat laporan kegiatan dan statistik secara detail. Melalui fitur ini, pengusaha juga dapat memantau pencapaian seluruh tim. Hal inilah yang menyebabkan banyak perusahaan besar, selalu menggunakan whatsapp bisnis untuk mengembangkan usahanya.

Manfaat Fitur pada WhatsApp Bisnis

Tujuan utama dari fitur whatsapp bisnis adalah memudahkan atau mempercepat aktivitas yang berkaitan dengan bisnis. Melalui fitur-fitur tersebut, pengguna bisa lebih fast respon dalam melayani pelanggan. Selain itu terdapat beberapa manfaat dari fitur whatsapp bisnis,yakni:

  • Mempercepat follow up pelanggan
  • Mempermudah proses pembayaran pesanan
  • Informasi dapat diberikan kepada pelanggan dengan mudah dan cepat
  • Lebih mudah saat berinteraksi dengan pelanggan
  • Bisnis lebih mudah dikenali
  • Pelanggan bisa mengetahui jam operasional dari jasa yang akan digunakan
  • Mendapatkan kepercayaan yang lebih banyak dari pelanggan

Berbagai macam fitur dari aplikasi whatsapp bisnis tersebut, cukup bermanfaat bagi suatu usaha. Hal inilah yang menyebabkan banyak pengusaha menggunakan whatsapp bisnis, untuk mengembangkan usahanya. Terlebih fitur-fitur tersebut sangat mudah untuk dipahami dan digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *