February 26, 2024
Manfaat baby spa.| Unsplash.com

Manfaat baby spa.| Unsplash.com

ICRP Online- Baby spa merupakan perawatan yang diperuntukan khusus untuk bayi yang menggabungkan pijat dengn kegiatan spa. Selain itu, pada sesi pertama nanti bayi akan berenang atau berendam pada kolam khusus dan tentunya keamanannya terjamin. Kemudian sesi kedua, bayi akan dipijat oleh seorang terapis yang terlihat dengan durasi beberapa menit.

Manfaat Baby Spa Bagi Anak

Kegiatan ini tentunya aman untuk bayi ikuti karena tenaga ahli yang menangani, peralatan, sampai dengan perlengkapan yang digunakan itu aman untuk si kecil. Adapun manfaat yang akan bayi rasakan antara lain!

1.      Dapat membantu membangun  kepercayaan diri

Memperkenalkan air pada usia dini ke anak-anak ternyata dapat membantu perasaan takut akan air di kemudian hari. Pasalnya, rasa takut terhadap air seiring berjalannya waktu akan berkembang pada kemudian hari.

Sehingga dengan melakukan beberapa latihan melibatkan gerakan secara mandiri saat di dalam air, tentunya memiliki dampak bagus bagi si kecil. Salah satunya yaitu membangun rasa percaya diri pada anak karena sudah terbiasa dan bersentuhan dengan air.

2.      Mendukung perkembangan dan kesehatan bayi

Manfaat yang akan bayi rasakan selnajutnya yaitu kondisi kesehatan maupun perkembangannya dapat terbantu dengan baik. Hal ini karena saat bayi melakukan baby spa secara tidak langsung hal tersebut dapat memperkuat paru-paru maupun jantung anak. Hal tersulit didukung oleh sebuah jurnal ilmiah yang judulnya, ” Baby Spa Effect on Growth”.

Dimana hal tersebut telah  Journal Applied Science publikasi yang menyatakan bahwa baby spa membantu perkembangan otak. Bahkan dapat merang kelima indra. Baik itu Indera sentuhan, suara, penglihatan, penciuman, maupun rasa.

3.      Membantu meningkatkan kekuatan anak

Melalui aktivitas yang bayi lakukan dalam air pada saat baby spa itu akan melatih otot-otot bagi untuk bekerja lebih efektif. Baik itu saat melakukan aktivitas di dalam air maupun non-air.  Bahkan hal tersebut pun telah diungkapkan pada salah satu jurnal yang sage journals publikasikan.

Dalam jurnal ada bahasan yang menjelaskan mengenai adanya kontak dengan air pada kelahiran dapat menjadi sebuah pengalaman penting untuk perkembangan bayi. Hal ini diketahui dapat menunjang peningkatan kemampuan kognitif mencakup memori kerja, kinerja otot meningkat, dan pengambilan objek.

4.      Keseimbangan otot meningkat

Aktivitas yang anak lakukan saat melakukan spa bayi ternyata dapat membantu untuk membuat keseimbangan otot meningkat. Sehingga tulang berada di posisi yang tepat dan mengurangi kekencangan otot.

Hal ini karena ketika otot terlalu kencang dapat menarik tulang anak sehingga posisinya tidak sejajar. Dengan adanya pijatan pada bayi, maka hal ini dapat membantu postur bayi untuk memperbaikinya sejak dini. Dengan begitu, tumbuh kembang dari bayi menjadi jauh lebih baik seiring bertambahnya usia pada bayi.

5.      Meningkatkan mood positif pada anak

Manfaat selanjutnya yang akan dirasakan oleh anak yaitu mood nya menjadi lebih bagus dan menurunkan resiko terkena stress. Hal ini karena pada sesi berendam dengan air hangat, bayi menjadi lebih rileks. Bahkan dapat membuat nafsu makannya meningkat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini, membantu anak untuk menjadi jauh lebih tenang dan menjadikan suasana hatinya bagus.

Bahkan dapat membantu untuk memperbaiki pola tidur dan membuatnya tidak mudah menangis. Namun, meskipun begitu, anak tidak boleh terlalu sering mandi menggunakan air panas karena dapat menyebabkan kulit rusak.

6.      Menyehatkan sistem pencernaan

Manfaat lain dari kegiatan spa khusus bayi ini yaitu dapat membantu pencernaan anak menjadi lebih sehat. Bisa juga membantu untuk meredakan sembelit dengan cara mengeluarkan feses maupun gas. Saat di spa, terapis akan memijat bayi sesuai dengan aturan yang berlaku sehingga aman bagi anak.

Hal tersebut pun ternyata dapat membuat resiko terkena sindrom iritasi pada usus besar menurun. Selain itu, kegiatan tersebut pun mampu membuat bayi menjadi lebih rileks sehingga dapat mengurangi stress yang terjadi pada anak.

Manfaat spa baby yang nantinya akan rasakan antara lain adalah sistem pencernaan menjadi sehat, mampu meningkatkan mood anak, meningkatkan keseimbangan otot, dan lain sebagainya. Selain itu, ternyata spa ini pun dapat membantu stimulasi sensorik maupun menurunkan ketegangan otot pada anak bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *