April 15, 2024
Konsultasi dokter gigi.| Unsplash.com

Konsultasi dokter gigi.| Unsplash.com

ICRP Online- Konsultasi dokter gigi adalah salah-satu rangkaian kegiatan yang biasanya selalu ada di event BKGN (Bulan Kesehatan Gigi Nasional). Tahun lalu kegiatan BKGN ini kembali digelar dengan mengangkat tema “Pulih Bersama dengan Senyum Sehat Indonesia” yang melibatkan beberapa lembaga resmi. Seperti pepsodent dari PT. Unilever Tbk, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), dan Kemenkes RI.

Apabila kamu tertarik dan ingin memeriksa bagaimana keadaan gigimu, maka ikutilah rangkain kegiatan BKGN tersebut. Kamu dapat mencari informasinya di media sosial resmi Kementrian Kesehatan RI dan brand Pepsodent. Adapun hal-hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu jika berencana berkonsultasi gigi yuk simak di sini pembahasannya.

Konsultasi Dokter Gigi

Konsultasi dokter gigi termasuk sesi konseling yang harus kamu pahami mengenai kesehatan organ satu ini.  Pasalnya dampak dari sakit gigi akan sangat fatal bagi kamu yang mengalami, salah-satunya menyebabkan mogok makan. Sehingga slogan “lebih baik sakit hati daripada sakit gigi” akan terasa benar adanya. Namun, simak ini dulu yuk jika sebelum kamu melakukan konsultasi :

1. Mengatur Jadwal Konsultasi

Sebelum melakukan konsultasi bersama dokter gigi kamu harus sudah mengetahui kapan waktunya dan di mana tempatnya, baik secara online maupun offline. Kamu dapat mencari informasi terkait hal ini dari internet atau bertanya kepada teman. Contohnya, konsultasi dokter gigi gratis di rangkaian event BKGN.

Kamu dapat melakukan konsultasi secara daring (online) melalui program Tanya Dokter Gigi. Caranya dengan melakukan scan QR Code yang terdapat pada kemasan pasta gigi Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang ukuran 190 gr untuk ketentuan tahun lalu. Sementara untuk konsultasi secara kamu bisa mendatangi 28 Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) dan Rumah Sakit Gigi Mulut (RSGM) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Namun, ketika kamu melakukan konsultasi secara mandiri langsung ke dokter pastikan mengingat jadwal prakteknya. Jangan lupa juga untuk menyampaikan apa keluhan gigimu dengan benar dan foto kondisinya jika kamu memilih berkonsultasi online menggunakan aplikasi.

2. Mengenali Jenis Rasa Sakit Gigi

Hal selanjutnya yang perlu kamu pahami juga sebelum melakukan konsultasi adalah mengenal jenis rasa sakit gigi. Tujuannya agar kamu tahu informasi yang tepat dan sesuai untuk menangani permasalahan gigimu seperti menangani karang gigi dan berlubang.

Cara membersihkan gigi ini pun sebenarnya ada berbagai macam, tetapi hal yang paling mudah kamu lakukan di rumah adalah menggosok gigi dua kali sehari dan melakukan flossing gigi. Selain itu, kurangi mengkonsumsi makanan manis dan merokok untuk mencegah mudahnya karang gigi.

 3. Scaling Gigi

Scaling termasuk hal yang harus kamu pahami sebelum melakukan konsultasi sebagai pilihan cara membersihkan gigi dengan menggunakan sebuah alat yang disebut dengan scaler. Cara yang satu ini akan cukup membantu kamu merawat gigi dengan baik karena berkat kemajuan teknologi. Apalagi sekarang sudah ada alat ultrasonic scaler juga yang dapat membantu perawatan gigi menggunakan metode serupa.

Hal ini karena, membersihkan gigi dengan cara scaling dapat menggapai sela-sela terdalam terdalam yang tidak mungkin dijangkau sikat biasa secara maksimal. Orang-orang biasanya melakukan scaling minimal 6 bulan sekali dalam rangka mencegah kerusakan serius akibat karang gigi. Alasannya, karena dengan scaling ini kamu juga dapat mencoba merasakan manfaatnya sendiri seperti

  •     Mencegah gigi berlubang karena plak yang disebabkan oleh asam berlebih.
  •     Mencegah terjadinya keadaan periodontitis.
  •     Mengurangi resiko pembengkakan jaringan yang menyebabkan pendarahan pada gusi atau mulut.

Konsultasi dokter gigi kemungkinan menjadi hal jarang bagi kebanyakan orang. Sebaiknya sebelum kamu melakukan konseling sangat direkomendasikan untuk mengatur jadwal, mengenali jenis rasa sakit gigi, dan metode scaling terlebih dahulu. Selain itu, kurnagi pula mengkonsumasi kuliner yang memiki rasa manis atau sesuai anjuran dokter. Sehingga rasa sakitnya dapat segera dokter atasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *