June 21, 2024
Jenis Fisioterapi.| Unsplash.com

Jenis Fisioterapi.| Unsplash.com

ICRP Online- Fisioterapi adalah layanan kesehatan berupa perawatan menggunakan terapi fisik. Di mana fungsinya termasuk upaya mengembangkan, memelihara, dan memulihkan gerak menggunakan modalitas, agen, mekanis, dan komunikasi komunikasi fisik.  Selain itu, terapi ini sendiri sering dibutuhkan oleh mereka yang mengalami cedera dalam membantu memulihkan rasa sakitnya.

Hal ini karena, terapi fisik biasanya bisa menjadi solusi untuk mencegah cacat dan mengurangi risiko cedera di kemudian hari. Apabila seorang fisioterapis mendapat pasien yang mengalami cedera serius, ia biasanya akan bekerja sama dengan dokter dan profesional kesehatan lainnya. Adapun untuk jenis dari terapi fisik ini antara lain adalah sebagai berikut!

Jenis Fisioterapi

Terapi fisik sama seperti praktik atau metode medis lainnya yang juga memiliki berbagai jenis penangan dalam menangani beberapa kondisi, meliputi :

1.      Terapi fisik ortopedi

Terapi yang berkaitan dengan penanganan cedera muskuloskeletal terkait otot, tulang ligamen, fasia, dan tendon. Jenis penangan terapi ortopedi cocok digunakan untuk kondisi seperti patah tulang, keseleo, tendinitis, bursitis, dan masalah medis kronis lainnya.

Biasanya orang yang baru pulih dari operasi ortopedi dapat melakukan rehabilitasi dengan metode ini. Mulai dari mobilisasi sendi, terapi manual, latihan kekuatan, pelatihan mobilitas dan modalitas lainya yang termasuk rangkaian pengobatannya.

kunjungi juga : jasa fisioterapi profesional terdekat

2.      Terapi fisik geriatri

Terapi geriatri biasanya digunakan untuk membantu pasien lansia yang memiliki gangguan mobilitas dan fungsi fisik. Berkenaan dengan penyakit osteoporosis, alzheimer, penggantian pinggul dan sendi, gangguan keseimbangan, hingga inkontinensia. Dimana intervensi terapinya bertujuan untuk mengembalikan mobilitas, mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan tingkat kebugaran.

3.      Terapi fisik neurologis

Jenis terapi fisik ini memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan sistem neurologi atau saraf. Biasanya digunakan untuk membantu pasien yang memiliki gangguan dan kondisi neurologis. Mulai dari penyakit alzheimer, parkinson, cedera otak dan tulang belakang, cerebral palsy, multiple sclerosis, hingga stroke.

Fungsi dari jenis terapi fisik neurologis adalah untuk meningkatkan respons anggota tubuh, mengobati kelumpuhan, dan meningkatkan kekuatan otot dengan mengurangi atrofinya. Dengan begitu, pasien akan merasa lebih baik karena rangkaian dari pengobatan terapi fisik jenis ini.

4.      Rehabilitasi kardiovaskuler dan paru

Rehabilitasi kardiovaskuler dan paru-paru juga termasuk terapi fisik untuk membantu pasien yang memiliki kondisi kardiopulmoner dan prosedur pembedahan. Rangkaian pengobatannya diharapkan mampu meningkatkan ketahanan fisik dan stamina selama menghadapi penyakit.

5.      Jenis Fisioterapi bagi anak

Jenis terapi fisik yang keempat ini berkaitan dengan fungsi mendiagnosis, merawat, dan mengelola kondisi pada bayi, anak-anak, dan remaja. Menilai berbagai permasalahan mencakup keterlambatan perkembangan, cerebral palsy, spina bifida, dan tortikolis yang mempengaruhi sistem muskuloskeletal.

6.      Terapi perawatan luka

Fisioterapi untuk merawat luka ini meliputi berbagai jenis yaitu yang bersifat manual, stimulasi listrik, dan kompresi. Terapi kompresi menjadi metode perawatan luka yang banyak digunakan oleh kalangan fisioterapis.

7.      Jenis Fisioterapi vestibular

Terapi vestibular berkaitan dengan masalah keseimbangan yang dapat timbul dari kondisi telinga bagian dalam. Sehingga dilakukanlah terapi fisik vestibular yang melibatkan sejumlah latihan dan teknik manual untuk membantu pasien mendapatkan kembali keseimbangan dan koordinasi normalnya.

 Manfaat Terapi Fisik

Manfaat dari terapi fisik sendiri sebenarnya tergantung dari alasan seseorang mengapa menjalani pengobatan tersebut. Misalnya untuk pemulihan dari cedera, stroke, manajemen nyeri, dan peningkatan keseimbangan. Perlu kamu ketahui juga bahwa biasanya seorang fisioterapis membantu merawat pasien dalam semua fase penyembuhan dari awal diagnosis hingga tahap pemulihan dan pencegahan.

Informasi mengenai fisioterapi di atas dapat kamu jadikan sebagai salah satu referensi untuk mengenal  salah satu layanan perawatan mengenai kesehatan yang ada di Indonesia. Dimana terapi ini tidak dapat terpisahkan dari unsur dan metode pengobatan suatu kesehatan yang dapat kamu temukan di rumah sakit atau klinik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *