June 18, 2024
Universitas Telkom Bandung.| Unsplash.com

Universitas Telkom Bandung.| Unsplash.com

ICRP Online- Universitas Telkom atau Telkom University (Tel-U) merupakan salah-satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia dengan akreditasi A unggul. Sehingga tidak heran jika banyak mahasiswa yang memilih melanjutkan pendidikanya di kampus Telkom University untuk berbagai program studi. Namun, tahukah kamu bagaimana profil dan sejarah dari kampus swasta terbaik ini?

Apabila belum, yuk simak pembahasan mengenai profil Tel-U di sini! Sebagai lembaga perguruan tinggi swasta pilihan yang berlokasi di Bandung. Tepatnya di Jalan Telekomunikasi No 1 terusan Buah Batu, Bojongsoang-Bandung untuk lokasi kampus 1. Sementara untuk kampus 2 nya berada di Jalan Gegerkalong hilir, Sukasara, Kec.Sukasari-Bandung (Untuk program pascasarjana dan komplek perkantoran Telkom).

Sejarah Universitas TelKom Bandung

Institut ini sendiri berdiri pada tahun tahun 1990. Selain itu, kampus ini pun berada di bawah naungan oleh Direktur Utama Ir. Cacuk Sudarijanto. Sebagai perguruan tinggi pertama yang berfokus pada bidang industri telekomunikasi dan pendidikan teknologi informasi di Indonesia.

Nah, setelah digabung menjadi Tel-U, IT-Telkom ini berkembang menjadi tiga fakultas utama yakni Fakultas Teknik Elektro (FTE), Fakultas Rekayasa Industri (FRI), dan Fakultas Informatika (FIF). Sementara IM-Telkom yang sebelumnya merupakan Sekolah Tinggi Manajemen dan Bisnis Telkom (STMB Telkom) adalah cikal bakal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) serta Sekolah Komunikasi dan Bisnis (FKB).

Adapun Politeknik Telkom setelah bergabung menjadi Tel-U berfokus pada Fakultas Ilmu Terapan (FIT) dengan program studi terbanyak. Terakhir, STISI yang kini telah bertransformasi menjadi Fakultas Industri Kreatif (FIK) Tel-U.

Profil Universitas Telkom

Profil dan sejarah Universitas Telkom termasuk hal umum yang menjadi historical pengetahuan khusus bagi calon mahasiswa Tel-U. Sebagaimana informasi berikut ini :

1. Profile Tel-U

Universitas Telkom merupakan lembaga pendidikan swasta hasil penyatuan empat institusi yang berbeda. Diantaranya Institut Teknologi Telkom (IT Telkom atau STT-Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, hingga Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain (STISI) yang diresmikan pada tanggal 14 Agustus 2013.

Berada dalam naungan Yayasan Pendidikan Telkom, Tel-U resmi menjadi sebuah sebuah universitas berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nomor 309/E/0/2013. Dimana dulunya para mahasiswa IT-Telkom atau STT bisa bersekolah karena mendapat beasiswa yang termasuk ke dalam ikatan dinas. Namun, semenjak berubah menjadi universitas maka Tel-U tidak lagi berstatus ikatan dinas dan hanya memfasilitasi berbagai program beasiswanya.

2. Penghargaan Tel-U

Semenjak resmi menjadi Telkom University pada tahun 2013, kampus ini mengalami berbagai perkembangan yang pesat. Salah satunya meraih penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik No 1 dari Kemendikbud Ristek selama dua tahun berturut-turut, yakni di tahun 2019 dan 2020. Hal ini karena, Tel-U berhasil meraih penghargaan dengan keunggulan sisi outcome yakni pada kinerja inovasi dan pengabdian Masyarakat.

Pada jumlah sitasi dan paten per dosen, serta persentase penyerapan lulusan oleh industri dalam kurun waktu 6 bulan dari 7 fakultas yang menaungi 40 program studi. Sesuai visi, misi, dan tujuan dari Tel-U sendiri yang mengantarkannya mendapat sejumlah penghargaan pendidikan.

3. Visi Misi Universitas Telkom

Kampus ini memiliki visi untuk menjadi sebuah universitas dengan memiliki kualitas standar internasional yang dapat berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Tidak hanya itu, tetapi ikut serta juga dalam seni yang basisnya adalah teknologi informasi.

4. Misi Kampus Telkom

Kampus ini memiliki komitmen dalam menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan dengan standar internasional yang berbasis teknologi informasi. Tidak hanya itu saja, tetapi juga untuk mengembangkan, menyebarluaskan dan menerapkan keilmuan.

Baik dalam bidang sains, teknologi, dan seni yang diakui secara internasional. Selain itu, melakukan pengembangan  kompetensi entrepreneurial yang memanfaatkan teknologi, sains, dan seni untuk kesejahteraan dan kemajuan peradaban bangsa

Universitas Telkom Bandung ini sudah beroperasi cukup lama dengan menawarkan berbagi macam program studi.  Bagi kamu yang ingin kuliah di universitas yang ada di Bandung ini dapat menjadikan kampus ini sebagai salah satu opsi terbaik untuk menjadi destinasi tujuan pendidikanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *