June 19, 2024
Kampus terbaik di Indonesia.| Unsplash.com

Kampus terbaik di Indonesia.| Unsplash.com

ICRP Online– kampus terbaik merupakan perguruan tinggi yang memiliki kredibiltas yang tinggi di mata masyarakat serta berdasarkan penilaian pemerintah. Bagi kamu yang sedang mencari referensi kampus terbaik sebagai pilihan studi untuk melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya. Pasalnya dengan mengetahui daftar apa saja universitas ini kamu dapat mempertimbangkan pilihan yang terbaik.

Alasan lainnya karena, tidak semua orang bisa mendapat kesempatan melanjutkan pendidikan di universitas ternama. Padahal memiliki kesempatan belajar di universitas bereputasi termasuk nilai tambah yang akan membuat calon mahasiswa mendapat dukungan lebih dalam mengupgrade dirinya. Oleh karena lingkungan yang relatif kompetitif dengan dukungan fasilitas memadai.

Kampus Terbaik di Indonesia

Adapun daftar kampus terbaik di Indonesia menurut World University Ranking atau QS WUR 2023 dinilai berdasarkan 6 indikasi. Mulai dari reputasi tempat berkarya, akademi, publikasi, penelitian, kutipan, rasio dosen dan mahasiswa, staf internasional disertai siswanya. Sebagaimana informasi rilisan terbaru berikut ini :

1. Universitas Gadjah Mada atau UGM

Universitas Gadjah Mada atau UGM berhasil menempati posisi kampus terbaik pertama di Indonesia menurut QS WUR 2023. Lokasinya berada di Yogyakarta dengan perolehan nilai indikasi kampus mencapai 40,2 dengan rincian antara lain. Meliputi reputasi pemberi kerja 55,1, akademik 49,1, sitasi 1,6, rasio mahasiswa 62,3, rasio fakultas internasional 39,2 dan rasio mahasiswa internasional 2.

2. Institut Teknologi Bandung atau ITB

Kampus terbaik Indonesia selanjutnya menurut versi QS WUR adalah Institut Teknologi Bandung atau ITB. Lokasi ITB yang berada di kota Bandung mendapat total skor indikasi sebanyak 39,5. Dengan rincian reputasi pemberi kerja 54,3, akademik 43,7, sitasi: 2,3, rasio mahasiswa 62,2, rasio fakultas internasional 3,1 dan rasio mahasiswa internasional 66,6.

3. Universitas Indonesia UI

Universitas Indonesia atau UI berhasil menempati posisi kampus terbaik ketiga di Indonesia dengan perolehan skor indikasi sebanyak 38,7. Dengan rincian nilai untuk reputasi pemberi kerja 62,4, akademik 47,5, sitasi: 1,9, rasio mahasiswa 44,9, rasio fakultas internasional 72,7, dan rasio mahasiswa internasional 4,7.

4. Universitas Airlangga atau Unair

Kampus terbaik Indonesia yang menduduki top 4 versi QS WUR adalah Universitas Airlangga atau Unair. Dengan perolehan skor indikasi sebanyak 29,9 berdasarkan rincian reputasi pemberi kerja 60,9, akademik 30,8, sitasi 1,3, rasio mahasiswa 48,3, rasio fakultas internasional 26 dan rasio mahasiswa internasional 3.

5. Institut Pertanian Bogor atau IPB

Institut Pertanian Bogor atau IPB merupakan kampus yang berhasil menduduki peringkat 5 sebagai universitas terbaik di Indonesia tahun 2023. Memiliki perolehan total skor indikasi mendapai 26,2 dengan rincian nilai reputasi pemberi kerja 28,5, reputasi akademik 19,6, sitasi: 1,7, rasio mahasiswa 60,7, rasio fakultas internasional 54,6, dan rasio mahasiswa internasional 3,3.

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau ITS

Institut Teknologi 10 Nopember atau ITS termasuk universitas terbaik di Indonesia yang berhasil menduduki peringkat ke-6 menurut QS WUR 2023. Memiliki rincian perolehan skor indikasi mencakup reputasi pemberi kerja 30,3, akademik 13, sitasi 1,8, rasio mahasiswa 30,7, rasio fakultas internasional 60 dan rasio mahasiswa internasional 2,9.

7. Universitas Padjadjaran atau Unpad

Universitas Padjadjaran atau Unpad merupakan kampus terbaik Indonesia yang menduduki peringkat ke-7. Mendapat perolehan skor nilai indikasi meliputi reputasi pemberi kerja 24,3, akademi 14,6, sitasi: 1,3, rasio mahasiswa 33,4, rasio fakultas internasional 23, dan rasio mahasiswa internasional 1,6. Kampus ini pun masuk ke dalam jajaran universitas bergengsi di Bandung.

Kampus terbaik di Indonesia tersebut mendapat perolehan nilai indikasi yang benar-benar fair dari QS WUR 2023 dengan kemungkinan dapat berubah tahun depan. Sebagai pilihan universitas bagi kamu calon mahasiswa baru mulai dari UGM, ITB, UI, Unair, IPB, ITS, dan Unpad. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *