April 15, 2024
Jenis pekerjaan dengan gaji tertinggi.| Unsplash.com

Jenis pekerjaan dengan gaji tertinggi.| Unsplash.com

ICRP Online- Berbagai jenis pekerjaan umum dicari para jobseeker selain berdasarkan passion juga karena sesuai dengan pendapatan gajinya, minimal dari angka UMK kota itu sendiri. Sehingga tidak heran apabila orang-orang yang memantapkan hati dalam memilih suatu profesi banyak mempertimbangkan segala hal.

Khususnya gaji yang menjadi aspek pertimbangan paling krusial sebab memang berhubungan dengan kebutuhan sehari-hari. Maka sejalan dengan itu, semakin tinggi ekspektasi gaji yang ditawarkan oleh suatu profesi linear juga dengan minat masyarakat terhadap bidang tersebut. Akan tetapi, perlu kamu ketahui bahwa persaingannya pun akan semakin ketat.

Rekomendasi Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi

Dimana rekomendasi dari jenis pekerjaan dengan gaji tinggi ini pada umumnya memiliki resiko yang sebanding. Seperti dari 5 jenis profesi berikut ini :

1. Ahli Pertambangan

Jenis pekerjaan pertama yang memiliki penawaran gaji tertinggi adalah dengan menjadi ahli pertambangan. Namun sayangnya, bidang profesi pertambangan tidak membuka peluang kerja setiap tahun karena kesempatan bekerja di bidang ini sangat tergantung dengan keadaan di lapangan. Selain itu, banyak resiko yang harus dihadapi oleh para pekerja seperti siap menerima bekerja jauh dari rumah.

Menariknya meskipun kerja sebagai ahli pertambangan memiliki banyak resiko, tetapi jumlah peminat terhadap profesi pertambangan masih sangat tinggi. Hal ini tentu berdasarkan tawaran gajinya yang memang sangat menggiurkan. Tercatat menurut beberapa sumber gaji karyawan fresh graduatednya saja berkisar di angka Rp6 juta-8 juta, bahkan bagi level yang lebih senior kisarannya mencapai Rp10 juta-40 juta.

2. Ahli Perminyakan dan Gas

Menjadi ahli perminyakan dan gas sama seperti profesi pertambangan yang tidak jauh berbeda. Meliputi penawaran gaji yang cukup tinggi hingga resiko pekerjaan begitu banyak. Adapun lowongan kerja yang biasa ditawarkan oleh perusahaan minyak dan gas antara lain untuk Ahli Geologi, Petroleum Engineer, dan Engineering Technologist.

Sebagai salah-satu bidang dengan tawaran gaji tertinggi di Indonesia ahli perminyakan dan gas termasuk profesi yang tidak jarang menjadi sasaran utama para jobseeker dari fakultas teknik dan pengetahuan alam. Rata-rata gaji yang ditawarkan oleh profesi tersebut pun untuk fresh graduate berkisar di angka Rp 8 juta hingga 15 juta.

3. Dokter Spesialis

Seorang dokter spesialis harus menempuh pendidikan yang tidak mudah sehingga pantas jika mendapat standar gaji tinggi. Apalagi jika mengingat tanggung jawabnya sebagai seorang dokter memang cukup besar yang membuat salah-satu profesi kesehatan satu ini sulit ditemukan. Belum lagi persaingan dalam pendidikan yang sangat ketat di setiap perguruan tinggi untuk bisa menjadi lulusan terbaik.

Ditambah masa menjalani coass setelah lulus sarjana sebelum menjadi dokter spesialis yang cukup panjang dengan beban tanggung sebanding. Oleh karena itu jangan heran jika dokter spesialis memiliki kisaran gaji tinggi di Indonesia yang berkisar di angka Rp 10 juta jika ditempatkan di rumah sakit pemerintah. Sementara rumah sakit swasta menawarkan kisaran gaji sampai Rp50 juta per bulannya.

4. Ahli Konstruksi

Ahli konstruksi termasuk bidang profesi selanjutnya yang juga memiliki penawaran gaji tinggi. Dengan peluang yang sepertinya memang tidak akan ada habisnya mengingat kebutuhan akan ahli konstruksi cukup tinggi. Ekspektasi rata-rata gaji seorang ahli konstruksi yang memiliki pengalaman di bawah 5 tahun pada angka Rp7-15 juta. Dimana angka penawaran tersebut termasuk paling tinggi di Indonesia bagi ukuran pengalaman fresh graduate.

5. Head of Human Resources

Head of Human Resources atau HR termasuk salah-satu profesi yang menempati posisi dengan gaji tinggi di perusahaan. Alasannya karena, tanggung jawab profesi HR cukup besar yang berkaitan langsung dengan kemajuan sumber daya manusia di perusahaan.

Pada umumnya untuk bisa menjadi seorang HR perusahaan biasanya mereka yang berasal dari lulusan fakultas psikologi. Rata-rata gajinya yang ditawarkan bagi level manager HR pun bisa mencapai angka Rp 30 juta.

Dengan demikian, itulah uraian mengenai rekomendasi 5 jenis pekerjaan dengan gaji tertinggi. Mulai dari menjadi seorang ahli pertambangan, perminyakan dan gas, konstruksi, dokter spesialis, hingga head of human resources.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *