June 21, 2024
Tempat Kuliner Jogja.| Unsplash.com

Tempat Kuliner Jogja.| Unsplash.com

ICRP Online- Kuliner Jogja tidak hanya terkenal dengan gudeg nya saja, tetapi ada beberapa macam makanan nya juga yang menjadi favorit para wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Selain kaya akan sejarah, disini kamu pun akan menemukan banyak tempat makan yang terkenal enak.

Rekomendasi Tempat Kuliner Jogja

Ada beberapa destinasi yang berkaitan dengan kuliner disini, bahkan ada pula tempat yang sudah ada sejak beberapa puluh tahun silam. Namun, cita rasanya masih tetap sama sehingga menjadi legendaris di Jogja. Adapun untuk lebih jauh mengetahui destinasi tersebut, simak ulasan berikut ini yuk!

1.      Bakpia Kurnia Sari

Banyak varian rasa yang dapat kamu coba, dari mulai keju, kadang hijau, coklat, ubi ungu, sampai dengan green tea.  Toko Bakpia yang sudah ada sejak tahun 1996 ini menjadi tempat oleh-oleh Yogyakarta yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Adapun untuk kisaran harganya dari bakpia yaitu sekitar Rp 48.000  hingga Rp 60.000 untuk setiap kotak.

Biasanya harga tersebut tergantung dari rasa dan jumlah bakpia yang akan kamu pesan dalam satu kota. Selain itu, toko ini membuka beberapa cabang di Yogyakarta, sehingga mudah untuk kamu temukan. Namun, lokasi yang paling populer berada di daerah Glagahsari, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta.

2.      The House of Raminten

Apakah kamu ingin mencoba makanan berat dengan cita rasa yang khas? Jika iya, maka dapat mampir ke tempat makan ini. Adapun pendirinya bernama Hamzah Sulaeman, beliau pun merupakan adalah salah satu Putra dari pendiri perusahaan Grup Mirota.  Sementara penamaan Raminten ini diambil dari salah satu nama tokoh acara TV Jogja yang kebetulan juga diperankan oleh Hamzah Sulaiman.

Disana Peran hamzah yaitu menjadi wanita Jawa yang mengenakan sanggul dan kebaya tradisional bernama Hamzah Sulaiman. Dulunya, makanan yang tersaji disini yaitu hanya jamu dan nasi kucing saja. Namun, sekarang selain makanan tersebut dan makanan berat, ada pula minuman, dessert, dan lain sebagainya.  Selain itu, ada hal unik dari destinasi kuliner ini, yaitu nantinya ada seorang pelayan yang bertugas untuk berkeliling di sekitar area makan dengan menggunakan pinggang khusus.

Adapun tugas dari pelayan tersebut adalah menjadi kasir yang menerima pembayaran. Dengan begitu para pelanggan tidak perlu lagi untuk berjalan atau ngantri di depan untuk membayar makannya. Untuk sajian makananya sendiri yaitu biayanya sekitar Rp 13.000 sampai dengan 150.000 untuk per porsi.  Untuk sampai kesini, maka kamu perlu datang ke Jalan Faridan M, Kota Baru, Gondokusuman, DIY.

3.      Bale Raos

Tempat makan ini memiliki tampilan visual yang mewah dan terasa elegan. Selain itu, menu-menu yang disajikan pun dulunya dinikmati oleh para sultan Keraton Yogyakarta. Sehingga tidak heran, tempat ini menjadi bagian dari destinasi kuliner populer di Jogja, bukan?

Selain itu, pendirian dari tempat ini yaitu karena dasar gagasan dari Gusti Kanjeng Ratu Hemas yang merupakan Istri dari Sultan Hamengkubuwono X.  Dengan harapan kuliner dari Keraton tapi dilestarikan dengan baik. Untuk menunya sendiri yaitu terdapat sayuran, ayam, daging, selada, sup, wedang, dan lain sebagainya.

Untuk kisaran harga makanan khas ini sendiri yaitu Rp 30.000 hingga Rp 120.000 untuk per porsinya. Lokasinya sendiri berada di Jalan Magangan Kulon, Panembahan, Kraton, Yogyakarta. Namun, jika ingin berkunjung dan menikmati sajian di tempat tersebut, maka sebaiknya untuk melakukan respirasi terlebih dahulu.

4.      Kopi Klotok

Apakah kamu pecinta kopi? Jika iya, maka tempat ini menjadi salah satu destinasi yang wajib kamu kunjungi. Hal ini karena terdapat kedai kopi dengan cita rasa yang khas dan enak. Sambil minum kopi, kamu pun dapat memesan makanan pendamping lainnya.

Seperti halnya sego megono, aneka wedang, pisang goreng, tahu bacem, dan lain sebagainya. Untuk kisaran harganya yaitu sekitar Rp 5.000  hingga Rp 10.000 per porsinya.  Hal yang akan kamu dapatkan jika berkunjung kesini, yaitu dapat menikmati pemandangan indah dan asri dari kota ini. Kamu dapat datang langsung ke Jalan Kaliurang, Pakem, Sleman, Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *