April 15, 2024
pekerjaan sampingan.| Unsplash.com

pekerjaan sampingan.| Unsplash.com

ICRP Online- Pekerjaan sampingan merupakan pekerjaan tambahan yang dapat pegawai kerjaan di sela-sela waktu senggang mereka. Selain itu, untuk jenis nya sendiri cenderung beragam dan menjadi salah satu opsi terbaik untuk mendapatkan pemasukan tambahan selain dari gaji bulanan.

Jenis Pekerjaan Sampingan

Ada beberapa profesi yang dapat kamu kerjakan tanpa harus menunggu waktu utama mu dalam bekerja. Selain itu, ada beberapa profesi yang memang tidak mengharuskan kamu keluar rumah alias dapat dilakukan  dimana saja.

1.      Reseller dan Dropshipper

Kamu akan bekerjasama dengan pihak pemasok atau supplier untuk memasarkan produk. Nantinya, jika terjual, kamu akan menerima komisi dari penjualan tersebut. Untuk pemasaranya sendiri, kamu dapat melakukan dengan cara memposting foto produk melalui sosial media, mengenalkan nya secara langsung kepada orang-orang terdekat, dan sebagainya.

Bahkan nantinya, biasanya ada bimbingan untuk meningkatkan kemampuan para anggota dropship dan reseller. Selain itu, ada beberapa produsen produk yang memang menyiapkan konten untuk bahan promosi sehingga kamu tidak perlu repot-repot untuk membuatnya. Namun, jika ingin terkesan lebih unik dan disesuaikan dengan target pasar, maka tidak ada salahnya untuk membuat sendiri.

2.      Desainer Grafis

Semakin meningkatkan kecanggihan teknologi, maka memiliki pengaruh yang besar terhadap berbagai hal, termasuk jual beli. Sehingga meningkatkan pula pengguna E-commerce, website, maupun sosial media untuk memasarkan produk mereka. Tentu hal tersebut, tidak dapat tersampaikan dengan baik, jika tidak ada visualisasi dari produk, bukan?

Nah salah satu profesi yang dibutuhkan dalam membuatnya yaitu seorang desain grafis. Selain itu, profesi ini pun memiliki peranan yang sangat penting dalam pembuatan logo, brosur, maupun pamphlet untuk branding produk. Maka, jika kamu memiliki kemampuan dalam mendesain, maka profesi ini, patut kamu coba!

3.      Penerjemah

Kamu memiliki kemampuan dalam bidang bahasa sehingga menguasai beberapa bahasa dengan fasih? Jika iya, maka pekerjaan sampingan ini dapat kamu lakukan. Bisanya, nantinya kamu akan melakukan terjemahaan dari berbagai tulisan maupun lisan ke dalam bahasa yang diminta oleh klien.

Misalnya menerjemahkan buku yang akan dipasarkan dan mengubahnya menjadi Indonesia. Kebutuhan untuk pekerjaan ini semakin meningkat, seiring berkembangnya industri teknologi, adanya bisnis internasional, dan wisata.

4.      Program Afiliasi

Hampir sama dengan reseller dan dropship, pekerjaan ini pun memiliki tugas atau tanggung jawab untuk memasarkan produk yang diproduksi oleh produsen. Hanya saja, bedanya menyebarkan link dari toko online secara langsung. Nantinya, jika orang-orang belanja melalui link yang kamu tabur atau share, maka kamu berhak mendapatkan komisi setiap transaksi dilakukan.

Untuk besarnya keuntungan yang nantinya kamu dapatkan, itu tergantung dari kuantitas barang dan presentasi produk yang kamu terima.  Pekerjaan nya pun cukup mudah, kamu hanya perlu memposting produk dan menyematkan link dari produk tersebut. Untuk bahan promosi nya, kamu dapat membeli barangnya terlebih dahulu dan membuat konten sesuai yang kamu inginkan. Bisa juga, mengambil foto dari produsen dan kamu kreasikan sekreatif mungkin.

5.      Ojek online

Pekerjaan sampingan ini seperti umum untuk dilakukan oleh sebagian besar orang. Hal ini karena sistem kerjanya mudah dan dapat dilakukan kapan saja. Bahkan saat perjalanan pulang dari kantor atau sedang ingin menonton film, kamu dapat membawa penumpang dan bisa mendapatkan komisi dari hal tersebut.

Setiap perusahaan transportasi online, memiliki syarat dan ketentuan yang mungkin saja berbeda dengan perusahan satu dengan yang lainnya. Sehingga sangat penting, untuk kamu mengecek mengenai ketentuan, komisi, dan lain sebagainya.

Pekerjaan sampingan yang dapat pegawai kerjakan yaitu sebagai ojek online, reseller dan dropship, desain grafis, dan lain sebagainya. Setiap pekerjaan memiliki detail job desk yang berbeda, sehingga pastikan untuk memilih yang sesuai dengan waktu dan kemampuanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *