April 15, 2024
Jenis pekerjaan medis.| Unsplash.com

Jenis pekerjaan medis.| Unsplash.com

ICRP Online- Jenis pekerjaan yang berkecimpung dalam dunia medis ternyata cukup beragam. Adapun tugas utama dari petugas medis yaitu melakukan perawatan sampai dengan pengobatan untuk para pasien dengan maksimal.

Dimana hal ini mencakup berbagai macam aspek, baik itu dari menilai makanan, mendiagnosa, memberikan konsultasi, dan sebagainya. Namun, setiap profesi memiliki fokusnya masing-masing dalam memberikan pelayanan kesehatan pada pasien atau masyarakat.

Jenis Pekerjaan Medis

Ada beberapa macam jenis profesi yang dapat kamu coba, jika tertarik dan memiliki kemampuan dalam bidang medis. Nantinya, jika kamu ingin menjadi seseorang yang bekerja dalam bidang medis perlu menempuh pendidikan formal yang sejalur dengan profesimu tersebut. Bahkan untuk menunjang kemampuan, perlu adanya sertifikasi dan surat izin praktik.

1.      Dokter

Profesi satu ini memang paling terkenal di antara petugas medis lainnya. Adapun salah satu tugas dari dokter itu sendiri yaitu mendiagnosis, mencegah, sampai dengan melakukan pengobatan kepada pasien. Tidak hanya itu saja jenis dokter pun  ternyata terbilang banyak.

Salah satunya yaitu dokter gigi yang berfokus ke kesehatan gigi dan dokter hewan yang akan bertanggung jawab terhadap hewan yang menjadi pasiennya. Untuk memperdalam kemampuanmu saat masa kuliah, nantinya kamu akan melakukan proses magang  atau praktek langsung mengenai ilmu pengetahuan yang telah kamu dapatkan di bangku kuliah.

2.      Apoteker

Apabila kamu ingin menjadi seorang apoteker, maka harus menempuh pendidikan formal farmasi terlebih dahulu, baik dalam jenjang S1, S2, sampai dengan S3. Tanggung jawab dari profesi ini sendiri yaitu menyiapkan dan meracik obat pasien sesuai dengan resep dokter.

Seorang apoteker tidak hanya dapat bekerja di rumah sakit, tetapi juga dapat memulai karir di bidang perusahaan obat-obatan.

3.      Perawat

Profesi ini bertugas untuk membantu dokter dalam menangani atau merawat pasien. Sehingga ia pun perlu memahami jenis obat, metode pengobatan, dan sebagainya. Jika kamu memiliki minat bekerja dalam profesi ini, maka nantinya kamu dapat mengambil program studi keperawatan.

Selain itu, STR perlu kamu miliki supaya dapat bekerja dalam sebuah lembaga atau perusahaan. Selain rumah sakit, kamu dapat melamar pekerjaan di Unit Gawat darurat, klinik, rawat jalan, dan sebagainya.

4.      Psikolog Klinis

Jobdesk dari pekerjaan ini sendiri yaitu membantu orang-orang dalam menangani masalah psikologi masalah mental melalui beberapa cara. Yaitu observasi perilaku, wawancara klinis, sampai dengan melakukan tes psikologi.

Sehingga hal ini dapat mempermudah untuk mengidentifikasi permasalah pasien sampai akhirnya mampu mencari solusi untuk permasalahan yang sedang dihadapinya.  Adapun  permasalahan yang ditangani oleh seorang psikolog klinis yaitu autisme, depresi, trauma, berusaha untuk melukai diri, dan permasalahan psikologi lainnya.

5.      Ahli Gizi

Profesi ini masuk memiliki kaitan yang sangat erat dengan kesehatan sehingga tidak heran jika seseorang yang ahli dalam bidang ini bekerja di rumah sakit. Dimana  nantinya ia bertugas untuk mengkaji makanan-makanan para pasien, memberikan konsultasi terkait makanan, dan sebagainya.

Selain itu, ahli gizi pun dapat bekerja di berbagai perusahaan, terutama yang bergerak di sektor pangan. Nantinya, mereka akan menyarankan maupun  menilai nilai nutrisi, rasa , dan lain sebagainya. Sehingga dapat memproduksi makanan yang aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Pekerjaan medis  merupakan segala hal yang berkaitan dengan kesehatan makhluk hidup. Adapun profesi tersebut yaitu dokter, perawat, apoteker, psikolog klinis, dan ahli gizi. Selain profesi di atas, ada beberapa jenis pekerjaan lainnya, seperti halnya radiografer, fisioterapi, bidan, analis kesehatan, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *