September 24, 2023
perbedaan soft skill dan hard skill

Ketika Anda berada dalam lingkup pendidikan tentunya Anda diminta untuk memiliki soft skill dan hard skill. Begitu pula ketika Anda hendak mendaftar pekerjaan. Anda akan diminta untuk menunjukkan soft skill dan hard skill yang Anda kuasai. Akan tetapi, masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan soft skill dan hard skill yang dimiliki.

Jangan sampai Anda salah mencantumkan soft skill dan hard skill saat melamar pekerjaan. Tidak hanya dalam pekerjaan, namun pada lingkup pendidikan pula. Boleh jadi Anda memiliki beberapa kemampuan dalam diri, namun Anda belum bisa membedakan.

Ketika Anda sudah mengetahui soft skill dan hard skill yang dimiliki. Hal ini akan memberikan peluang yang baik untuk mengembangkan diri serta karir Anda.

Perbedaan Soft Skill dan Hard Skill Seseorang

Berikut pembahasan mengenai perbedaan soft skill dan hard skill yang Anda miliki. Jangan sampai Anda salah, ya!

Soft Skill

Soft skill merupakan kemampuan yang terdapat pada kepribadian seseorang yang dapat menunjukkan bagaimana kemampuan Anda ketika berinteraksi pada lingkungan. Kemampuan ini bersifat bawaan. Berikut kemampuan soft skill yang harus Anda ketahui diantaranya.

  • Komunikasi : meliputi kemampuan bernegosiasi, kelancaran saat presentasi, percaya diri saat berbicara di depan umum, dan kemampuan menggunakan komunikasi non-verbal saat berbicara.
  • Berperilaku baik : mencakup kejujuran, kesabaran, kepercayaan diri, pembagian prioritas.
  • Berpikir kritis : meliputi kemampuan memecahkan masalah, berpikir logis, memiliki kreativitas, dan kemampuan belajar hal baru.
  • Kerja tim :  meliputi berkolaborasi, bersosialisasi, dan empati.

Soft skill ini memiliki pengaruh dalam lingkungan Anda. Saat seseorang tidak mempergunakan soft skill dengan baik. Maka akan kesusahan dalam berinteraksi atau mengembangkan diri. Guna memperbaikinya dapat melakukan evaluasi diri serta perbanyak interaksi sosial.

Hard Skill

Hard skill merupakan kemampuan yang dapat Anda peroleh melalui pendidikan formal seperti sekolah dan perkuliahan. Anda juga dapat memperolehnya dari mengikuti program seperti pelatihan, magang, program sertifikasi, dan lainnya. 

Hard skill yang Anda miliki dapat Anda catat di CV dan surat lamaran supaya perusahaan dapat mendapat pertimbangan Anda. Hard skill menjadi kemampuan spesifik dan jadi salah satu deskripsi pekerjaan Anda di masa depan. 

Hard skill menjadi kemampuan yang dapat diraih, dipelajari, dievaluasi, dan diukur. Jadi hard skill dapat dibandingkan dan dapat dinilai berdasarkan kemampuan yang Anda miliki dengan orang lain. Sampai sini apakah Anda sudah mulai paham perbedaan softskill dan hardskill? Mari kita lanjut lagi!

Berikut contoh kemampuan hard skill:

  • Menerjemahkan bahasa asing
  • Desain web
  • Programming computer
  • Kemahiran mengoperasikan mesin
  •  Kefasihan berbahasa
  • Editing video
  •  Analisis data
  • dst

Sudah Tahu Apa Saja Perbedaan Soft Skill dan Hard Skill?

Demikian pemaparan perbedaan soft skill dan hard skill yang harus Anda ketahui. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda dan memudahkan Anda dalam mengenal soft skill dan hard skill dalam diri Anda. Yuk, kembangkan setiap soft skill dan hard skill yang Anda miliki untuk mempersiapkan masa depan Anda. Semangat!

Kunjungi kami juga di Google News!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *